Desentralisasi Adalah Pemindahan Kekuasaan, Ini Penjelasannya

Image title
17 Januari 2022, 15:16
Desentralisasi Adalah Pemindahan Kekuasaan, Ini Penjelasannya
pixabay.com
Peta negara Indonesia.

Dalam sistem pemerintahan, desentralisasi barangkali menjadi istilah yang cukup sering didengar. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) desentralisasi adalah sistem pemerintahan yang lebih banyak memberikan kekuasaan kepada pemerintah daerah.

Pada dasarnya, desentralisasi merupakan salah satu dari empat karakteristik demokrasi partisipatoris, selain dari akuntabilitas, edukasi, dan obligasi, yang tujuannya adalah bagaimana menerapkan sebuah strategi yang mengandung unsur keadilan sosial bagi masyarakat.

Apa itu Desentralisasi?

Menurut PBB, desentralisasi adalah suatu hal yang merujuk kepada pemindahan kekuasaan dari pemerintah pusat, baik melalui dekonsentrasi pada pejabat wilayah ataupun melalui devolusi pada badan-badan otonom daerah.

Sementara itu, berdasarkan UU No.23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, desentralisasi diartikan sebagai penyerahan urusan pemerintahan oleh pemerintah pusat kepada daerah otonom berdasarkan asas otonomi.

Dari definisi-definisi tersebut, cukup jelas bahwa desentralisasi berkaitan dengan hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintahan kepada daerah otonomi tak lain ialah untuk mengatur urusan pemerintahan dalam sistem negara kesatuan.

Dengan begitu, penerapan desentralisasi dapat meringankan beban pekerjaan pemerintah pusat. Sehingga dalam penyelenggaraan pemerintahan tidak terjadi penumpukan kekuasaan di salah satu pihak dan suatu pemerintahan yang demokratis dapat terwujud, sebagaiman ciri negara kesatuan, yaitu kedaulatan yang tidak terbagi-bagi.

Namun, kendati pemerintah pusat berwenang menyerahkan sebagian kekuasaannya kepada pemerintah daerah, perihal tanggung jawab akhir penyelenggaraan pemerintahan daerah tetap berada di tangan pemerintah pusat. Sehingga kedudukan pemerintah pusat tetap sebagai pemegang kekuasaan tertinggi.

Intinya, desentralisasi adalah transfer tanggung jawab dalam hal perencanaan, manajemen, dan pemunculan sumber daya dan alokasinya dari pemerintah pusat kepada:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...