Pemerintah Gandeng Korsel Bangun Akses Air Bendungan Karian

Ameidyo Daud Nasution
9 November 2017, 18:45
Jokowi Bendungan Karian
Biro Pers - Sekretariat Presiden
Jokowi meninjau pembangunan proyek Bendungan Karian di Banten, Rabu (4/10)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerjasama dengan Korea Selatan untuk membangun saluran air Waduk Karian. Saluran ini akan mengalirkan air waduk Karian menuju Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, dan DKI Jakarta.

Hari ini Kementerian PUPR dengan The Korea Water Resources Corporation atau K-water melakukan penandatangan kerja sama tersebut. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan dengan nota kesepahaman ini, tahap prastudi kelayakan akan segera diselesaikan bulan ini dan akan selesai Januari 2018.

"Jadi 2018 kami mulai pekerjaannya," kata Basuki di Jakarta, Kamis (9/11). (Baca: Jokowi Percepat Target Proyek Bendungan Terbesar Ketiga Indonesia)

Pembangunan saluran air ini dilakukan bersamaan dengan pengerjaan konstruksi Waduk Karian di Lebak, Banten. Dengan begitu, saat pembangunan waduk terbesar ketiga di Indonesia ini rampung, bisa langsung mengalirkan air bersih untuk masyarakat di tiga kota.

Skema pembangunan saluran air ini rencananya akan menggunakan model Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha KPBU. Basuki belum bisa memperkirakan berapa kebutuhan dana untuk proyek ini. "Untuk nilai proyeknya baru ketahuan nanti setelah studi kelayakan," kata Basuki.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...