BTS: Album dan Biodata Lengkap 7 Member Bangtan Sonyeondan

BTS, siapa sih yang tidak kenal dengan boy group Kpop ini semakin naik daun seiring dengan rentetan prestasi yang diraihnya. Seperti apa potret dari para personilnya? Simak penjelasan berikut ini
Image title
9 Juni 2021, 18:25
Foto para member BTS, BTS, BTS member, v bts, jimin bts, suga bts, rm bts, jin btsjungkook btsvlive bts, foto bts, gambar bts, army bts, album bts, lagu bts
ibighit.com
Foto para member BTS

BTS, siapa sih yang tidak kenal dengan boy group asal Korea Selatan ini. Namanya semakin naik daun seiring dengan rentetan prestasi yang diraihnya selama berkecimpung di industri musik korea atau K-Pop.

Baru-baru ini boy group yang kini berada dibawah naungan Big Hit Musicini telah berhasil membawa pulang piala dari Billboad Music Awards 2021. Grup K-pop yang memiliki nama fans Army ini,  berhasil mendapatkan penghargaan pada kategori Top Duo/Group, Top Song Sales Artist, dan Top Social Artist. Penghargaan tersebut membuat nama BTS semakin melambung tinggi di tengah industri musik dunia.

Sekalipun nama BTS sudah sangat dikenal, nyatanya masih ada orang yang belum mengetahui sebenarnya apa sih arti dari BTS dalam bahasa Indonesia? Simak penjelasan berikut ini seputar BTS dan para profil lengkap personilnya.

Apa Arti BTS dalam Bahasa Indonesia?

Menilik pada website resmi dari Big Hit Entertaiment, agensi yang menaungi boy group ini, BTS merupakan akronim dari Bangtan Sonyeondan atau Beyond The Scene. Secara harfiah Bangtan Sonyeondan dapat diartikan sebagai Bulletproof Boy Scouts yang jika didefinisikan lebih jauh mengandung arti bahwa BTS akan memblokir stereotip, kritik, serta harapan yang menargetkan para remaja. Selayaknya peluru serta akan melindungi nilai dan cita para remaja pada saat ini.

Beyond The Scene yang menjadi identitas mereka saat ini juga memberikan makna BTS merupakan anak muda yang bertumbuh dan mampu melampaui realitas dan bisa terus maju. Pesan positif dari nama BTS itu ternyata terwujud dalam bentuk karya dan prestasi yang ditorehkannya.

Boy group kebanggaan negeri gingseng ini sering mendapatkan penghargaan hingga di dunia internasional. Big Hit Entertaiment menyebutkan grup yang debut pada Juni 2013 ini sudah berhasil memecahkan rekor dunia yang jumlahnya tak terhitung. Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh RM dan kawan-kawan berhasil membawa pengaruh positif khususnya  penggemar. Kampanye Love My Self dan pidato “Speak Yourself” PBB menjadi bukti BTS bukan hanya idol K-Pop biasa, mereka adalah panutan untuk anak muda.

Pidato Speak Yourself yang dibawakan perwakilan BTS dalam acara pertemuan Majelis Umum PBB ke-73 pada 2018, sempat menjadi perbincangan karena isinya sangat menyentuh hati. Leader BTS, RM, menyampaikan pidato apiknya didepan seluruh delegasi PBB selama kurang lebih 6 menit.

Secara ringkas pidatonya berisi ajakan kepada anak muda untuk mulai mencintai diri sendiri meski mungkin pernah melakukan kesalahan di masa lalu. Keyakinan pada diri sendirilah yang akan membawa kita semua bisa menggapai cita-cita yang diharapkan.

