Mengenal Jenis Philodendron Termahal dengan Harga Fantastis

Jenis philodendron termahal biasanya memiliki keunikan dan banyak diburu oleh kolektor tanaman hias. Sebagian di antaranya bahkan bisa dijual dengan harga mencapai ratusan juta rupiah.
Image title
10 Januari 2022, 14:05
Ilustrasi jenis philodendron termahal
unspalsh.com
Ilustrasi jenis philodendron termahal

Hobi merawat tanaman hias kini tengah banyak digandrungi oleh sejumlah kalangan di Indonesia. Hal ini berkaitan dengan aktivitas masyarakat yang sebagian besar sudah banyak dihabiskan  di rumah, karena pandemi Covid-19.

Sejatinya banyak tanaman hias yang saat ini mulai menarik perhatian dari para pecintanya. Misalnya ada tanaman aglaonema. Salah satu tanaman hias dengan corak warna pada daunnya yang memikat.

Selain aglonema, kini muncul jenis tanaman hias bernama philodendron yang  memiliki tampilan sederhana, namun tetap cantik jika diletakkan di halaman rumah.

Tanaman philodendron biasanya dijual dengan harga yang bervariasi. Namun sebagian jenis philodendron termahal biasanya memiliki kelebihan dan keunggulan tersendiri.

Advertisement

Jika Anda penasaran dan tertarik untuk merawat jenis philodendron termahal, maka simak artikel ini hingga tuntas. 

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang karakteristik tanaman hias philodendron dan jenis philodendron termahal yang mesti Anda ketahui.

Mengenal Tanaman Hias Jenis Philodendron

Mengutip dari situs Thespurce.com, philodendron adalah tanaman hias yang banyak spesies dan sudah menyebar ke seluruh dunia. Tanaman ini mempunyai ukuran daun besar dengan warna hijau mengkilap.

Secara umum tanaman philodendron dapat dibagi menjadi dua jenis. Pertama yaitu philodendron yang tumbuh merambat, dan kedua adalah jenis philodendron yang tidak memanjat.

Jenis yang tidak memanjat memiliki kebiasaan untuk tumbuh tegak dan merupakan tanaman dedaunan yang sangat baik ditanam dalam wadah seperti pot. 

Kebanyakan philodendron, termasuk jenis philodendron termahal, memiliki tingkat pertumbuhan yang cepat.

Masih mengutip dari situs yang sama, berikut klasifikasi ilmiah tanaman philodendron dan jenis philodendron termahal:

  • Nama yang umum: Philodendron.
  • Nama Botani: Philodendron sp.
  • Keluarga: Araceae.
  • Jenis tanaman: Perennial.
  • Ukuran tumbuh: tinggi 1–20 kaki, lebar 1–6 kaki (bervariasi menurut spesies).
  • Paparan sinar matahari: sebagian.
  • Jenis tanah: lempung, dikeringkan dengan baik.
  • pH tanah: tanah asam.
  • Waktu mekar: tidak ada.
  • Warna Bunga: tidak ada.
  • Daerah asal: Amerika Tengah, Amerika Selatan.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, tanaman philodendron berasal dari kawasan Amerika Tengah dan Amerika Utara. Jenis tanaman philodendron termahal biasanya dapat tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis seperti Indonesia.

Perawatan tanaman ini  tergolong mudah dan bisa diletakkan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Asalkan beberapa syarat seperti di bawah ini bisa terpenuhi:

Pencahayaan

Biasanya jenis philodendron termahal dan jenis lainnya tumbuh paling baik di bawah sinar matahari parsial. Mereka secara alami akan mendapatkan cahaya belang-belang di bawah kanopi tropis, bukan matahari langsung.

Jika Anda ingin merawatnya maka sebaiknya perhatikan pencahayaan agar tanaman tersebut bisa tumbuh dengan baik. Terlalu sedikit cahaya dapat menyebabkan pertumbuhan dan menciptakan banyak ruang di antara daun.

Sebaliknya, kalau banyak cahaya dapat menyebabkan banyak daun menguning pada saat yang bersamaan.

Tanah

Berbagai spesies tanaman philodendron dan jenis philodendron termahal, sangat menyukai tanah gembur yang kaya akan nutrisi dan zat hara dari bahan organik. Kalau diletakan di dalam pot, sebaiknya tanah harus memiliki drainase yang baik.

Air

Tanaman ini umumnya menyukai kelembaban tanah dalam jumlah sedang. Sehingga Anda perlu menyiramnya dengan air mulai dari setiap inci bagian atas tanah yang telah mengering.

Sebagai catatan untuk Anda, overwatering dan underwatering dapat menyebabkan daun terkulai, jadi ukur kapan waktunya untuk menyiramnya.

Suhu dan Kelembapan

Secara umum jenis philodendron termahal tidak boleh terkena suhu di bawah 55 derajat Fahrenheit. Tanaman ini lebih menyukai suhu dan kelembapan yang sedang.

Karakteristik dan Ciri-ciri Tanaman Philodendron

Melansir dari Britannica, hingga saat ini sudah ditemukan lebih dari 450 spesies tanaman philodendron. Habitat asli tanaman tersebut berasal dari kawasan tropis di benua Amerika.

Daun philodendron biasanya berwarna hijau tetapi sebagian ada yang berwarna  merah, atau keunguan. Kemudian urat daunnya sejajar serta biasanya berwarna hijau atau terkadang merah atau putih. 

Bentuk, ukuran, dan tekstur daun sangat bervariasi, tergantung pada spesies dan varietasnya.

Menurut Costa Farms, varietas philodendron tradisional merupakan tanaman merambat yang sempurna dan bisa tumbuh di atas teralis, atau di keranjang gantung. Beberapa jenis philodendron termahal menawarkan dedaunan beraneka ragam yang menawan.

Sementara untuk yang tumbuh tegak, umumnya bisa hidup dalam kondisi lembab serta memiliki daun yang lebih besar.

Dari beberapa studi yang sudah dilakukan, biasanya Anda akan melihat beberapa spesies philodendron yang juga diklasifikasikan sebagai tanaman thaumatophyllum.

Jenis Philodendron Termahal

Dihimpun dari situs Bobvila.com dan sumber lainnya, berikut daftar 5 jenis tanaman philodendron termahal:

1. Philodendron Joepii

Jenis philodendron termahal pertama yang ada di daftar ini yaitu philodendron joepii. Di luar negeri, tanaman hias tersebut bisa dihargai senilai $2.000 per batangnya. Sedangkan di beberapa marketplace harganya ditaksir bisa mencapai Rp 30 juta.

Dilansir dari Planstory.com, jenis tanaman philodendron joepii ini memiliki bentuk daun yang cukup unik yaitu 3 lobus, atau sekilas terlihat sudah dimakan serangga.

Bentuk daunnya berbentuk huruf Y, dengan telinga yang ramping dan ujung yang lebih lebar seperti daun kebanyakan. Warnanya biasanya hijau pekat.

Tanaman ini sangat cocok diletakan di dalam maupun di luar ruangan. Kehadirannya akan menambah suasana sejuk di lingkungan rumah Anda.

2. Philodendron Spiritus Sancti

Jenis philodendron termahal berikutnya yaitu philodendron spiritus sancti. Tanaman hias ini harganya bisa tembus hingga jutaan rupiah. Namun sayangnya, jenis ini masih sedikit dijual di Indonesia.

Dikutip dari Agrozine.id, tanaman ini memiliki tangkai daun dengan panjang sekitar 35-60 cm dan bilah berwarna hijau tua kusam. Jenis philodendron termahal ini mempunyai permukaan daun abaksial (permukaan bawah daun) yang berwarna lebih pucat. Kemudian  tepi daunnya berwarna ungu.

3. Philodendron Luxurians

Tanaman hias ini tampilannya sekilas mirip dengan tanaman kuping gajah. Tetapi jika diperhatikan, sebenarnya kedua tanaman tersebut memiliki fitur yang berbeda.

Jenis ini masuk ke dalam jenis philodendron termahal karena harganya bisa menembus angka jutaan rupiah. Di luar negeri biasa dijual dengan harga €229,90.

Menurut Foliageddreams.com, philodendron luxurians memiliki daun besar berbentuk hati. Daunnya berwarna hijau tua kusam dan beludru. Urat daunnya kuning-putih yang tebal dan cerah serta punggung daun berwarna merah pucat, memberi kesan tanaman ini penampilan yang sangat elegan.

4. Philodendron Minima Variegata

Jenis philodendron minima variegata memiliki tampilan yang unik, dengan daun yang hanya berjumlah 4 daun saja. Selain itu tepian daunnya mempunyai dua warna berbeda.

Sisi bagian kanan berwarna hijau dan sisi kirinya berwarna kuning. Karena langka dan banyak diburu oleh kolektor tanaman hias, harga tanaman ini bisa mencapai sekitar US$8.150 atau sekitar Rp 114 juta.

5. Half Moon Philodendron Pink Princess

Jenis berikutnya adalah half moon philodendron pink princess. Tanaman ini bisa dijual dengan harga antara Rp 10 juta – Rp 23 juta.

Keunikan daun yang memiliki campuran antara warna hijau dan pink pada tanaman ini, membuatnya begitu digandrungi oleh kolektor tanaman hias.

Jika melihat daftar jenis philodendron termahal yang disebutkan di atas, maka Anda perlu menyiapkan sejumlah uang dengan jumlah tidak sedikit. Meski begitu Anda tidak perlu khawatir. Sebab saat ini tersedia juga philodendron yang dijual dengan harga cukup murah.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait