7 Keajaiban Dunia Di Indonesia yang Unik dan Menarik untuk Dikunjungi

Image title
10 Januari 2022, 15:44
7 Keajaiban Dunia Di Indonesia yang Unik dan Menarik untuk Dikunjungi
Kemenparekraf
Pesona Raja Ampat. Kementerian Kelautan telah mengusulkan agar Suaka Alam Perairan (SAP) Raja Ampat menjadi wisata bahari premium.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki keunikan baik dari bentang alamnya maupun keanekaragaman budaya serta tradisinya. Hal ini pun sudah diakui oleh forum internasional, yakni dengan sempat terdaftarnya Candi Borobudur dan Pulau Komodo sebagai salah satu keajaiban dunia di Indonesia.

Keunikan budaya dan keindahan alam Indonesia memang sudah dari dulu menjadi daya pikat untuk mendatangkan turis lokal serta mancanegara. Misalnya Pulau Komodo yang merupakan salah satu keajaiban dunia di Indonesia, yang menjadi habitat asli kadal purba yaitu Komodo. Di kawasan ini turis asing bisa melihat aktivitas binatang tersebut secara langsung dan mengintip bagaimana kehidupan masyarakat sekitar.

Melansir dari DW Indonesia, baru-baru ini ada daftar 7 keajaiban dunia versi baru yang berdasarkan pada polling popularitas online yang dimulai pada tahun 2001. Meski tidak ada bangunan atau tempat keajaiban dunia di Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut, namun hal itu tidak mengurangi fakta bahwa sejumlah tempat di Indonesia memiliki keindahannya tersendiri yang bisa disandingkan dengan daftar itu.

Dihimpun dari berbagai sumber berikut daftar keajaiban dunia di Indonesia versi Katadata.co.id, yang menawarkan keindahan, keunikan, serta pengalaman luar biasa jika Anda mengunjunginya suatu hari nanti. Selengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

7 Keajaiban Dunia di Indonesia

Di sejumlah daerah di Indonesia, destinasi wisata alam dan wisata sejarah masih menjadi primadona utama yang dikunjungi oleh turis. Mereka biasanya menghabiskan waktu liburan sembari menikmati keindahan serta keunikan dari tempat-tempat tersebut.

Beberapa daftar keajaiban dunia di Indonesia berikut ini, bisa Anda nikmati secara virtual dengan melihat foto atau videonya di internet. Jadikan tempat-tempat tersebut sebagai pilihan destinasi wisata yang harus Anda kunjungi usai pandemi.

Lebih lanjut, seperti dilansir dari Kemenparekraf.go.id dan sumber lainnya, berikut daftar 7 keajaiban dunia di Indonesia versi Katadata.co.id:  

1. Candi Borobudur dan Candi Hindu-Budha Lainnya

Gambar Candi Borobudur
Gambar Candi Borobudur (pixabay.com)

Peradaban kuno manusia sudah mewariskan sejumlah bangunan bersejarah yang sangat mengagumkan. Sebut saja seperti Piramida Giza di Mesir atau Candi Borobudur di Indonesia.

Dikutip dari Kemlu.go.id, Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah adalah bangunan peninggalan Buddha terbesar di dunia. Kemegahan arsitektur bangunan serta sejarah candi ini sudah terdaftar di UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia.

Sebelumnya, Candi Borobudur merupakan keajaiban dunia di Indonesia. Namun berdasarkan polling popularitas terbaru yang sudah dijelaskan sebelumnya, cani ini sudah tidak termasuk lagi ke dalam daftar tersebut.

Meski begitu, Candi Borobudur masih bisa disandingkan dengan bangunan 7 keajaiban dunia terbaru. Sebab, Candi ini memiliki corak dan bentuk arsitektur yang unik. Selain Candi Borobudur, Indonesia masih mempunyai sejumlah candi Hindu-Budhha yang menarik untuk dikunjungi.

2. Pulau Komodo

PEMBUKAAN KEMBALI KAWASAN TN KOMODO
PEMBUKAAN KEMBALI KAWASAN TN KOMODO (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/wsj.)

 

Pulau Komodo merupakan keajaiban dunia di Indonesia yang masuk ke dalam daftar “New 7 Wonders” beberapa tahun silam. Seperti namanya, kawasan ini menjadi habitat asli hewan purba bernama Komodo.

Berdasarkan data Taman Nasional Komodo, pada 2018 populasi komodo di Pulau Komodo sebanyak 2.872 ekor. Selain itu, pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini menjadi tempat hidup satwa liar lain seperti kuda poni, Rusa Timor, hingga berbagai macam spesies reptil.

Daya tarik lainnya yang bisa dilihat oleh wisatawan yaitu pesona keindahan baharinya. Taman Nasional Komodo berada tepat di jantung segitiga terumbu karang Asia Pasifik, dan menjadi salah satu surga bawah laut terkaya di dunia.

3. Raja Ampat

Pemandangan alam Piaynemo Raja Ampat
Pemandangan alam Piaynemo Raja Ampat (Unsplash/Sutirta Budiman)

 

Melansir dari National Geographic, Raja Ampat merupakan destinasi wisata andalan Indonesia yang terletak di Papua Barat. Kawasan ini menawarkan panorama dan keindahan daerah kepulauan yang terdiri atas 1.500 pulau-pulau kecil, pulau karang, serta betting.

Pulau-pulau tersebut mempunyai empat pulau utama yaitu Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool. Berdasarkan keindahan dan pesona alamnya, tempat ini layak disebut sebagai salah satu keajaiban dunia di Indonesia.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...