Pengertian Website Menurut Para Ahli, Beserta Jenis dan Fungsinya

Website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs yang terdapat dalam sebuah domain atau subdomain yang berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet.
Image title
7 Februari 2022, 10:05
Ilustrasi seseorang mengakses website. Website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs yang terdapat dalam sebuah domain atau subdomain yang berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet.
Pexels/cottonbro
Ilustrasi seseorang mengakses website

Era modern mempermudah manusia dalam melakukan banyak hal. Penemuan internet yang revolusioner mampu menghubungkan berbagai sektor secara daring. Kini, berbagai informasi tersedia dan dapat diakses menggunakan internet melalui website atau situs web.

Website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs yang terdapat dalam sebuah domain atau subdomain yang berada di dalam World Wide Web (WWW) di internet. Alasan seseorang mengunjungi website adalah karena konten yang tersedia di website tersebut. Contoh website adalah Google.com dan Facebook.com.

Penyebaran informasi melalui website sangat cepat dan mencakup area yang luas serta tidak dibatasi oleh jarak dan waktu. Oleh sebab itu, website merupakan sarana penting untuk mendapatkan dan mengelola informasi.

Pengertian Website Menurut Para Ahli

Terdapat sejumlah pengertian website menurut para ahli sebagai berikut.

Advertisement
  • Website adalah kumpulan halaman web yang saling terhubung dan seluruh file saling terkait. Web terdiri dari page atau halaman dan kumpulan halaman yang dinamakan homepage. Homepage berada pada posisi teratas dengan halaman-halaman terkait berada di bawahnya. Biasanya, setiap halaman di bawah homepage (child page) berisi hyperlink ke halaman lain dalam web (Gregorius, 2000).
  • Website merupakan fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh. Dokumen pada website disebut dengan web page dan link dalam website memungkinkan pengguna bisa berpindah dari satu page ke page lain (hypertext), baik antara page yang disimpan dalam server yang sama maupun server di seluruh dunia. Halaman dapat diakses dan dibaca melalui browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan lainnya (Hakim Lukmanul, 2004).
  • Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan komponen atau kumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara, dan animasi sehingga menarik untuk dikunjungi (Sholechul Azis, 2013).

Jenis-Jenis Website

Berdasarkan buku CMM Website Interaktif MCMS Joomla(CMS), jenis website dibagi berdasarkan sifat, tujuan, dan bahasa pemrograman. Jenis-jenis website berdasarkan sifatnya adalah:

  • Website dinamis, yaitu sebuah website yang menyediakan konten atau isi yang selalu berubah setiap saat. Contoh website dinamis adalah media berita daring.
  • Website statis, merupakan website yang contentnya sangat jarang diubah. Misalnya, profil organisasi dan sebagainya.

Berdasarkan tujuannya, jenis website dibedakan sebagai berikut:

  • Personal website, yaitu situs web yang berisi informasi pribadi seseorang.
  • Corporate web, merupakan website yang dimiliki perusahaan.
  • Portal website, yaitu website yang memiliki banyak layanan, seperti layanan berita, email, dan jasa-jasa lainnya.
  • Forum website, yaitu sebuat situs web yang bertujuan sebagai sarana diskusi pengunjungnya.
  • Selain itu, terdapat website pemerintah, e-banking, e-payment, e-procurement dan sebagainya.

Ditinjau dari segi bahasa pemrograman yang digunakan, jenis website dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Server side, merupakan website yang menggunakan bahasa pemrograman yang tergantung pada tersedianya server, seperti PHP, ASP, dan sebagainya. Jika tidak ada server, website yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.
  • Client side, yaitu website yang tidak membutuhkan server dalam menjalankannya, cukup diakses melalui browser.

Fungsi Website

Fungsi utama dari sebuah website adalah menyampaikan informasi. Dengan tersedianya informasi, website dapat digunakan untuk mengubah pengunjung menjadi prospek. Untuk mengubah pengunjung situs web menjadi prospek, pengelola website dapat menyediakan formulir agar pengunjung dapat menyampaikan alamat email dan informasi lainnya sehingga menjadi prospek yang teridentifikasi.

Prospek dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Beberapa perusahaan memiliki situs web dan menggunakan prospek untuk mengembangkan bisnis, menjangkau pelanggan dan audiens, dan pada akhirnya meningkatkan pendapatan perusahaan.

Selain itu, blogger pribadi dapat memanfaatkan situs web untuk berbagi informasi yang berguna dengan pembaca mereka sekaligus mendapatkan uang. Salah satu cara termudah dan paling umum untuk menghasilkan uang dari blogging adalah pemasaran afiliasi (affiliate marketing).

Melalui pemasaran afiliasi, blogger tidak perlu memiliki produk atau layanan yang ditawarkan. Blogger cukup mempromosikan produk orang lain di blog. Ketika seseorang melakukan pembelian melalui tautan yang disediakan, blogger akan mendapatkan komisi dari pembelian tersebut.

Adapun fungsi website secara umum dijelaskan dalam buku Sistem Informasi Peminjaman Ruangan sebagai berikut.

1. Fungsi Komunikasi

Situs web yang mempunyai fungsi komunikasi pada umumnya adalah situs web dinamis. Jenis situs web dinamis dibuat menggunakan pemrograman web (server side) sehingga fasilitas yang disediakan meliputi fungsi komunikasi, seberti web mail, form contact, chatting form, dan sebagainya.

2. Fungsi Informasi

Website yang menyediakan informasi menekankan kualitas konten yang disediakan karena itu merupakan tujuan utamanya. Fungsi informasi dalam sebuah website meliputi teks dan grafik yang dapat diunduh dengan cepat. Website berita merupakan contoh penerapan fungsi informasi.

3. Fungsi Hiburan

Situs web juga dapat memiliki fungsi hiburan. Penggunaan animasi, gambar, dan elemen yang bergerak dapat meningkatkan presentasi desain. Contohnya situs game online, film, musik, dan sebagainya.

4. Fungsi Transaksi

Situs web dapat dijadikan sarana transaksi bisnis berupa barang, jasa, dan sebagainya. Melalui fungsi transaksi, website menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu. Pembayaran dapat dilakukan menggunakan kartu kredit, transfer, atau membayar secara langsung.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait