Serapan Belum Optimal, Industri Minta Harga Gas Khusus Diperluas

Image title
24 Juni 2021, 15:50
harga gas, gas, harga gas khusus, harga gas industri, industri, kementerian perindustrian, kementerian esdm
ANTARA FOTO/Aji Styawan
Pipa gas.

Kementerian Perindustrian mengungkapkan para pengusaha meminta agar kebijakan harga gas khusus untuk industri sebesar US$ 6 per juta British Thermal Unit (MMBTU) dapat diperluas. Saat ini baru tujuh sektor industri saja yang mendapatkan harga gas khusus ini.

Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil Kementerian Perindustrian Fridy Juwono mengatakan telah mengajukan tambahan 13 sektor industri ke Kementerian ESDM. Terutama untuk mendapatkan harga gas khusus.

Advertisement

Usulan tersebut mencakup harga gas khusus untuk 80 perusahaan dengan volume 104 hingga 169 miliar british thermal unit per hari (billion british thermal unit per day/BBTUD). Sementara untuk tujuh sektor yang sudah menerima harga gas khusus yakni sebanyak 102 perusahaan dengan jumlah kontrak 131 hingga 136 BBTUD.

"Memang ada permintaan juga dari teman-teman lain. Tidak bisa hanya 7 sektor industri. Bagaimana sektor industri lain? Kami sudah ajukan," katanya dalam diskusi secara virtual, Kamis (24/6).

Dia menyadari serapan gas bumi oleh industri saat ini belum maksimal sekalipun telah mendapat harga gas US$ 6 per MMBTU. Adapun penyerapan gas bumi oleh industri pada tahun lalu baru mencapai 77%,  hal ini terjadi lantaran masa pandemi covid-19.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement