Raja Ampat, Destinasi Wisata Favorit yang Memiliki Banyak Keindahan

Raja Ampat merupakan wilayah kepulauan yang ada di Papua Barat. Raja Ampat memiliki berjuta keindahan terutama pemandangan bawah lautnya.
Image title
30 Oktober 2021, 13:57
Pemandangan alam di Piaynemo Raja Ampat, Papua
Unsplash/Sutirta Budiman
Pemandangan alam di Piaynemo Raja Ampat, Papua

Raja Ampat merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Papu Barat. Kabupaten ini memiliki empat pulau besar yaitu Pulau Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool. Selain itu ada juga 1.847 pulau kecil yang ada di Raja Ampat.

Menurut penjelasan dalam indonesia.travel, nama Raja Ampat berasal dari legenda masyarakat setempat. Dahulu diyakini ada seorang wanita yang menemukan tujuh telur. Empat telur diantaranya menetas dan menjadi raja yang berkuasa di empat pulau besar.

Sedangkan tiga lainnya menetas menjadi batu, satu menjadi wanita, dan satu lagi menjadi makhluk gaib. Terlepas dari legenda yang berkembang, Raja Ampat memang menyimpan berjuta pesona yang menarik untuk diulas.

Keindahan Raja Ampat

Melansir dari indonesia.travel, diterangkan bahwa Raja Ampat terletak di bagian barat Papua dan memiliki luas kurang lebih 4,6 juta hektar. Raja Ampat merupakan surga yang berada di wilayah Indonesia timur.

Menurut laporan dari The Nature Conservancy and Conservation Internasional, ada kurang lebih 75% spesies karang dunia di kepulauan ini. Selain itu, Raja Ampat juga memiliki 1.318 jenis ikan, 699 moluska, dan 547 terumbu karang.

Mengutip dari kkprajaampat.com, kepulauan ini diketahui berada di jantung Segitiga Terumbu Karang Dunia. Arus laut dalam yang kuat membawa banyak nutrisi di perairan ini hingga ke hutan bakau, danau air asin, dan hamparan padang lamuan.

Hal tersebut menjadikan wilayah ini memiliki jaring-jaring makanan kompleks. Tak heran jika Raja Ampat akhirnya mendapat julukan “pabrik spesies” karena menjadi pusat keanekaragaman hayati.

Kepulauan ini memiliki terumbu karang yang sangat melimpah. Terumbu karang di kepulauan ini menjadi tempat tinggal bagi biota laut lainnya. Keindahan bawah laut Raja Ampat membuat banyak orang ingin menyaksikan langsung dengan cara menyelam ke dalam lautan.

Di tempat wisata ini, ada beberapa spot menyelam terbaik seperti Kabui Passage, di sekitar Dermaga Pulau Arborek, Sauwandarek, Yenbuba, Dinding Friwen, dan masih banyak lagi.

Tak hanya pemandangan bawah laut yang indah, Raja Ampat juga juga memiliki pemandangan daratan yang indah. Anda bisa menikmati pemandangan pulau batu dari atas bukit.

Tempat Wisata Raja Ampat

Di awal sudah sempat disinggung bahwa Raja Ampat memiliki beberapa gugus pulau besar dan kecil. Maka tak heran jika tempat wisata ini memiliki beberapa destinasi andalan yang dapat Anda kunjungi. Berikut ini tempat-tempat di Raja Ampat yang indah dan unik.

1. Bukit Pianemo

Bukit pianemo merupakan tempat yang banyak dikunjungi wisatawan yang datang ke Raja Ampat. Untuk sampai ke atas bukit, Anda harus mendaki ratusan anak tangga. Sehingga pastikan Anda menyiapkan fisik yang kuat. Namun tenang saja, karena di area anak tangga  tersedia pondok kecil untuk istirahat sejenak.

Tak hanya pondok istirahat sepanjang perjalannya, fasilitas lain juga tersedia di atas bukit. Di sana terdapat balkon yang menghadap gugus Pulau Karst. Perjalanan panjang dan melelahkan terbayar dengan pemandangan indah dari atas bukit.

2. Pulau Rufas

Pulau Rufas terletak di dekat Bukit Pianemo. Di pulau ini terdapat laguna yang indah. Warna air di laguna ini toska cerah dan pasir berwarna putih yang ada di tepinya. Pasir putih lembut, dilengkapi ikan kecil yang ada di pinggir laguna membuat pemandangan pulau ini sangat indah.

3. Pulau Wayag

Pulau ini terletak di Desa Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Pulau ini terkenal dengan warna air lautnya yang unik. Air laut di pulau ini berwarna biru muda dan biru tua. Perbedaan warna tersebut tergantung dari kedalamannya.

Selain keindahan warna airnya, Pulau Wayag juga memiliki gugusan pulau kecil yang indah. Pulau ini berupa batuan karang yang membentuk gugusan menarik dengan bagian puncak ditumbuhi pepohonan.

4. Pulau Salawati

Pulau Salawati merupakan salah satu dari empat pulau besati di Raja Ampat. Luasnya mencapai 1.623 km persegi. Pulai ini memiliki hutan sagu yang lebat hampir tiga per empat dari luas Pulau Salawati. Pohon sagu tersebut tumbuh liar tanpa sengaja di tanam.

Di tempat ini Anda bisa menemukan spesies ikan pelangi Salawati yang unik. Ikan ini memiliki warna kulit warna-warni seperti pelangi.

Suasana Pulau Salawati juga masih sangat sunyi dan tenang. Sehingga sangat cocok untuk menjadi tempat relaksasi.

5. Pulau Misool

Pulau besar lainnya yang ada di Raja Ampat yaitu Pulau Misool. Pulau ini berbatasan langsung dengan Laut Seram dan perairan laut lepas yang menjadi lalu lintas hewan besar termasuk paus. Pulau ini memiliki air yang jernih dan taman laut yang menakjubkan. Pada bagian barat dan timur pantai terdapat kepulauan batu karang yang menambah indah pantai Pulau Misool.

6. Pulau Kri

Pulau ini menjadi spot penyelaman terbaik di Raja Ampat. Letaknya di Desa Yenbuba, di Distrik Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papu Barat.

Pulau Kri memiliki keindahan laut dan biotanya. Tempat wisata ini menjadi lokasi snorkeling dan menyelam yang indah.

Ombaknya juga tenang, sehingga cukup aman untuk aktivitas air. Airnya sangat jernih sehingga Anda bisa menikmati pemandangan bawah laut dengan jelas.

Akses Menuju Raja Ampat

Untuk menuju ke lokasi wisata Raja Ampat, Anda bisa menempuh perjalanan via udara atau laut. Namun sebelum sampai ke lokasi, Anda harus datang ke Sorong terlebih dahulu. Bagi yang berada di pulau Jawa, Anda bisa menggunakan penerbangan dari Jakarta ke Sorong. Atau dari kota lain menuju Sorong.

Perjalanan menggunakan transportasi udara

Setelah sampai di Sorong, Anda bisa menggunakan pesawat kecil menunju ke Raja Ampat. Perjalanan menggunakan transportasi udara, Anda akan menempuh perjalanan kurang lebih 30 menit. Penerbangan dimulai dari Bandara Domine Eduard Osok, Sorong ke Bandara Marinda Raja Ampat.

Perjalanan menggunakan transportasi laut

Selain menggunakan transportasi udara, Anda juga bisa menempuh perjalanan menuju Raja Ampa menggunakan transportasi laut. Perjalanan ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 – 2 jam.

Perjalanan laut dimulai dari Pelabuhan Rakyat Sorong yang berjarak kurang lebih 10 menit dari bandara. Setelah itu, Anda harus menyebrang ke Pelabuhan Waisai.

Transportasi selama di Raja Ampat

Raja Ampat sangatlah luas, untuk mengakses seluruh lokasi Anda membutuhkan akomodasi untuk menuju satu tempat ke tempat lain. Selama di Raja Ampat, Anda bisa menyewa kapal. Dengan moda transportasi ini Anda bisa menjelajah pulau ini dengan nyaman dan leluasa.

Berapa Biaya ke Raja Ampat?

Sebagai tempat wisata yang indah tentu banyak orang yang ingin berkunjung ke pulau ini. Pertanyaan yang sering muncul saat ingin berwisata ke tempat baru yaitu terkait biaya yang harus dikeluarkan.

Biaya ke Raja Ampat setiap orang tentu tidak sama. Setiap orang memiliki rincian biaya liburannya masing-masing. Mengutip dari finansialku.com, berikut ini kisaran biaya ke Raja Ampat.

  • Biaya transportasi Jakarta – Sorong: Rp3.000.000 – Rp6.000.000.
  • Biaya transportasi laut Sorong – Waisai: Rp130.000.
  • Biaya transportasi darat: Rp15.000 – Rp100.000.
  • Tarif masuk ke Raja Ampat: Rp500.000/orang untuk wisatawan lokal dan Rp1.000.000/orang untuk wisatawan mancanegara.
  • Biaya penginapan: Rp250.000 – Rp400.000.
  • Biaya transportasi antar pulau: Rp6.000.000 – Rp13.000.000.
  • Biaya konsumsi: Rp20.000/porsi.

Rincian biaya di atas hanyalah estimasi. Kebutuhan biaya setiap orang tentu berbeda. Anda bisa terlebih dahulu membuat rincian sebelum berlibur ke Raja Ampat.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait