6 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil yang Patut Diketahui

Image title
4 Januari 2022, 13:43
Tampilan kacang hijau. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil antara lain menjaga kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.
Unsplash/David Gabrielyan
Tampilan kacang hijau

Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi penting selama kehamilan. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang, ibu hamil membutuhkan zat gizi yang lebih banyak dibandingkan dengan keadaan tidak hamil.

Hal ini disebabkan karena selain untuk ibu zat gizi dibutuhkan bagi janin. Janin tumbuh dengan mengambil zat-zat gizi dari makanan yang dikonsumsi oleh ibu dan dari simpanan zat gizi yang berada di dalam tubuh ibu.

Kebutuhan asam folat selama kehamilan juga meningkat karena digunakan untuk pembentukan sel dan sistem saraf termasuk sel darah merah. Contoh makanan yang mengandung asam folat adalah sayuran hijau seperti bayam dan kacang-kacangan, termasuk kacang hijau.

Kacang hijau merupakan salah makanan sehat untuk ibu hamil yang dapat diolah menjadi sari kacang hijau, bubur, onde-onde, dan masih banyak lagi. Sayuran ini mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk ibu hamil.

Sejumlah manfaat kacang hijau untuk ibu hamil dapat disimak melalui pembahasan berikut.

1. Mengandung asam folat yang baik untuk janin

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil terletak pada kandungan asam folatnya. Asam folat merupakan salah satu zat gizi penting bagi ibu hamil, terutama pada 12 minggu pertama kehamilan.

Menurut  Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan, asupan asam folat pada ibu hamil diketahui untuk mencegah terjadinya neural tube defect (cacat tabung saraf), terutama spina bifida (tulang belakang tidak menutup sempurna) dan anencephaly (otak janin tidak terbentuk).

Kebutuhan asam folat harian di masa kehamilan adalah 600–800 mikrogram. Berdasarkan data Kementerian Pertanian Amerika Serikat (U.S. Department of Agriculture), dalam 100 g kacang hijau mengandung 159 mikrogram (mcg) folat. Kacang hijau dapat membantu tubuh ibu hamil untuk memproduksi dan memelihara sel-sel, terutama sel darah merah.

2. Merupakan sumber vitamin yang tinggi

Selanjutnya, manfaat kacang hijau untuk ibu hamil diperoleh dari sumber vitaminnya yang tinggi. Kacang hijau mengandung vitamin B1 dan B2 yang bermanfaat dalam penyerapan protein ke organ tubuh.

Selain itu, kacang hijau juga mengandung seng yang membantu metabolisme energi dan produksi hormon reproduksi wanita yang berperan dalam pelepasan sel telur dari ovarium.

Sari kacang hijau juga merupakan sumber serat yang tinggi, mineral esensial, karotenoid, protein, dan rendah kalori yang baik untuk ibu hamil agar tetap bugar, sehat, dan terhindar penyakit selama kehamilan.

3. Mengurangi risiko terkena penyakit kronis

Mengurangi risiko terkena penyakit kronis adalah manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yang didapat berkat sifat antioksidannya. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Plant Foods for Human Nutrition menemukan, antioksidan dari kacang hijau dapat menetralkan kerusakan akibat radikal bebas yang terkait dengan pertumbuhan kanker di sel paru-paru dan perut.

Antioksidan dalam kacang hijau antara lain asam fenolik, flavonoid, asam caffeic, asam sinamat dan sebagainya. Antioksidan tersebut membantu menetralkan molekul berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas.

Dalam jumlah tinggi, radikal bebas dapat berinteraksi dengan komponen seluler dan mendatangkan malapetaka. Kerusakan ini terkait dengan peradangan kronis, penyakit jantung, kanker dan penyakit lainnya.

4. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung

Saat kehamilan, risiko penyakit jantung tetap ada sehingga konsumsi kacang hijau disarankan untuk ibu hamil. Sebuah studi dalam jurnal Atherosclerosis menemukan, magnesium dalam kacang hijau dapat menurunkan angka kematian akibat penyakit kardiovaskular terutama bagi wanita.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...