Mengenal Jenis Philodendron Termahal dengan Harga Fantastis

Image title
10 Januari 2022, 14:05
Ilustrasi jenis philodendron termahal
unspalsh.com
Ilustrasi jenis philodendron termahal

Hobi merawat tanaman hias kini tengah banyak digandrungi oleh sejumlah kalangan di Indonesia. Hal ini berkaitan dengan aktivitas masyarakat yang sebagian besar sudah banyak dihabiskan  di rumah, karena pandemi Covid-19.

Sejatinya banyak tanaman hias yang saat ini mulai menarik perhatian dari para pecintanya. Misalnya ada tanaman aglaonema. Salah satu tanaman hias dengan corak warna pada daunnya yang memikat.

Selain aglonema, kini muncul jenis tanaman hias bernama philodendron yang  memiliki tampilan sederhana, namun tetap cantik jika diletakkan di halaman rumah.

Tanaman philodendron biasanya dijual dengan harga yang bervariasi. Namun sebagian jenis philodendron termahal biasanya memiliki kelebihan dan keunggulan tersendiri.

Jika Anda penasaran dan tertarik untuk merawat jenis philodendron termahal, maka simak artikel ini hingga tuntas. 

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang karakteristik tanaman hias philodendron dan jenis philodendron termahal yang mesti Anda ketahui.

Mengenal Tanaman Hias Jenis Philodendron

Mengutip dari situs Thespurce.com, philodendron adalah tanaman hias yang banyak spesies dan sudah menyebar ke seluruh dunia. Tanaman ini mempunyai ukuran daun besar dengan warna hijau mengkilap.

Secara umum tanaman philodendron dapat dibagi menjadi dua jenis. Pertama yaitu philodendron yang tumbuh merambat, dan kedua adalah jenis philodendron yang tidak memanjat.

Jenis yang tidak memanjat memiliki kebiasaan untuk tumbuh tegak dan merupakan tanaman dedaunan yang sangat baik ditanam dalam wadah seperti pot. 

Kebanyakan philodendron, termasuk jenis philodendron termahal, memiliki tingkat pertumbuhan yang cepat.

Masih mengutip dari situs yang sama, berikut klasifikasi ilmiah tanaman philodendron dan jenis philodendron termahal:

  • Nama yang umum: Philodendron.
  • Nama Botani: Philodendron sp.
  • Keluarga: Araceae.
  • Jenis tanaman: Perennial.
  • Ukuran tumbuh: tinggi 1–20 kaki, lebar 1–6 kaki (bervariasi menurut spesies).
  • Paparan sinar matahari: sebagian.
  • Jenis tanah: lempung, dikeringkan dengan baik.
  • pH tanah: tanah asam.
  • Waktu mekar: tidak ada.
  • Warna Bunga: tidak ada.
  • Daerah asal: Amerika Tengah, Amerika Selatan.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, tanaman philodendron berasal dari kawasan Amerika Tengah dan Amerika Utara. Jenis tanaman philodendron termahal biasanya dapat tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis seperti Indonesia.

Perawatan tanaman ini  tergolong mudah dan bisa diletakkan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Asalkan beberapa syarat seperti di bawah ini bisa terpenuhi:

Pencahayaan

Biasanya jenis philodendron termahal dan jenis lainnya tumbuh paling baik di bawah sinar matahari parsial. Mereka secara alami akan mendapatkan cahaya belang-belang di bawah kanopi tropis, bukan matahari langsung.

Jika Anda ingin merawatnya maka sebaiknya perhatikan pencahayaan agar tanaman tersebut bisa tumbuh dengan baik. Terlalu sedikit cahaya dapat menyebabkan pertumbuhan dan menciptakan banyak ruang di antara daun.

Sebaliknya, kalau banyak cahaya dapat menyebabkan banyak daun menguning pada saat yang bersamaan.

Tanah

Berbagai spesies tanaman philodendron dan jenis philodendron termahal, sangat menyukai tanah gembur yang kaya akan nutrisi dan zat hara dari bahan organik. Kalau diletakan di dalam pot, sebaiknya tanah harus memiliki drainase yang baik.

Air

Tanaman ini umumnya menyukai kelembaban tanah dalam jumlah sedang. Sehingga Anda perlu menyiramnya dengan air mulai dari setiap inci bagian atas tanah yang telah mengering.

Sebagai catatan untuk Anda, overwatering dan underwatering dapat menyebabkan daun terkulai, jadi ukur kapan waktunya untuk menyiramnya.

Suhu dan Kelembapan

Secara umum jenis philodendron termahal tidak boleh terkena suhu di bawah 55 derajat Fahrenheit. Tanaman ini lebih menyukai suhu dan kelembapan yang sedang.

Karakteristik dan Ciri-ciri Tanaman Philodendron

Melansir dari Britannica, hingga saat ini sudah ditemukan lebih dari 450 spesies tanaman philodendron. Habitat asli tanaman tersebut berasal dari kawasan tropis di benua Amerika.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...