SKK Migas: Kendala Teknis Jadi Faktor Penghambat Lifting Migas

Anggita Rezki Amelia
18 Juli 2016, 13:07
skk migas
KATADATA
skk migas

Satuan Kerja Khusus Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) merasa tidak yakin target lifting migas tahun ini akan tercapai. Lembaga ini juga tidak bisa menjamin produksi migas bisa meningkat hingga akhir tahun.

Sekretaris SKK Migas Budi Agustiono mengatakan salah satu penyebab produksi migas ini sulit diprediksi adalah faktor teknis dari setiap sumur. Kondisi aspek bawah permukaan (subsurface) sumur sulit untuk ditebak.

"Sama seperti manusia, sumur kalau musim hujan juga bisa flu. Ibarat subsurface ini berpori dan bernafas juga," kata Budi di Jakarta, Senin (18/7).  (Baca: SKK Migas: Target Lifting Minyak Tahun Ini Tidak Akan Tercapai)

Selain terkait kendala teknis, Budi mengakui hal nonteknis juga ikut mempengaruhi kinerja hulu migas. Seperti hambatan dari stakeholder atau pemerintah daerah yang mengeluhkan dampak dari kegiatan industri migas di suatu wilayah.

Menurut Budi, keluhan ini terkait polusi debu dan lahan pertanian masyarakat yang terganggu akibat kegiatan operasional migas. Alhasil, dengan keluhan ini masyarakat meminta kompensasi kepada kontraktor migas.

Meski kontraktor sudah mengeluarkan dana untuk program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR), kontraktor masih harus mengeluarkan dana lain terkait keluhan ini. Hal ini dianggap bisa membebani keuangan perusahaan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...