Raja Ampat, Destinasi Wisata Favorit yang Memiliki Banyak Keindahan

Siti Nur Aeni
30 Oktober 2021, 13:57
Pemandangan alam di Piaynemo Raja Ampat, Papua
Unsplash/Sutirta Budiman
Pemandangan alam di Piaynemo Raja Ampat, Papua

Raja Ampat merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Papu Barat. Kabupaten ini memiliki empat pulau besar yaitu Pulau Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool. Selain itu ada juga 1.847 pulau kecil yang ada di Raja Ampat.

Menurut penjelasan dalam indonesia.travel, nama Raja Ampat berasal dari legenda masyarakat setempat. Dahulu diyakini ada seorang wanita yang menemukan tujuh telur. Empat telur diantaranya menetas dan menjadi raja yang berkuasa di empat pulau besar.

Sedangkan tiga lainnya menetas menjadi batu, satu menjadi wanita, dan satu lagi menjadi makhluk gaib. Terlepas dari legenda yang berkembang, Raja Ampat memang menyimpan berjuta pesona yang menarik untuk diulas.

Keindahan Raja Ampat

Melansir dari indonesia.travel, diterangkan bahwa Raja Ampat terletak di bagian barat Papua dan memiliki luas kurang lebih 4,6 juta hektar. Raja Ampat merupakan surga yang berada di wilayah Indonesia timur.

Menurut laporan dari The Nature Conservancy and Conservation Internasional, ada kurang lebih 75% spesies karang dunia di kepulauan ini. Selain itu, Raja Ampat juga memiliki 1.318 jenis ikan, 699 moluska, dan 547 terumbu karang.

Mengutip dari kkprajaampat.com, kepulauan ini diketahui berada di jantung Segitiga Terumbu Karang Dunia. Arus laut dalam yang kuat membawa banyak nutrisi di perairan ini hingga ke hutan bakau, danau air asin, dan hamparan padang lamuan.

Hal tersebut menjadikan wilayah ini memiliki jaring-jaring makanan kompleks. Tak heran jika Raja Ampat akhirnya mendapat julukan “pabrik spesies” karena menjadi pusat keanekaragaman hayati.

Kepulauan ini memiliki terumbu karang yang sangat melimpah. Terumbu karang di kepulauan ini menjadi tempat tinggal bagi biota laut lainnya. Keindahan bawah laut Raja Ampat membuat banyak orang ingin menyaksikan langsung dengan cara menyelam ke dalam lautan.

Di tempat wisata ini, ada beberapa spot menyelam terbaik seperti Kabui Passage, di sekitar Dermaga Pulau Arborek, Sauwandarek, Yenbuba, Dinding Friwen, dan masih banyak lagi.

Tak hanya pemandangan bawah laut yang indah, Raja Ampat juga juga memiliki pemandangan daratan yang indah. Anda bisa menikmati pemandangan pulau batu dari atas bukit.

Tempat Wisata Raja Ampat

Di awal sudah sempat disinggung bahwa Raja Ampat memiliki beberapa gugus pulau besar dan kecil. Maka tak heran jika tempat wisata ini memiliki beberapa destinasi andalan yang dapat Anda kunjungi. Berikut ini tempat-tempat di Raja Ampat yang indah dan unik.

1. Bukit Pianemo

Bukit pianemo merupakan tempat yang banyak dikunjungi wisatawan yang datang ke Raja Ampat. Untuk sampai ke atas bukit, Anda harus mendaki ratusan anak tangga. Sehingga pastikan Anda menyiapkan fisik yang kuat. Namun tenang saja, karena di area anak tangga  tersedia pondok kecil untuk istirahat sejenak.

Tak hanya pondok istirahat sepanjang perjalannya, fasilitas lain juga tersedia di atas bukit. Di sana terdapat balkon yang menghadap gugus Pulau Karst. Perjalanan panjang dan melelahkan terbayar dengan pemandangan indah dari atas bukit.

2. Pulau Rufas

Pulau Rufas terletak di dekat Bukit Pianemo. Di pulau ini terdapat laguna yang indah. Warna air di laguna ini toska cerah dan pasir berwarna putih yang ada di tepinya. Pasir putih lembut, dilengkapi ikan kecil yang ada di pinggir laguna membuat pemandangan pulau ini sangat indah.

3. Pulau Wayag

Pulau ini terletak di Desa Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Pulau ini terkenal dengan warna air lautnya yang unik. Air laut di pulau ini berwarna biru muda dan biru tua. Perbedaan warna tersebut tergantung dari kedalamannya.

Selain keindahan warna airnya, Pulau Wayag juga memiliki gugusan pulau kecil yang indah. Pulau ini berupa batuan karang yang membentuk gugusan menarik dengan bagian puncak ditumbuhi pepohonan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...