Artikel Adalah Salah Satu Karya Tulis, Ini Penjelasannya

Image title
14 Januari 2022, 15:29
Artikel Adalah Karya Tulis, Ini Penjelasannya
Unsplash/Bram Naus
Ilustrasi membuat artikel.

Artikel adalah sesuatu yang tidak bisa lepas dari urusan akademik maupun profesional. Tak jarang seorang mahasiswa atau pekerja diberi tugas untuk menulis atau menganalisis sebuah artikel.

Lalu, apa itu artikel dan bagaimana cara membuatnya?

Advertisement

Pengertian Artikel

Artikel adalah sebuah karya tulis yang memuat gagasan, pendapat, buah pikiran, atau kritik atas suatu fakta, data, fenomena, atau persoalan yang tengah menjadi perbincangan di masyarakat.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artikel disimpulkan sebagai karya tulis yang ditulis secara lengkap, misalnya laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar, dan sebagainya.

Pengertian Artikel Menurut Ahli

Mengutip Gurupendidikan dan sumber terkait lainnya, berikut pengertian artikel menurut ahli:

Rillan E. Wolseley

Menurut Wolseley, artikel adalah karangan tertulis panjang yang tidak ditentukan. Karangan ini bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta dengan maksud mendidik, menghibur, atau meyakinkan.

Al-Aqli

Al-Aqli mengatakan artikel adalah tulisan yang ditulis oleh masing-masing disiplin ilmu yang membahas suatu masalah hingga tuntas dan ditulis secara lugas, jelas, dan tidak bertele-tele, sehingga pembaca dapat memetik intisari dari karangan tersebut.

Sumandira

Artikel merupakan karya tulis lepas yang memuat opini tentang suatu masalah atau objek yang bersifat aktual dengan tujuan memberitahukan, memengaruhi, menghibur, atau meyakinkan pembaca.

Ensiklopedia Pers Indonesia

Berdasarkan Ensiklopedia Pers Indonesia, artikel adalah karangan prosa di dalam media massa dengan pembahasan pokok masalah yang dibahas secara lugas.

Ciri-ciri Artikel

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa suatu karya tulis artikel memiliki ciri-ciri berupa tulisan singkat, padat, dan jelas di mana suatu masalah dibahas secara tuntas.

Artikel juga bersifat faktual dan sumbernya berasal dari data dan fakta yang ada. Gagasan atau topik yang dibahas dalam artikel disesuaikan dengan kebutuhan pembaca atau masyarakat umum.

Suatu artikel dapat berupa pemaparan kisah-kisah perjalanan, biografi tokoh, argumentasi, peristiwa, atau fakta lainnya.

Tujuan Artikel

Artikel dimanfaatkan sebagai sarana untuk menyampaikan ide seorang penulis dalam mengembangkan daya imajinasi dan kreatifnya. Menulis artikel dapat membantu seseorang berpikir secara sistematis dan berbahasa secara tertib dan teratur.

Di samping itu, secara umum artikel bertujuan untuk memengaruhi, mendidik, memberitahu, meyakinkan, dan menghibur pembaca. Berikut penjabarannya!

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement