Pengusaha Lega, Tak Ada Razia Dalam Demonstrasi Buruh 212

Ameidyo Daud Nasution
3 Desember 2016, 11:00
demo-buruh
KATADATA
demo-buruh

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Haryadi Sukamdani merasa lega demonstrasi buruh pada 2 Desember 2016 berjalan tertib. Awalnya para pengusaha khawatir aksi ini akan diwarnai dengan penyisiran atau sweeping buruh-buruh lain. Namun hal ini tidak terjadi.

"Ternyata bagus demonstrasinya, paling tidak menimbulkan kepercayaan (dunia usaha)," ujarnya kepada Katadata, Jumat (2/12). (Baca: Pengusaha Khawatir Razia Buruh pada Aksi 2 Desember)

Para buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) melakukan demonstrasi hari ini. Mereka menuntut pemerintah mencabut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang pengupahan. 

Mereka juga menuntut Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ditangkap. Aksi ini pun dilakukan pada hari yang sama dengan aksi umat islam yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI). 

(Baca: Pekerja Ikut Aksi 2 Desember, KSPI Ancam Mogok Nasional)

KSPI sempat mengancam akan melakukan mogok kerja nasional pada hari ini. Makanya ada kekhawatiran pengusaha yang tergabung dalam Apindo dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, bahwa para buruh akan melakukan sweeping dan memaksa buruh lain ikut aksi ini. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...