25 Nama Bayi Laki-Laki Jawa Tiga Suku Kata, Keren, dan Penuh Makna

Berikut ini beberapa nama bayi laki-laki Jawa tiga suku kata yang penuh makna.
Image title
30 Juni 2021, 17:15
nama bayi laki-laki, nama bayi laki-laki jawa, nama bayi, nama bayi laki-laki keren, nama bayi laki-laki jawa tiga suku kata, nama bayi laki-laki penuh makna, nama bayi laki-laki jawa dan artinya
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/hp.
Ilustrasi bayi laki-laki

Apakah Anda sedang mencari nama bayi laki-laki? Jika anda masyarakat Jawa atau keturunan suku Jawa, memberikan nama dengan unsur bahasa Jawa atau kebudayaan Jawa mungkin menjadi kebanggaan tersendiri. Nama juga merupakan sebagai doa, panggilan, dan harapan untuk anak tersebut.

Unsur bahasa Jawa ternyata sangat unik dan berbeda dengan bahasa lainnya. Sehingga jika seorang anak diberi nama dengan menggunakan unsur bahasa Jawa akan menjadi unik, berbeda, dan penuh makna. Berikut ini beberapa nama bayi lak-laki Jawa tiga suku kata yang penuh makna.

Nama Bayi Laki-Laki Jawa dan Artinya

1. Abimanyu Gading Giandra

Nama bayi laki-laki pertama, yaitu Abimanyu Gading Giandra. Abimanyu memiliki arti tidak takut kesulitan. Gading memiliki arti kuat atau kokoh. Giandra memiliki makna sentosa dan pintar. Sehingga makna Abimanyu Gading Giandra adalah anak laki-laki yang tidak takut keseulitan, kuat, kokoh, pintar, dan hidup sentosa.

2. Aditya Bhanu Bagaskara

Rekomendasi nama selanjutnya yaitu Aditya Bhanu Bagaskara. Aditya memiliki arti matahari, Bhanu berarti sinar atau cahaya terang, dan Bagaskara berarti matahari bersinar. Sehingga nama tersebut menjadi sebuah pengharapan agar anak memiliki hidup yang cerah dan bersinar.

3. Birawa Anarghya Aradhana

Nama selanjutnya, Birawa Anarghya Ardhana. Nama Birawa memiliki arti dahsyat atau hebat. Anarghya berarti tidak ternilai harganya atau sangat berharga. Aradhana berarti perdamaian. Sehingga makna Birawa Anarghya Ardhana adalah anak laki-laki yang hebat, sangat berharga, dan membawa perdamaian kepada sesamanya.

4. Arjuna Fusena Cakrawangsa

Arjuna merupakan tokoh wayang dari pandawa lima yang berani, gagah, dan tampan. Fusena berarti perpaduan kilauan cahaya atau bisa juga diartikan sebagai bercahaya. Cakrawangsa berarti keluarga cerdas atau bisa diartikan orang yang memiliki kecerdasan. Nama tersebut kemudian bisa diartikan sebagai anak laki-laki yang berani, gagah, tampan, bercahaya, dan cerdas.

5. Dhika Buwana Bramantya

Nama anak laki-laki Jawa selanjutnya, Dhika Buwana Bramantya. Dhika memiliki arti anak laki-laki yang diberi kelebihan. Buwana berarti orang yang benar, dan Bramantya berarti semangat. Jika ketiga nama tersebut digabung, berarti anak laki-laki yang diberi kelebihan, selalu menjunjung kebenaran dan hidup dengan penuh semangat.

6. Danurdara Cakra Mahajana

Danurdana memiliki arti yang diharapkan menjadi orang yang kaya ilmu. Cakra berarti melindungi dan Mahajana terkenal. Sehingga nama bayi laki-laki penuh makna ini mengandung harapan anak laki-laki tersebut akan menjadi orang yang berilmu, bisa melindungi orang-orang disekitarnya, dan menjadi orang terkenal dengan kebaikan dan prestasinya.

7. Nehan Nawang Nugroho

Nama bayi laki-laki Jawa tiga suku kata selanjutnya yaitu Nehan Nawang Nugroho. Nama ini tidak hanya bermakna, tapi juga unik. Anda bisa memanggil anak laki-laki anda dengan nama Nehan. Nehan memiliki arti merasa bahagia, Nawang berarti orang yang bijaksana, dan Nugoroho berarti anugerah Tuhan. Sehingga makna nama tersebut adalah anak laki-laki yang merupakan anugrah Tuhan yang hidupnya penuh dengan kebahagiaan dan bisa menjadi pribadi yang bijaksana.

8. Manggala Eka Gentamas

Manggala memiliki arti panglima atau pemimpin. Eka berarti pertama atau anak pertama. Sementara Gentamas berarti anak laki-laki yang berarti. Sehingga makna dari nama tersebut adalah anak laki-laki pertama yang sangat berarti dan menjadi pemimpin di keluarganya. Nama ini cocok untuk disematkan pada putra pertama Anda untuk menggambarkan sosok anak laki-laki pertama yang kuat dan berani selayaknya pemimpin.

9. Dwi Angkasa Aradhana

Jika nama bayi laki-laki jawa sebelumnya dikhususkan untuk anak pertama, maka rekomendasi nama berikut ini cocok untuk anak kedua. Dwi Angkasa Ardhana memiliki arti anak laki-laki kedua yang membawa perdamaian dan memiliki hidup serta cita-cita tinggi setinggi angkasa. Dwi berarti dua atau anak laki-laki kedua, Angkasa berarti angkasa raya, dan Ardhana berarti perdamaian atau pembawa perdamaian.

10. Raynar Dihyan Arga

Nama bayi laki-laki keren berikutnya adalah Raynar Dihyan Ravindra. Raynar berarti prajurit yang kuat. Dihyan berarti matahari. Sedangkan Arga berarti gunung. Harapannya, anak laki-laki tersebut akan menjadi anak laki-laki yang kuat seperti prajurit, bersinar seperti matahari, berani dan gagah seperti gunung.

11. Damar Dwija Estiawan

Nama bayi laki-laki jawa selanjutnya yaitu Damar Dwija Estiawan. Damar memiliki arti penerang keluarga. Dwija berarti bijaksana, dan Estiawan berarti laki-laki yang memiliki cita-cita. Sehingga makna dari nama tersebut adalah anak laki-laki yang diharapkan bisa menjadi penerang untuk keluarga, memiliki sifat bijaksana, dan bercita-cita tinggi.

12. Dimas Panca Caturangga

Dimas Panca Caturangga bisa menjadi pilihan nama bayi laki-laki Jawa penuh makna selanjutnya. Dimas berarti yang terkasih. Panca berarti lima, bisa digunakan untuk putra Anda yang lahir di bulan ke lima. Caturangga berarti tersusun lengkap. Maka makna dari nama tersebut adalah anak laki-laki yang lahir di bulan ke lima, penuh dengan kasih sayang, dan menjadi pelengkap bagi keluarga.

13. Kresna  Putera Mahaprana

Nama berikutnya yaitu Kresna Putera Mahaprana. Kresna sama dengan Kresno yang memiliki arti bijaksana. Putera berarti anak laki-laki, dan Mahaprana bersikap optimis. Sehingga nama bayi laki-laki tersebut bisa diartikan sebagai anak laki-laki yang bijaksana dan optimis. Harapannya anak laki-laki tersebut akan menjadi pemimpin yang bijaksana dan selalu optimis dalam menjalankan hidup.

14. Mahatma Aditya Pradana

Mahatma berarti jiwa yang besar. Aditya bisa diartikan matahari dan Pradana berarti kaya dan dermawan. Gabungan nama ini memiliki arti anak laki-laki yang memiliki jiwa besar, bersinar, kaya, dan juga dermawan.

15. Rahardian Syaron Setya

Nama bayi laki-laki Jawa selanjutnya yaitu Rahardian Syaron Setya. Rahardian berarti makmur atau sejahtera. Syaron berarti pemimpin yang baik dan Setya memiliki arti setia. Sehingga dari rangkaian nama tersebut bisa bermakna pemimpin yang baik, membawa kemakmuran atau kesejahteraan, dan setia.

16. Tricahya Rangga Wijaya

Tricahya berasal dari gabungan dua kata Tri yang berarti tiga dan Cahya berarti cahaya. Rangga memiliki arti bunga dan Wijaya berarti menang. Makna nama tersebut adalah anak laki-laki ke tiga yang memiliki cahaya, harus dan indah seperti bunga, serta selalu dekat dengan kemenangan.

17. Tirta Nehan Pambudi

Nama bayi laki-laki selanjutnya yaitu Tirta Nehan Pambudi. Tirta berarti air atau bisa dimaknai sebagai sesuatu yang membawa kedamaian. Nehan berarti merasa bahagia atau hidup dalam kebahagiaan. Sedangkan Pambudi bisa berarti berbudi pekerti. Sehingga makna nama tersebut adalah anak laki-laki yang hidup bahagia, memiliki budi pekerti yang luhur, dan membawa ketenangan seperti air.

18. Gilang Bagaskara Lasmana

Rekomendasi nama selanjutnya yaitu Gilang Bagaskara Lasmana. Gilang memiliki arti laki-laki tangguh. Bagaskara berarti matahari yang bersinar dan Lasmana memiliki arti berkemauan keras. Sehingga nama bayi laki-laki jawa tersebut adalah anak laki-laki tangguh yang memiliki kemauan keras atau teguh pendirian dan hidupnya bersinar seperti matahari.

19. Raden Raharja Adiwangsa

Pilihan nama untuk bayi laki-laki selanjutnya yaitu Raden Raharja Adiwangsa. Raden merupakan sebutan bagi anak laki-laki keturunan bangsawan yang menggambarkan sosok anak laki-laki tangguh, cerdas, dan memiliki sopan santun yang bagus. Raharja berarti selamat dan Adiwangsa memiliki arti mulia. Maka makna dari nama tersebut adalah anak laki-laki yang lahir dengan selamat dan menjadi anak yang tangguh, cerdas, sopan santun, dan mulia.

20. Adinata Arya Indradewa

Rangkaian nama bayi laki-laki penuh makna selanjutnya yaitu Adinata Arya Indrawan. Adinata berarti unggul. Arya memiliki arti bangsawan atau anak laki-laki yang penuh dengan lemah lembut. Indradewa berarti yang diberikan kemuliaan dari Tuhan. Sehingga arti dari nama tersebut adalah anak laki-laki yang unggul, lemah lembut, dan diberi banyak kemuliaan dari Tuhan. Nama tersebut bukan hanya menjadi doa namun juga menjadi harapan agar anak tersebut bisa unggul dalam banyak hal atau memiliki banyak prestasi.

21. Fajar Lintang Arjuna

Fajar memiliki arti lahir di waktu fajar atau waktu subuh. Lintang berarti bintang yang bersinar dan Arjuna merupakan tokoh wayang yang tampan dan hebat. Sehingga arti dari nama bayi laki-laki Jawa tersebut adalah anak laki-laki tampan, berani, bersinar, yang lahir di waktu subuh.

22. Adi Dipa Reksa

Adi memiliki arti baik dan elok. Dipa memiliki arti raja atau bisa diartikan sebagai seorang pemimpin. Sementara Reksa berarti menjaga. Arti dari rangkaian nama tersebut adalah anak laki-laki yang baik, elok, dan menjadi pemimpin yang akan menjaga orang-orang disekitarnya.

23. Estu Abinaya Lasmana

Estu berarti sungguh-sungguh atau serius. Abinaya berarti semangat. Dan Lasmana memiliki arti kemauan keras atau bisa juga diartikan sebagai anak yang teguh pendirian. Sehingga makna dari nama tersebut adalah anak laki-laki yang selalu bersungguh-sungguh, penuh semangat, dan teguh pendirian.

24. Adika Wirya Utama

Adika memiliki arti terbaik. Wirya bermakna mulia. Dan Utama berarti pertama atau diutamakan atau bisa juga bermakna anak pertama. Maka dari itu, makna nama bayi laki-laki Jawa tiga suku kata ini adalah anak laki-laki pertama terbaik dan mulia yang selalu diutamakan.

25. Lingga Aris Pandega

Rekomendasi nama bayi laki-laki Jawa selanjutnya yaitu Lingga Aris Pandega. Lingga memiliki arti laki-laki. Aris berarti ramah. Dan Pandega berarti pemimpin. Sehingga makna dari nama tersebut adalah anak laki-laki yang ramah dan akan menjadi pemimpin.

Demikian beberapa pilihan nama bayi laki-laki Jawa yang terdiri dari tiga suku kata yang dapat Anda jadikan inspirasi untuk memberikan nama kepada putra kesayangan. Nama-nama tersebut bukan hanya menjadi doa dan harapan saja, namun juga bisa menjadi identitas daerah.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait