3 Cara Mengaktifkan Hotspot iPhone dengan Mudah

Image title
21 Desember 2021, 10:40
Ilustrasi cara mengaktifkan hotspot iPhone yang bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.
Instagran/@theapplehub
Ilustrasi cara mengaktifkan hotspot iPhone yang bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Salah satu fitur yang paling bermanfaat di smartphone adalah hotspot. Keberadaannya menjadi penolong bagi mereka yang membutuhkan internet, tapi tidak menemukan sumber daya WiFi yang memadai. iPhone yang merupakan salah satu smartphone dengan pengguna terbanyak di Indonesia juga memiliki fitur ini

Namun dalam praktiknya, personal hotspot iPhone sering mengalami gangguan, seperti tiba-tiba hilang dan tidak berfungsi. Di sisi lain terdapat beberapa kendala yang ditemukan saat proses aktivasi hotspot di iPhone.

Para pengguna iPhone sering dibuat bingung dengan ketidakmunculan saluran hotspot. Justru yang terlihat adalah perintah hubungi carrier saat ingin mengaktifkan hotspot. Permasalahan ini bukan disebabkan oleh kerusakan pada iPhone, tapi hanya perlu konfigurasi jaringan lebih lanjut untuk menggunakannya pada iOS terbaru.

Meskipun hotspot iPhone hilang atau tidak bisa berfungsi, Anda tidak perlu khawatir karena fitur tersebut bisa dikembalikan dengan mudah.

Memahami Cara Mengaktif Hotspot iPhone

Setelah memahami mengenai bagaimana hotspot iPhone berjalan sebagai sebuah sistem, selanjutnya adalah mengetahui beberapa cara set up Personal Hotspot contact carrier di iPhone. Berikut caranya:

1. Restart iPhone

Apabila hotspot yang berada iPhone seri terbaru atau yang lama nggak berfungsi, cara pertama dan yang paling mudah adalah dengan me-restart perangkat. Cara bisa memperbaiki masalah sederhana yang terjadi pada smartphone, termasuk hilangnya hotspot di iPhone.

Tekan dan tahan tombol home, lalu sleep/wake pada saat bersamaan sampai logo Apple muncul di layar.

2. Reset Network Setting

Jika cara mengaktifkan hotspot iPhone sebelumnya masih belum berjalan, maka bisa juga dengan memunculkan Personal Hotspot di iPhone. Caranya dengan mengatur ulang jaringan atau Reset Network Setting.

Permasalahan hotspot iPhone bisa disebabkan error pada pengaturan yang mengendalikan akses perangkat ke jaringan seluler dan Wi-Fi. Hal ini mungkin menyebabkan adanya perubahan yang tidak disengaja selama proses upgrade OS. Me-reset pengaturan jaringan pun mengembalikannya ke pengaturan awal.

Cara mengaktifkan hostpot iPhone melalui reset network setting, dimulai dari masuk ke menu Setting. Selanjutnya, pilih menu General. Scroll ke bawah dan klik pilihan Reset. Kemudian klik Reset Network Settings. Pada peringatan pop-up, tekan Reset Network Settings. Cara ini hanya mereset pengaturan dan mengembalikannya ke pengaturan awal, sehingga tidak akan menghapus data apa pun yang ada pada perangkat.

Pada langkah terakhir Anda harus bersabar untuk menunggu selesainya waktu me-restart. Setelah melakukan booting, periksa layar Settings untuk mengaktifkan Personal Hotspot.

3. Setting APN

Apabila sudah melakukan poin kedua dan masih belum menemukan keberhasilan, maka cara mengaktifkan hotspot iPhone selanjutnya adalah dengan melakukan setting Access Point Name (APN). Dalam beberapa permasalahan yang ditemukan, APN untuk Personal Hotspot harus diisi secara manual oleh pengguna. Kalau nggak, fitur Personal Hotspot tidak bisa diaktifkan.

Selain untuk berbagi jaringan ke sesama iPhone, langkah ini juga menjadi cara berbagi hotspot iPhone ke Android maupun perangkat lain yang Anda inginkan.

Demikianlah tiga cara mengaktifkan hotspot iPhone agar bisa berbagi jaringan internet kepada pengguna laptop atau gawai lainnya. Cara tersbut juga berguna pada saat hotspot iPhone yang hilang atau muncul perintah contact carrier. Setelah aktif, Anda pun bisa berbagi internet dengan perangkat lain.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait