7 Keajaiban Dunia Di Indonesia yang Unik dan Menarik untuk Dikunjungi

Pulau Komodo dan Candi Borobudur sempat menjadi keajaiban dunia di Indonesia. Namun dari daftar 7 keajaiban dunia versi terbaru, tidak ada bangunan atau tempat di Tanah Air yang masuk daftar tersebut.
Image title
10 Januari 2022, 15:44
7 Keajaiban Dunia Di Indonesia yang Unik dan Menarik untuk Dikunjungi
Kemenparekraf
Pesona Raja Ampat. Kementerian Kelautan telah mengusulkan agar Suaka Alam Perairan (SAP) Raja Ampat menjadi wisata bahari premium.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki keunikan baik dari bentang alamnya maupun keanekaragaman budaya serta tradisinya. Hal ini pun sudah diakui oleh forum internasional, yakni dengan sempat terdaftarnya Candi Borobudur dan Pulau Komodo sebagai salah satu keajaiban dunia di Indonesia.

Keunikan budaya dan keindahan alam Indonesia memang sudah dari dulu menjadi daya pikat untuk mendatangkan turis lokal serta mancanegara. Misalnya Pulau Komodo yang merupakan salah satu keajaiban dunia di Indonesia, yang menjadi habitat asli kadal purba yaitu Komodo. Di kawasan ini turis asing bisa melihat aktivitas binatang tersebut secara langsung dan mengintip bagaimana kehidupan masyarakat sekitar.

Melansir dari DW Indonesia, baru-baru ini ada daftar 7 keajaiban dunia versi baru yang berdasarkan pada polling popularitas online yang dimulai pada tahun 2001. Meski tidak ada bangunan atau tempat keajaiban dunia di Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut, namun hal itu tidak mengurangi fakta bahwa sejumlah tempat di Indonesia memiliki keindahannya tersendiri yang bisa disandingkan dengan daftar itu.

 

Advertisement

Dihimpun dari berbagai sumber berikut daftar keajaiban dunia di Indonesia versi Katadata.co.id, yang menawarkan keindahan, keunikan, serta pengalaman luar biasa jika Anda mengunjunginya suatu hari nanti. Selengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

7 Keajaiban Dunia di Indonesia

Di sejumlah daerah di Indonesia, destinasi wisata alam dan wisata sejarah masih menjadi primadona utama yang dikunjungi oleh turis. Mereka biasanya menghabiskan waktu liburan sembari menikmati keindahan serta keunikan dari tempat-tempat tersebut.

Beberapa daftar keajaiban dunia di Indonesia berikut ini, bisa Anda nikmati secara virtual dengan melihat foto atau videonya di internet. Jadikan tempat-tempat tersebut sebagai pilihan destinasi wisata yang harus Anda kunjungi usai pandemi.

Lebih lanjut, seperti dilansir dari Kemenparekraf.go.id dan sumber lainnya, berikut daftar 7 keajaiban dunia di Indonesia versi Katadata.co.id:  

1. Candi Borobudur dan Candi Hindu-Budha Lainnya

Gambar Candi Borobudur
Gambar Candi Borobudur (pixabay.com)

Peradaban kuno manusia sudah mewariskan sejumlah bangunan bersejarah yang sangat mengagumkan. Sebut saja seperti Piramida Giza di Mesir atau Candi Borobudur di Indonesia.

Dikutip dari Kemlu.go.id, Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah adalah bangunan peninggalan Buddha terbesar di dunia. Kemegahan arsitektur bangunan serta sejarah candi ini sudah terdaftar di UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia.

Sebelumnya, Candi Borobudur merupakan keajaiban dunia di Indonesia. Namun berdasarkan polling popularitas terbaru yang sudah dijelaskan sebelumnya, cani ini sudah tidak termasuk lagi ke dalam daftar tersebut.

 

Meski begitu, Candi Borobudur masih bisa disandingkan dengan bangunan 7 keajaiban dunia terbaru. Sebab, Candi ini memiliki corak dan bentuk arsitektur yang unik. Selain Candi Borobudur, Indonesia masih mempunyai sejumlah candi Hindu-Budhha yang menarik untuk dikunjungi.

2. Pulau Komodo

PEMBUKAAN KEMBALI KAWASAN TN KOMODO
PEMBUKAAN KEMBALI KAWASAN TN KOMODO (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/wsj.)

 

Pulau Komodo merupakan keajaiban dunia di Indonesia yang masuk ke dalam daftar “New 7 Wonders” beberapa tahun silam. Seperti namanya, kawasan ini menjadi habitat asli hewan purba bernama Komodo.

Berdasarkan data Taman Nasional Komodo, pada 2018 populasi komodo di Pulau Komodo sebanyak 2.872 ekor. Selain itu, pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini menjadi tempat hidup satwa liar lain seperti kuda poni, Rusa Timor, hingga berbagai macam spesies reptil.

 

Daya tarik lainnya yang bisa dilihat oleh wisatawan yaitu pesona keindahan baharinya. Taman Nasional Komodo berada tepat di jantung segitiga terumbu karang Asia Pasifik, dan menjadi salah satu surga bawah laut terkaya di dunia.

3. Raja Ampat

Pemandangan alam Piaynemo Raja Ampat
Pemandangan alam Piaynemo Raja Ampat (Unsplash/Sutirta Budiman)

 

Melansir dari National Geographic, Raja Ampat merupakan destinasi wisata andalan Indonesia yang terletak di Papua Barat. Kawasan ini menawarkan panorama dan keindahan daerah kepulauan yang terdiri atas 1.500 pulau-pulau kecil, pulau karang, serta betting.

Pulau-pulau tersebut mempunyai empat pulau utama yaitu Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool. Berdasarkan keindahan dan pesona alamnya, tempat ini layak disebut sebagai salah satu keajaiban dunia di Indonesia.

 

Dilansir dari Kemenparekraf.go.id, Raja Ampat menjadi “rumah” bagi 540 jenis terumbu karang, serta lebih dari 1.000 jenis ikan. Tempat ini sempat dijuluki sebagai “The Last of Paradise”, hingga menjadi spot diving terbaik di dunia pada 2015 oleh salah satu media asing.

4. Kawah Ijen

PENAMBANG BELERANG KAWAH IJEN
PENAMBANG BELERANG KAWAH IJEN (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya)

 

Fenomena alam luar biasa dan paling langka di dunia bisa Anda saksikan jika berkunjung ke Kawah Ijen, Jawa Timur. Sebab, Kawah Ijen merupakan satu dari dua tempat fenomena alam blue fire di dunia selain di Islandia, Eropa Utara. Saat dini hari fenomena alam blue fire itu bisa dilihat langsung.

Kawah Ijen juga dikenal sebagai danau air asam kuat terbesar di dunia. Tidak heran kalau tempat ini kerap dijuluki sebagai salah satu keajaiban dunia di Indonesia.

5. Rafflesia Arnoldii

Bunga terbesar di dunia ternyata habitat aslinya berada di Indonesia. Nama bunga tersebut yaitu bunga endemik Rafflesia Arnoldii yang langka. Anda bisa menemukan bunga ini di Kebun Raya Bogor.

Dijuluki bunga terbesar di dunia bukan tanpa alasan. Sebab bunga ini memiliki diameter cukup besar dan bisa mencapai satu meter. Ciri khas bunga ini memiliki bau yang tajam. Keunikan tersebut menjadikannya sebagai salah satu keajaiban dunia di Indonesia.

6. Pegunungan Jayawijaya

Indonesia memiliki rangkaian pegunungan yang terletak di Pulau Papua dan diberi nama Pegunungan Jayawijaya. Kawasan ini bisa dibilang unik karena di puncak tertingginya terdapat salju abadi.

Selain itu, ketinggian pegunungan ini tidak main-main. Tercatat Jayawijaya adalah pegunungan tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 4.884 mdpl di atas permukaan laut.

7. Danau Kelimutu dan Danau Toba

JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN DI TN KELIMUTU
JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN DI TN KELIMUTU (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/aww.)

 

Indonesia memiliki danau-danau unik. Dua di antaranya yaitu Danau Kelimutu dan Danau Toba.

Danau Kelimutu adalah tiga danau vulkanik yang memiliki warna berbeda dan terletak di taman Nasional Kelimutu, Nusa Tenggara Timur. Warna setiap danaunya tidak bisa diprediksi. Namun yang jelas, warna di danau tersebut bisa menjadi berwarna biru, hijau, hingga hitam.

 

Sedangkan Danau Toba adalah sebuah danau yang terletak di Sumatera Utara, dan berada di kaldera Gunung Supervulkan. Di tengahnya terdapat sebuah pulau bernama Pulau Samosir. Kedua danau itu bisa dinobatkan sebagai keajaiban dunia di Indonesia karena keunikan serta keindahannya.

Kunjungan Wisata Ke Indonesia

Meski pandemi Covid-19 belum usai, nyatanya geliat aktivitas pariwisata di Indonesia mulai menunjukan perkembangan yang begitu positif. Merujuk dari databooks, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia mulai bergerak naik pada November 2021.

Pada periode tersebut tercatat, jumlah kunjungan wisman sebanyak 153,2 ribu kunjungan, naik tipis 3,06% dibandingkan Oktober 2021. Begitu pun jika dibandingkan November 2020, kunjungan wisatawan juga mengalami kenaikan sebesar 6,04%.

Dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, sejumlah destinasi wisata yang menjadi bagian dari keajaiban dunia di Indonesia itu masih bisa dikunjungi. Akan tetapi, langkah paling tepat adalah mendatanginya saat situasi pandemi mulai berangsur normal. Artinya, Anda sebaiknya tidak bepergian dahulu untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19.

Itulah daftar 7 keajaiban dunia di Indonesia yang bisa Anda kunjungi setelah pandemi Covid-19 berakhir. Keindahan alam serta keunikan yang ada di tempat-tempat tersebut, bisa menjadi pengalaman luar biasa untuk liburan Anda.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait