Ekologi adalah Hubungan Organisme dan Lingkungan, Berikut Manfaatnya

Image title
18 Januari 2022, 08:02
Ekologi adalah Hubungan Organisme dan Lingkungan, Berikut Manfaatnya
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/foc.
Petani mengupas jagung di area persawahan Desa Tuko, Pulokulon, Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (29/9/2021). Menurut petani sejak sepekan terakhir harga jagung di tingkat petani mulai turun dari Rp4.200 menjadi Rp3.500 per kilogram untuk jagung basah, sedangkan untuk jagung kering dari Rp5.200 menjadi Rp4.800 per kilogram akibat mulainya panen raya. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/foc.

Setiap makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan memiliki hubungan erat yang tidak bisa dilepaskan. Hubungan ini terjalin secara alami dan sering disebut dengan istilah Ekologi. Dalam materi pelajaran biologi, ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Penerapan ekologi bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh sederhananya yaitu aktivitas yang dilakukan oleh petani saat menggarap lahan sawahnya. Pada kasus ini, petani akan menaburkan pupuk kompos dan pupuk lainnya agar tanaman padi dapat tumbuh dengan baik. Sehingga nantinya padi tersebut akan menghasilkan beras pulen yang sangat nikmat untuk disantap.

Hubungan ekologi pada contoh di atas melibatkan mahluk hidup yaitu petani dan tanaman padi. Sementara lingkungannya berupa tanah, air, unsur hara, dan sebagainya.

Selain contoh di atas, kita bisa menemukan penerapan ekologi lainnya. Namun sebelum itu ada baiknya, menyimak terlebih dahulu pengertian ekologi, konsep dan ruang lingkup ekologi, serta manfaat ekologi yang sudah dirangkum dalam pembahasan berikut ini.

Pengertian Ekologi

Ekologi adalah salah satu cabang ilmu dalam Biologi. Menurut catatan sejarah, ilmu ekologi pertama kali digunakan pada 1896 oleh seorang ahli biologi Jerman bernama Ernst Haeckel. Semenjak saat itu, materi ini banyak dibahas di dunia pendidikan.

Mengutip dari modul Pengertian, Ruang Lingkup Ekologi dan Ekosistem, sejumlah pakar biologi pada abad  ke-18 dan 19 diketahui sudah mempelajari bidang-bidang yang kemudian termasuk dalam ruang lingkup ekologi. Anthony van Leeuwenhoek misalnya, yang dikenal atas studinya mengenai rantai makanan dan regulasi populasi. Selain itu, ribuan tahun lalu tokoh terkenal seperti Hippocrates, Aristoteles, dan para filsuf Yunani telah menulis beberapa materi yang sekarang termasuk dalam bidang ekologi.

Dalam buku Ekologi: Populasi, Komunitas, Ekosistem yang diterbitkan oleh Nurjati Press, dijelaskan kalau ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik (interaksi) antara organisme dengan alam sekitar atau lingkungannya. Ruang lingkup ekologi mencakup populasi, komunitas, ekosistem, hingga biosfer.

Berdasarkan pengertiannya yang menyatakan kalau ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara organisme dan lingkungannya, materi ini pun sangat berkaitan erat dengan ekosistem. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), terdapat istilah yang menjadi cabang ilmu ekologi.

Istilah tersebut yaitu ekologi ekosistem yang berarti analisis apabila dipandang berdasarkan sudut struktural dan fungsional, termasuk hubungan antara biotik dan abiotik. Sementara itu seperti dilansir dari The Ecological Society of America, ekologi adalah suatu ilmu yang berupaya mempelajari dan menjelaskan betapa pentingnya hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya, termasuk manfaat ekosistem untuk makhluk hidup.

Dari semua penjelasan di atas, bisa diambil satu kesimpulan kalau ekologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekologi punya peranan penting dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Sebab ruang lingkupnya meliputi populasi sampai ekosistem.

Konsep dan Ruang Lingkup Ekologi

Ekologi adalah ilmu yang mengulas tentang semua unsur dalam lingkungan. Termasuk di dalamnya yaitu organisme dan ekosistem.

Menurut Odum (1971) dalam buku Dasar Kesehatan Lingkungan (2019), menyebutkan bahwa ekologi adalah suatu studi yang mempelajari struktur dan fungsi ekosistem yang di mana manusia termasuk dalam bagian dari alam.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...