Pengertian Sosialisasi, Bentuk, dan Tahapannya

Dwi Latifatul Fajri
23 Desember 2021, 18:01
Sosialisasi
pixabay.com/naassomz1
Pengertian Sosialisasi

Pada dasarnya manusia sejak lahir bergantung pada orang lain. Manusia adalah makhluk sosial yang butuh sosialisasi dengan orang lain untuk interaksi. 

Sejak lahir, manusia sudah dihadapkan pada hubungan dengan sesamanya. Manusia membutuhkan makan, berbicara, minum, dan aktivitas yang melibatkan orang lain.

Melalui proses sosialisasi ini seseorang dapat mengetahui kepribadian, tingkah laku, dan aturan yang berlaku dalam lingkungan masyarakat.

Pengertian Sosialisasi

Sosialisasi adalah proses pemindahan ide atau gagasan dari masyarakat ke individu. Gagasan ini akan diterima individu untuk proses belajar dan mengenal nilai-nilai sosial yang ada di masyarakat.

Gagasan tentang normal dan nilai sosial ini akan membentuk perilaku individu sesuai dengan tuntutan di masyarakat.

Proses sosialisasi ini akan terus berjalan dan berkembang seiring bertambahnya usia. Contohnya saja ketika manusia lahir, maka dia akan berinteraksi dengan kedua orang tua dan keluarganya. Ketika anak-anak akan bertemu dengan lingkungan dan teman seumuran.

Proses sosialisasi ini dimulai dengan ajaran orang tua untuk makan, minum, bicara, dan belajar. Kemudian dilanjutkan dengan proses dewasa yang bertemu banyak orang dan berinteraksi.

Bentuk Sosialisasi

Mengutip dari buku Sosiologi 1, diterbitkan oleh Fakultas Sastra, Universitas Negeri Padjadjaran menjelaskan dua bentuk sosialisasi primer dan sekunder.

  • Sosialisasi Primer

Sosialisasi primer adalah proses pertama dan utama yang dialami oleh individu. Sosialisasi ini akan mempengaruhi kehidupan individu di masa mendatang.

Tahapan pertama sosialisasi primer adalah keluarga ketika masih anak-anak. Ketika masih balita, anak yang belum memulai sekolah akan mengenal keluarga terlebih dahulu. Proses sosialisasi primer ini untuk mempersiapkan anak ke lingkungan masyarakat.

Contoh sosialisasi primer adalah bahasa. Bahasa menjadi gejala sosial yang dapat dimengerti, dipahami, dan dimaknai artinya oleh lingkungan dan masyarakat.

Ketika anak lahir dia belum memahami bahasa. Kemudian orang tua mengajari dan mengembangkan bahasa pada anak mereka, seiring bertambahnya usia.

  • Sosialisasi Sekunder

Sosialisasi sekunder adalah lanjutan dari sosialisasi primer. Disini individu memulai proses identitas baru di lingkungan masyarakat. Anak-anak akan mengenal sekolah sebagai lembaga yang mempengaruhi proses sosialisasi.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...