Beberapa penghargaan lainnya juga muncul dari album dan lagu yang dibawakannya. Mereka bahkan sudah menduduki puncak tangga lagu di Billboard Hot 100 sebanyak tiga kali dalam 1 tahun. BTS juga mendapatkan penghargaan sebagai TIME’s Entertainer of the Year pada 2020. Grammy Awards ke-63 juga memasukkan BTS dalam nominasi  Best Pop Duo/Group. Grup yang beranggotakan tujuh pria tampan ini juga berhasil mendapatkan penghargaan di ajang musik bergengsi internasional, Billboard Music Awards, American Music Awards, dan MTV Video Music Awards.

Seperti kata pepatah “nama adalah doa”, nampaknya Bangtan Sonyeondan atau Beyond The Scene benar-benar menjadi doa yang kini sudah dikabulkan. BTS membuktikan mereka dapat terus maju dan melampaui realita dalam menggapai mimpi dan cita-cita.

BTS merupakan idol yang ramah dengan penggemarnya. Selain menyajikan karya lewat berbagai lagu, album dan foto BTS, mereka juga sering menyapa para Army salah satunya melalui Vlive BTS. Interaksi yang baik antara idol dengan fansnya membuat nama BTS selalu menjadi bahan perbincangan di antara para Army.

Daftar Album dan Judul Lagu BTS

Karya adalah hal yang paling ditunggu-tunggu dari seorang idola. Begitupun dengan Bangtan Boys yang comeback-nya selalu ditunggu-tunggu jutaan Army di dunia. Sejak 2013 sampai 2021 BTS sudah banyak menghasilkan album dan karya populer yang memiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri. Berikut ini daftar album dan judul lagu BTS:

Tahun 2013

Titik awal perjalanannya panjang BTS. Di tahun ini, mereka mengeluarkan 1 singel album dan 1 mini album beserta beberapa lagu yang ada didalamnya. Berikut daftar lengkapnya:

Ist Singel Album: 2 Cool 4 Skool

Album ini menjadi album pertama Bangtan yang rilis pada 13 Juni 2013. Di dalam album ini terdapat 9 lagu dengan judul sebagai berikut:

  1. INTRO: 2 Cool 4 Skool (Ft. DJ Friz)
  2. We Are Bulletproof Pt 2
  3. SKIT: Circle Room Talk
  4. No More Dream
  5. Interlude
  6. I Like It
  7. OUTRO: Circle Room Cypher
  8. Talk
  9. Path

1st Mini Album: O!RUL8,2?

Masih di tahun yang sama, BTS kembali “comeback” dengan mini album yang dirilis pada 11 September yang berisi sekitar 10 judul lagu. Berikut ini daftar lagu-lagu tersebut:

  1. INTRO: O!RUL8,2?
  2. O
  3. We On
  4. SKIT: R U Happu Now?
  5. If I Ruled The Word
  6. Coffee
  7. BTS Cypher Pt. 1
  8. Attack on Bangtan
  9. Satoori Rap
  10. OUTRO: Luv In Skool

Tahun 2014

2nd Mini Album: Skoll Luv Affair

Setelah sukses dengan mini album pertamanya, Bangtan Boys kembali mengeluarkan mini album kedua pada 2014, tepatnya di 12 Februari. Berikut list judul lagu yang ada di dalam 2nd Mini Album Skool Luv Affair:

  1. INTRO: Skool Luv Affair
  2. Boy In Luv
  3. SKIT: Soulmate
  4. Where Did You Come From?
  5. Just One Day
  6. Tomorrow
  7. BTS Cypher Pt 2: Triptych
  8. Spine Breaker
  9. Jump
  10. OUTRO: Propose

REPACKAGE: Skool Luv Affair Special Edition

Album kedua di tahun 2014 ini rilis pada 14 Mei dengan 12 lagu yang terdiri atas 10 lagu yang sama di album 2nd Mini Album: Skoll Luv Affair dan tambahan 2 lagu baru yaitu Miss Right dan Slow Jam Remix.

1st Japan Singel Album: No More Dream

Selain album dan lagu berbahasa Korea, V BTS dan teman-teman juga meluncurkan album dan lagu berbahasa Jepang. No More Dream merupakan judul dari singel album berbahasa Jepang pertama yang dikeluarkan oleh BTS pada 4 Juni 2014. Didalamnya terdapat tiga lagu yaitu No More Dream (versi Jepang), Attach on Bangtan (versi Jepang), dan I Like It (versi Jepang).

2nd Japan Singel Album: Boy In Luv

Singel album berikutnya yang dirilis pada 16 Juli dibuat dalam bahasa Jepang yaitu Boy In Luv. Sama dengan singel album bahasa Jepang sebelumnya, singel album ini juga hanya ada tiga lagu. Ketiga lagu tersebut yaitu Boy In Luv, N.O, dan Just One Day.

1st Album: Dark & Wild

Tanggal 19 Agustus, Bangtan kembali comeback dengan album bertajuk Dark & Wild yang diisi dengan 14 lagu. Berikut ini daftar ke 14 lagu tersebut:

  1. INTRO: What Am I To You
  2. Danger
  3. War Of Hormones
  4. Hip Hop Lover
  5. Let Me Know
  6. Rain
  7. BTS Cypher Pt 3: Killer ft Supreme Boi
  8. INTERLUDE: What Are You Doing
  9. Could You Turn Off Yout Phone Please
  10. Blanket Kick
  11. 24/7= Heaven
  12. Look At Me
  13. 2n Grade
  14. Does That Make Sense?

1st Japanese Album: Wake Up

Wake Up menjadi album Jepang pertama yang dimiliki Suga BTS dan kawan-kawan. Album ini rilis pada 24 Desember dengan tiga tipe yaitu Type A, Type B, dan Normal Version. Berikut ini daftar lagu yang terdapat di album Wake Up:

  1. INTRO
  2. The Stars
  3. Jump
  4. Danger
  5. Boy In Luv
  6. Just One Day
  7. I Like It
  8. I Like It part 2
  9. No More Dream
  10. Attact on Bangtan
  11. O
  12. Wake Up
  13. OUTRO

Tahun 2015

3nd Mini Album: The Most Beautiful Moment In Life pt 1.

Seakan enggan membuat penggemarnya menunggu lebih lama, 29 April 2015 Bangtan kembali hadir dengan karya terbarunya dalam bentuk mini album berjudul The Most Beautiful Moment In Life pt 1. Beberapa lagu yang terdapat di album ini sebagai berikut:

  1. INTRO: The Most Beautiful Moment In Life
  2. I Need U
  3. Hold Me Tight
  4. SKIT: Expectation
  5. Dope
  6. Boyz With Fun
  7. Converse High
  8. More
  9. Love Is Not Over

4th Japan Singel Album: For You

Tak puas dengan 3 singel album Jepangnya, pada 17 Juni 2015 BTS kembali mengeluarkan singel album Jepang dengan tajuk For You. Di dalam singel album ini terdapat tiga lagu utama yaitu For You, War Harmone (Japan Ver.), dan Let Me Know (Japan Ver.).

4th Mini Album: The Most Beautiful Moment In Life pt 2.

Jika pada bulan April mengeluarkan mini album ketiganya, maka pada tahun yang sama 30 November, Bangtan kembali merilis mini album yang diberi judul 3nd Mini Album: The Most Beautiful Moment In Life pt 2. Di dalam mini album ini terdapat 9 lagu yaitu Never Mind, Run, Butterfly, Whalien 52, Ma City, Silver Spoon, One Night In A Stranger City, Auntum Leaves, dan House of Cards.

5th Japan Singel Album: I NEED U

Menjelang akhir tahun, tepatnya pada 8 Desember, Boy Group dengan member termuda Jungkook, kembali meluncurkan singel album Jepang kelimanya yang berjudul I NEED U. Di dalam singel album ini terdapat tiga lagu yaitu I NEED U (Japanese Ver.), DOPE (Japanese Ver.), dan Boyz With Fun (Japanese Ver.)

Tahun 2016

6th Japan Singel Album: RUN

Setelah sukses dengan beberapa lagu dan album pada tahun 2015, Maret 2016 tepatnya pada tanggal 16, Bangtan kembali merilis Japan Singel Album yang ke-6 dengan judul Run. Di dalam singel album ini terdapat tiga lagu dengan judul Run (Japanese Ver.), Butterfly (Japanese Ver.), dan Good Day.

Special Album: The Most Beautiful Moment In Live Young Forever

Spesial album BTS dengan judul The Most Beautiful Moment In Live Young Forever rilis pada 2 Mei 2016, dengan dua versi yakni CD 1 dan CD2. Pada CD 1 diisi dengan lagu-lagu BTS yang sebenarnya sudah ada di beberapa album sebelumnya seperti I NEED You, Hold Me Tight, Dope, Run, Ma City, Auntumn Leaves, dan beberapa lagu hits lainnya. Sementara itu pada versi kedua atau pada CD 2 diisi dengan lagu BTS seperti Converse High, Butterfly, Love Is Not Over, dan beberapa lagu hits yang dimiliki Bangtan dengan berbagai versi yang membuatnya semakin menarik.

2nd Japanese Albun: Youth

Masih di tahun yang sama tepatnya pada 7 September. Album Jepang ke dua dari Bangtan Boys lahir. Dalam album ini terdiri atas 13 lagu yaitu; Youth, Run, Fire, Dope, Good Day, Save Me, Boyz With Fun, Wishing On A Star, Baepsae, Butterfly, For You, I Need U, Dan Young Forever.

2nd Album: WINGS

Album BTS yang kedua rilis pada 10 Oktober 2016. Pada album dengan tajuk Wings ini terdapat 15 lagu dan 4 versi yaitu W, I, N, G. Lagu-lagu yang terdapat di album ini adalah Boy Meets Evil, Blood Sweat & Tears, Begin, Lie, Stigma, First Love, Reflection, MAMA, Awake, Lost, BTS Cypher 4, Am I Wrong, 21st Century Girl, Two! Three! (Because We Have More Better Days), Wings.

Tahun 2017

The Best Of BTS

Pada 6 Januari Bangtan Boys mengeluaran The Best Of BTS yang berisi lagu BTS yang populer.  The Best Of BTS  terdapat dua versi yakni Korea dan Jepang. Keduanya berisi lagu-lagu BTS yang terdapat di album sebelumnya,

EXTENSION: Wings You Never Walk Alone

Pada 13 Februari BTS merilis Wings You Never Walk Alone yang berisi beberapa lagu terkenal yang telah dikeluarkan pada album BTS sebelumnya. Lagu-lagu tersebut diantaranya yaitu Begin, Lie, First Love, Awake, Am I Wrong, MAMA, dan beberapa lagu hits lainnya.

7th Japan Singel Album: Blood Sweat & Tears

Pada 10 Mei 2017 Boy Group yang dipimpin RM, kembali merilis singel album Jepang yang ke-7. Terdapat tiga lagu yang dinyanyikan dalam bahasa Jepang yaitu Blood Sweat and Tears, Not Today, dan Sping Day.

5th Mini Album: Love Yourself

Selesai dengan singel album Jepang, kini BTS hadir dengan mini album kelimanya yaitu Love Yourself. Disana terdapat beberapa lagu yang kemudian hingga saat ini masih sering diputar dan dinyanyikan pada beberapa kesempatan. Lagu-lagu tersebut diantaranya; Serendipity, DNA, Best Of Me, Dimple, Pied Piper, dan Go Go Go, Sea.

8th Japan Singel Album

Nampaknya Army Jepang sering mendapatkan kejutan dari boy group satu ini. Seakan menjadi kado akhir tahun, pada 6 Desember BTS kembali mengeluarkan Japan Singel Album yang ke 8. Singel album ini diisi dengan tiga lagu yang dibawakan dalam versi Jepang yaitu MIC Drop, DNA, dan Crystal Snow.

Tahun 2018

3rd Japanese Album: Face Yourself

Face Yourself dirilis pada 4 April 2018. Album Jepang ke-3 ini berisikan beberapa lagu BTS yang sudah populer sebelumnya, kemudian dibawakan dengan menggunakan versi Jepang. Beberapa lagu tersebut diantaranya: DNA, MIC Drop, Go Go, Crystal Snow, dan Spring Day.

2rd Album: Love Yourself

Selain mengeluarkan Album Jepang ke-3, pada 2018 Album BTS yang ketiga juga dirilis tepatnya pada 18 Mei. Lagu-lagu yang terdapat di album ketiga ini diantaranya:

  • Singularity
  • Fake Love
  • The Truth Untold ft Steve Aoki
  • 124340
  • Paradise
  • Love Maze
  • Magic Shop
  • Airplane pt 2
  • Anpanman
  • So What
  • Tear

REPACKAGE: Love Yourself

Pada 24 Agustus Army kembali diberi kejutan dengan hadirnya repackage dari album Love Yourself. Kali ini muncul 4 versi yaitu S, E, L, F. Didalam versi tersebut diisi dengan lagu-lagu yang terdapat pada labum Love Yourself dan album BTS sebelumnya.

9th Japan Singel Album

Singel album Jepang ke 9 dari BTS dirilis pada tanggal 9 November dengan menghadirkan 4 lagu didalamnya. Lagu-lagu tersebut yaitu; Fake Love, Airplane pt 2, Idol, dan Fave Love dengan versi Remix.

Tahun 2019

6th Mini  Album: Map Of The Soul: PERSONA

12 April menjadi hari yang ditunggu para Army karena pada hari itu BTS kembali rilis mini album dengan tajuk PERSONA. Salah satu lagu di mini album tersebut, bahkan BTS berkolaborasi dengan musisi dunia Halsey. Beberapa lagu yang terdapat dalam mini album ini adalah Persona, Boy With Luv ft. Halsey, Mikrokosmos, Make It Right, Home, Jamais Vu, dan Dionysus.

BTS World OST

Tanggal 28 Juni, BTS merilis BTS World OST yang berisi beberapa lagu. Yang membuat, ada 7 lagu yang secara khusus dinyanyikan oleh member BTS. Seperti Captain (Namjoon Theme), Cake Waltz (Jimin Theme), Shine (Yoongi Theme), Not Alone (Jungkook Theme), Friends (Hoseok Theme), Flying (Taehyung Theme), Wish (Seokjin Theme) dan beberapa lagu bagus lainnya.

10th Japan Singel Album

Singel album Jepang yang ke 10 rilis pada 3 Juli dengan berisi tiga lagu BTS. Lagu-lagu tersebut adalah Lights, Boy With Luv, dan IDOL.

Tahun 2020

4th Album: Map Of The Soul: 7

Album BTS yang ke-4 rilis pada 11 Februari 2021. Terdapat 4 versi yang diberi nama veris 1, 2, 3, dan 4. Terdapat 20 lagu didalam album ini, diantara lagu-lagu tersebut yaitu Persona, Make It Right, Boy With Luv, ON, Filter, dan 15 lagu keren lainnya.

4th Japanese Album: Map Of The Soul: 7

Selain album dengan versi Korea, pada tahun yang sama BTS juga merilis Map Of The Soul dengan versi Jepang pada 15 Juni. Terdapat 13 lagu yang terdapat di album Jepang tersebut. Beberapa lagu hits yang ada di album tersebut yaitu Boy With Luv, ON, IDOL, dan 10 lagu lainnya.

Singel: Dynamite

Dynamite bts
Tampilan Cover Singel Dynamite BTS (ibighit.com)

 

Selain album, mini album, dan singel album, BTS juga merilis singel. Tahun 2020 tepatnya pada 21 Agustus BTS merilis singel yang berujudl Dynamite. Lagu ini sangat booming dan membuat nama BTS semakin terkenal.

BE

Pada 20 November BTS merilis BE. Didalam BE terdapat beberapa lagu bisa didengarkan penggemarnya. Lagu-lagu tersebut diantaranya: Life Goes O, Fly To My Room, Blue & Grey, SKIT, Telepathy, Dis-ease, Stay, dan Dynamite.

Tahun 2021

Singel: Butter

Tahun ini Army dapat menyaksikan kembali idolanya membawakan lagu terbarunya. Lagu yang rilis pada 21 Mei 2020 ini berjudul Butter. Singel ini menjadi salah satu obat rindu para Army yang sudah menanti lama comeback dari Bangtan Boys.

Biodata Lengkap Member BTS

Bangtan Sonyeondan terdiri atas 7 member yang memiliki bakat dan pesonanya masing-masing. Berikut ini ulasan mengenai biodata dari BTS member tersebut.

1. RM BTS

rm bts
Foto RM BTS (ibighit.com)

 

Member pertama adalah RM atau yang memiliki nama lengkap Kim Nam Joon. Lahir di Ilsan, Geyonggi-Do pada 12 September 1994. Posisinya di BTS sebagai leader sekaligus Main Rapprer. Pria tampan dengan tinggi 181 cm dan berat badan 67 kg ini selalu tampil berwibawa selayaknya seorang leader.

2. Jin BTS

jin bts
Foto Jin BTS (ibighit.com)

 

Member berikutnya yaitu Jin atau Kim Seok Jin. Posisi di BTS sebagai Vocalist dan Visual. Ia lahir di Anyang pada 4 Desember 1992. Jin yang memiliki tinggi badan 179 cm dan berat badan 63 kg ini memiliki hobi memasak, bermain video games, dan selfie. Wah siapa nih Army yang mau dimasakain Jin?

3. Suga BTS

suga bts
Foto Suga BTS (ibighit.com)

 

Min Yoon Gi atau yang lebih dikenal sebagai Suga memegang posisi sebagai lead rapper di BTS. Ia lahir di Daegu pada 9 Maret 1993. Dengan tinggi badan 174 cm dan berat badan 59 kg ternyata Suga BTS memiliki hobi salah satunya yaitu bermalas-malasan saat ada waktu luang.

4. J-Hope BTS

Jhope bts
Foto Jhope BTS  (ibighit.com)

 

J-Hope atau Jung Ho Seok yang lahir di Gwangju, 18 Februari 1994 ini memegang tiga posisi sekaligus di BTS yakni sebagai Main Dancer, Rapper, dan Sub Vocalist. Ia memiliki tinggi badan 177 cm dan berat 65 kg. J-Hope mengaku memiliki hobi mendengarkan musik untuk menghabiskan waktu luangnya.

5. Jimin BTS

jimin bts
Foto Jimin BTS (bighit.com)

 

Park Ji Min atau Jimin  merupakan main dance dan lead vocalist di grup ini. Lahir di Busan, 13 Oktober 1995, Jimin memiliki berat badan 61 kg dan tinggi badan 173,6 cm. Jimin memiliki hobi yang cukup unik yaitu relaksasi ketika ada waktu luang.

6. V BTS

v bts
Foto V BTS  (ibighit.com)

 

V merupakan member BTS yang terkenal sebagai member paling tampan. Foto atau gambar BTS V banyak dicari. V atau Kim Tae Hyung memegang posisi sebagai Lead Dance, Vocalist, dan Visual di grup ini. Dia lahir di Daegu pada 20 Desember 1995. V memiliki tinggi badan 178 cm dan berat badan 62 kg. Sebagai idol, ia juga memiliki hobi mencari dan mendengarkan musik yang tak semua orang tahu. Ia juga memiliki hobi bermain komputer.

7. Jungkook BTS

jk bts
Foto Jungkook BTS (ibighit.com)

 

Jeon Jeong Guk atau Jungkook BTS merupakan maknae atau member paling muda di grup ini. Dia lahir di Busan, 1 September 1997 dan memegang posisi sebagai main vocalist, lead dance, sub rapper, dan tentu saja maknae. Pria dengan tinggi badan 178 cm dan berat badan 66 kg ini memiliki hobi menggambar.

Berapa Tahun Kontrak BTS?

BTS merupakan idol yang bernaung pada agensi besar di Korea Selatan, yang kini bernama Big Hit Music. Sebenarnya kontrak BTS di agensi tersebut sudah berakhir pada 13 Juni 2020, namun tenggat waktu tersebut telah berubah karena pada Oktober 2018 mereka sudah memperbaharui kontrak sampai 7 tahun ke depan.

Big Hit dan BTS tidak secara gamblang menerangkan mekanisme kerja mereka termasuk soal kontrak. Karena hal tersebut dapat menyulutkan kesedihan para Army. Namun dengan performa dan prestasi BTS, kemungkinan untuk perpanjangan kontrak akan selalu ada.

Kapan Army BTS Dibentuk?

Dibalik kesuksesan idol pasti ada penggemar yang setia memberikan dukungan dan menemani perjalanan para idol. Begitupun dengan BTS. Karir BTS yang terus meroket tentu saja tidak lepas dari kerja keras para Army. Siapa sih Army itu dan mengapa sangat berjasa bagi BTS?

Army merupakan sebutan untuk para penggemar dari Bangtan Boys. Army atau Adorable Representative M.C for Youth pertama kali dibentuk pada  9 Juli 2013. Nama Army dipilih hasil dari diskusi para member sebulan setelah debut BTS.

Fanpage dengan logo perisai ini memang terkenal sangat setia dan selalu siap pasang badan untuk mendukung idolanya dalam hal apapun. Jumlah Army sudah sangat banyak. Army adalah kekuatan bagi BTS. Army yang selalu menemani proses panjang perjalanan karir BTS. Makanya BTS sangat ramah dan begitu menghargai fans-nya.

Para member sering menyapa fans-nya, meski hanya melalui kanal sosial media seperti pada beberapa vlive BTS atau sosial media lainnya seperti melalui aplikasi Weaverse yang sengaja dibuat khusus oleh Hybe Corporation untuk kepentingan komunikasi antara fans dengan idol yang berada dibawah naungannya .

Walaupun tidak bisa berinteraksi secara langsung, banyak Army yang merasa cukup bahagia dan merasa dekat bila idolnya mengunggah update keseharian dalam video atau foto BTS di sosial media, kedekatan emosional tersebut yang membuat mereka layak disebut sebagai pihak yang berjasa dalam perjalanan karir BTS.

Tanpa adanya dukungan penuh dari Army mungkin saja BTS tidak akan sebesar sekarang. Sadar akan hal tersebut, membuat BTS terus berusaha memberikan yang terbaik untuk para Army lewat karya dan prestasi yang mereka torehkan.

Demikian ulasan lengkap dari Bangtan Sonyeondan atau BTS yang namanya tengah banyak menjadi bahan perbincangan. Banyak hal yang bisa menjadi bahan pembelajaran dari boy group ini, salah satunya yaitu kerja keras dan keuletan mereka dalam meraih mimpi. Kesuksesan yang mereka dapatkan saat ini tentu saja karena mereka tidak pernah lelah kerja keras dan latihan dari waktu ke waktu.

Bagaimana? Setelah membacanya apakah Anda kini sudah menjadi seorang Army BTS? Jika Anda merupakan army, maka jadilah penggemar yang baik yang selalu mendukung idolanya dalam melahirkan karya-karya terbaik yang bisa dinikmati siapa saja. Selalu menghadirkan energi positif agar idola Anda tetap semangat dalam berkarir di industri K-pop yang terkenal sangat keras.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait