Menteri ESDM Berkomitmen Mendorong Pengelolaan Minerba Berkelanjutan

Image title
23 Juni 2021, 12:24
menteri esdm, esdm, minerba, mineral dan batu bara, mineral, pertambangan, hilirisasi, hilirisasi tambang
ANTARA FOTO/Didik Setiawan/wpa/hp.
Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyatakan komitmennya untuk mendorong adanya pengelolaan sektor mineral dan batu bara (minerba) secara berkelanjutan. Mengingat sektor ini masih memegang peranan penting, tidak hanya sebagai sumber pendapatan nasional saja.

Oleh sebab itu, pemerintah akan memprioritaskan peningkatan nilai tambah sektor mineral dan batu bara melalui hilirisasi. Misalnya seperti pemanfaatan unsur tanah jarang, kemudian pemanfaatan komoditas nikel untuk bahan baku baterai dan kegiatan sirkular ekonomi di sektor pertambangan.

"Sehingga bahan galian tidak hanya sebagai komoditas penerimaan negara tetapi juga sebagai suplai dalam mengembangkan industri dalam negeri," kata Arifin dalam diskusi secara virtual, Rabu (23/6).

Percepatan hilirisasi di sektor mineral salah satunya untuk mendukung program kendaraan listrik. Indonesia sudah membentuk holding BUMN baterai yang dapat menjadi entitas rantai pasok produksi dari hulu hingga hilir.

"Indonesia ditargetkan menjadi pemasok baterai EV pada tahun 2025," ujarnya.

Untuk smelter, Indonesia sendiri menargetkan pembangunan 53 smelter hingga tahun 2024. Adapun hingga saat ini realisasinya baru mencapai 19 smelter dan sebagian besar digunakan untuk pengolahan nikel.

Sedangkan di sektor batu bara, pemerintah mendesak proyek gasifikasi batu bara menjadi dimethyl ether (DME) dapat segera dikembangkan. Supaya sektor batu bara dapat digunakan sebagai bahan baku industri atau sumber energi yang lebih ramah lingkungan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...