Pertamina akan Tindaklanjuti Potensi Minyak 5 Miliar Barel di Buton

Mela Syaharani
24 April 2024, 12:21
Pertamina, minyak, cadangan minyak, cadangan migas
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Pertamina akan tindaklanjuti npotensi minyak 5 miliar barel di Buton, Sulawesi Tenggara.
Button AI Summarize

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) mengatakan masih terus menjalankan kegiatan eksplorasi masif, salah satunya dengan melaksanakan akuisisi seismik di Area Buton, Sulawesi Tenggara. Hal ini terkait potensi minyak yang disebut mencapai 5 miliar barel di lapangan tersebut.

“Dari hasil akuisisi seismik tersebut akan diperoleh data subsurface sebagai gambaran awal menarik atau tidaknya daerah tersebut,” kata Corporate Secretary PHE, Arya Dwi Paramita kepada Katadata.co.id pada Rabu (24/4).

Sebagai informasi, pada Jumat (19/4) Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan Area Buton ini memiliki potensi cadangan minyak yang cukup besar. Kembali membahas subsurface, data tersebut kemudian akan dievaluasi secara komprehensif untuk menghasilkan prospek siap bor yang kemudian diperlukan suatu pembuktian dengan melakukan pengeboran eksplorasi.

“Jika hasil pengeboran eksplorasi tadi memberikan hasil discovery maka eksplorasi akan melanjutkan evaluasi hingga diperoleh struktur yang siap diserahkan kepada tim development untuk dapat dikembangkan dan diproduksikan sehingga dapat berstatus aktif,” ujarnya.

Senada, Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso juga mengatakan bahwa PHE gencar melakukan eksplorasi untuk menemukan sumber migas baru. 

“Untuk Buton kami sudah melakukan survei seismik beberapa waktu lalu. Kami akan tindaklanjuti arahan dari Menteri ESDM,” kata Fadjar kepada Katadata.co.id pada Senin (22/4).

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...