115 Nama Bayi Laki-laki Jawa dan Sansekerta serta Artinya

Image title
1 Oktober 2021, 13:40
Nama Bayi Laki-laki Jawa dan Sansekerta serta Artinya
Reynardo Etenia Wongso/Unsplash
Ilustrasi bayi laki-laki

Menyambut kelahiran buah hati dapat membawa kebahagian bagi pasangan yang menanti kehadiran seorang bayi. Merawat bayi merupakan tanggung jawab besar sehingga banyak hal yang harus disiapkan, termasuk memberi nama bayi.

Bagi orang tua yang memiliki bayi laki-laki, memberi nama dari bahasa Jawa dapat dijadikan pilihan. Bahasa Jawa memiliki beragam nama-nama yang indah dan bermakna. Pemilihan nama bayi laki-laki penting dilakukan karena nama berfungsi sebagai identitas sekaligus harapan.

M. Uhlenbeck dalam "Ciri-ciri Sistematis Nama Orang dalam Bahasa Jawa" menjelaskan, penamaan bayi dalam kebudayaan Jawa pada mulanya dikaitkan dengan jenis kelamin dan status sosial.

Dalam masyarakat etnik Jawa, terdapat sistem penamaan yang dapat dipilahkan menjadi dua, yakni nama alit dan nama sepuh. Hal tersebut dijelaskan oleh Drs. Ridha Mashudi Wibowo, M.Hum. dari Universitas Gadjah Mada melalui artikel “Nama Etnik Jawa”.

Nama alit merupakan nama kecil yang dipakai sebelum menikah. Sedangkan nama sepuh adalah nama tua yang dipakai setelah menikah. Dahulu, banyak nama Jawa yang terdiri hanya satu kata. Seiring perkembangan zaman, nama bayi dalam bahasa Jawa kini lebih kompleks dan terdiri lebih dari dua suku kata.

Nama Bayi Laki-laki dalam Bahasa Jawa

Terdapat banyak pilihan nama bayi laki-laki dalam bahasa Jawa. Sebagai inspirasi, Anda dapat mempertimbangkan pemberian nama bayi laki-laki Jawa berikut ini.

1. Abimanyu

Abimanyu terdiri dari dua kata Sanskerta, yaitu abhi (berani) dan man'yu (tabiat). Dalam bahasa Sanskerta, kata Abhiman'yu berarti "ia yang memiliki sifat tak kenal takut" atau "yang bersifat kepahlawanan".

2. Adi

Dalam bahasa Jawa, Adi berarti indah, baik, mempunyai kelebihan, istimewa, dan luar biasa.

3. Arkha

Arkha, atau bisa ditulis Arka, merupakan nama bayi laki-laki bahasa Jawa yang memiliki arti matahari, surya atau penerang keluarga.

4. Antasena

Antasena adalah nama dari putra bungsu Bimasena, salah satu tokoh pewayangan Jawa. Antasena digambarkan berwatak polos dan lugu, tetapi teguh dalam pendirian.

5. Banyu

Arti nama Banyu dalam bahasa Jawa adalah air. Memberi nama Banyu untuk bayi laki-laki diharapkan bahwa anak memiliki sifat seperti air yang jernih dan mengalir.

6. Bamantara

Nama bayi Bamantara berarti ‘penguasa udara’. Pemberian nama Bamantara dapat berarti harapan bagi anak agar seperti udara. Elemen udara sering dikaitkan dengan nafas, kehidupan, komunikasi, dan roh kudus.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...