21 Pilihan Nama Bayi Laki-Laki Sunda yang Penuh Makna

Siti Nur Aeni
22 Juli 2021, 17:24
Inilah Pilihan Nama Bayi Laki-Laki Sunda yang Penuh Makna
apahabar.com
Ilustrasi bayi laki-laki

Dahulu kita sering mendengar pepatah “apalah arti sebuah nama”, padahal nama menjadi hal yang penting karena merupakan sebuah doa. Makanya, banyak orang tua yang lebih berhati-hati saat mencari nama untuk anak-anaknya. Nama bayi laki-laki Sunda berikut ini mungkin bisa menjadi salah satu pilihan untuk memberikan nama kepada anak laki-laki Anda.

Selain menjadi identitas, nama dengan mengadopsi bahasa Sunda juga memiliki arti yang bagus. Untuk anda yang sedang menjadi nama untuk anak laki-laki anda, berikut ini beberapa referensi nama bayi laki-laki dengan menggunakan unsur Sunda.

Nama Bayi Laki-Laki Sunda Anak Pertama

Menyambut kehadiran anak pertama tentu banyak yang harus dipersiapkan. Namun, minimnya pengalaman terkadang membuat para calon orang tua baru bingung apa yang harus dilakukan saat anak tersebut lahir. Tak jarang para calon orang tua baru ini juga kesulitan dalam mencarikan nama untuk sang buah hari. Berikut ini kami berikan beberapa referensi nama bayi laki-laki Sunda khusus untuk anak pertama, yang bisa menjadi inspirasi untuk anda:

1. Wisesa Rakha Pratama

Nama Wisesa Rakha Pratama bisa menjadi salah satu pilihan nama yang dapat diberikan untuk putra pertama. Wisesa memiliki arti Maha kuasa atau bisa juga dimaknai sebagai pemilik kekuasaan. Rakha berarti tanggung jawab atau ada juga yang mengartikannya kakak. Pratama berarti anak pertama. Sehingga nama tersebut memiliki arti anak laki-laki pertama yang bertanggung jawab terhadap kekuasaan yang dimilikinya.

2. Aang Parta Utama

Aang Parta Utama juga merupakan nama bayi laki-laki Sunda yang bisa diberikan untuk anak pertama. Aang memiliki arti yang tersayang. Parta berarti pahlawan dan Utama berarti anak laki-laki pertama. Maka nama tersebut memiliki makna anak laki-laki pertama yang disayangi dan akan menjadi pahlawan untuk keluarga dan orang-orang disekitarnya.

3. Aa Ageng Markasih

Nama bayi laki-laki Sunda dan artinya selanjutnya yaitu Aa Ageng Markasih. Aa dalam Bahasa Sunda memiliki arti kakak atau sebutan untuk anak yang lebih tua. Ageng memiliki arti anak laki-laki yang gagah, dan Markasih memiliki arti penyayang. Maka arti nama tersebut yaitu anak laki-laki pertama yang gagah dan penyayang.

4. Galih Eka Sutresna

Galih memiliki arti baik hati. Eka berarti anak pertama, dan Sutresna berarti cinta sejati. Makna dari nama bayi laki-laki Sunda tersebut yaitu anak laki-laki pertama yang baik hati dan memiliki cinta sejati untuk keluarga ataupun orang disekitarnya. Harapannya kelak anak laki-laki tersebut bisa selalu mencintai dan menyayangi keluarga dan sesamanya.

5. Adiwangsa Cahya Nataprawira

Nama Adiwangsa Cahya Nataprawira juga cocok untuk diberikan kepada anak pertama. Adiwangsa memiliki arti bangsa utama. Cahya berarti cahaya. Nataprawira berarti pemimpin yang teguh. Sehingga makna dari nama tersebut yaitu anak laki-laki pertama yang bercahaya dan akan menjadi pemimpin yang teguh. Nama tersebut menjadi doa agar kelak anak laki-laki tersebut bisa menjadi pemimpin yang disegani dan bijaksana.

6. Bayu Dana Gumelar

Nama bayi laki-laki Sunda anak pertama berikutnya yakni Bayu Dana Gumelar. Bayu memiliki arti angin, maksudnya adalah kelak anak tersebut bisa membawa kesejukan untuk orang tua dan orang-orang disekitarnya seperti angin. Dana berarti kaya. Gumelar berarti kehormatan. Maka nama tersebut memiliki arti anak laki-laki yang kaya, terhormat, dan bisa membawa kesejukan. Harapannya anak tersebut nantinya akan berhasil dalam meraih cita-citanya, menjadi orang yang dihormati, dan bisa membawa kebaikan kepada banyak orang.

7. Ginanjar Hamdan Pradana

Ginanjar memiliki arti pemberian atau hadiah. Hamdan berarti terpuji. Pradana berarti pertama atau anak pertama. Nama bayi laki-laki Sunda ini memiliki makna anak pertama yang terpuji dan menjadi pemberian terindah dari Tuhan. Nama ini menjadi bentuk rasa syukur dari orang tua atas karunia buah hari yang lahir dengan selamat dan tumbuh menjadi anak yang sehat dan terpuji budi pekertinya.

8. Indra Karta Pratama

Nama bayi laki-laki Sunda anak pertama berikutnya yang kami rekomendasikan adalah Indra Karta Pratama. Nama ini memiliki arti anak laki-laki pertama yang lahir dengan aman atau selamat dan memiliki sifat lembut. Indra memiliki arti lembut, Karta berarti aman atau bisa juga dimaknai sebagai selamat, sedangkan Pratama berarti anak pertama.

9. Ageng Eka Kurniawan

Nama sunda penuh makna berikutnya yang juga bisa anda berikan untuk putra pertama anda yaitu Ageng Eka Kurniawan. Ageng berarti laki-laki yang gagah. Eka memiliki arti pertama atau anak pertama. Dan Kurniawan berarti laki-laki yang menjadi karunia Tuhan. Maka makna nama bayi laki-laki Sunda tersebut adalah anak laki-laki pertama yang gagah dan merupakan karunia Tuhan. Melalui nama ini, orang tua menunjukkan rasa syukur atas kehadiran buah hati yang gagah dan juga sehat.

10. Pradana Ragasuci Prawiraharja

Pradana berarti pertama atau anak pertama. Ragasuci berarti berbadan suci. Prawiraharja berarti teguh hati. Maka arti dari nama tersebut yaitu anak laki-laki pertama yang suci dan memiliki hati yang teguh.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...