Sudah Vaksin? Begini Cara Cek dan Cetak Sertifikat Vaksin Covid-19

Bagi yang sudah mengikuti kegiatan vaksinasi, Anda bisa mengecek sertifikat vaksin dengan cara-cara berikut ini.
Image title
9 Agustus 2021, 11:58
Sudah Vaksin? Begini Cara Cek dan Cetak Sertifikat Vaksin Covid-19, sertifikat vaksin, cek sertifikat vaksin, cara cek sertifikat vaksin, download sertifikat vaksin, cara download sertifikat vaksin, cara melihat sertifikat vaksin, sertifikat vaksin covid,
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/nz
Pekerja sektor pariwisata menunjukkan kartu vaksinasi COVID-19 usai menjalani vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Rangkah, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (2/6/2021). Para pekerja sektor pariwisata di Surabaya menjalani vaksinasi COVID-19 sebagai upaya penanggulangan pandemi COVID-19.

Sertifikat vaksin adalah sertifikat yang diberikan pemerintah kepada masyarakat yang telah melaksanakan vaksinasi Covid-19. Sertifikat ini biasanya akan diberikan beberapa hari setelah proses vaksinasi dilaksanakan. Sedangkan pada hari yang sama, peserta vaksinasi akan mendapatkan kartu vaksin yang harus dibawa saat mengikuti vaksinasi dosis berikutnya.

Sertifikat vaksin yang akan diterima sebanyak dua sertifikat, yaitu sertifikat vaksin dosis pertama dan sertifikat dosis kedua. Fungsi dari sertifikat vaksin saat ini menjadi salah satu syarat ketika hendak bepergian terutama jika Anda bepergian jauh menggunakan moda transportasi umum seperti kereta api atau pesawat. Bukan hanya itu, sertifikat vaksin juga berfungsi sebagai bukti bahwa pemilik sertifikat tersebut telah mengikuti vaksinasi covid-19.

Cara Cek Setifikat Vaksin Covid-19

Bagi Anda yang sudah mengikuti kegiatan vaksinasi, Anda bisa mengecek sertifikat vaksin yang Anda dapatkan dengan cara-cara berikut ini.

1. Cek di SMS

Beberapa hari setelah mengikuti vaksin, biasanya Anda akan mendapatkan SMS tersemi dari 1199 yang dikirimkan ke nomor hp Anda. SMS tersebut berisi pemberitahuan bahwa Anda sudah mengikuti kegiatan vaksin. Jika Anda baru mendapatkan dosis pertama, maka di SMS tersebut akan diinformasikan jadwal untuk vaksinasi dosis berikutnya berserta lokasi vaksinasi.  

Advertisement

Selain itu, di SMS tersebut juga terdapat link sertifikat yang bisa Anda buka menggunakan browser di handphone. Setelah itu akan muncul tampilan sertifikat vaksin yang memuat nama, NIK, tanggal lahir, ID sertifikat dosis vaksin yang sudah dilakukan, dan waktu pelaksanaan vaksin dosis tersebut.

2. Cek di Web PeduliLindungi

Bagi yang sudah mengikuti kegiatan vaksinasi, namun tidak kunjung mendapatkan SMS pemberitahuan, Anda bisa cek sertifikat vaksin melalui situs resmi dari pedulilindungi.id. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk cek sertifikast vaksinasi di situs tersebut:

  1. Buka web pedulilindungi.id.
  2. Klik menu “login atau register” yang ada di pojok kanan atas.
  3. Selanjutnya Anda bisa membuat akun dengan menggunakan nama lengkap, nomor handphone, dan NIK.
  4. Jika sudah memiliki akun, Anda bisa langsung login menggunakan nomor handphone (hp) yang sudah di daftarkan sebelumnya.
  5. Kemudian, Anda bisa langsung mengisi kode OTP yang dikirimkan ke nomor hp Anda melalui SMS.
  6. Setelah Anda login, Anda bisa pilih menu “sertifikat vaksin”.
  7. Sertifikat vaksin akan muncul secara otomatis.

3. Cek di Aplikasi PeduliLindungi

Selain melalui web. Layanan PeduliLindung juga hadir dalam aplikasi mobile yang bisa Anda unduh di ponsel pintar yang Anda gunakan. Untuk cek sertifikat vaksin di aplikasi ini caranya sebagai berikut:

  1. Download aplikasi PeduliLindungi di hp Anda.
  2. Buka aplikasi dan buat akun jika Anda belum memiliki akun.
  3. Isi nama lengkap, nomor hp, dan NIK untuk mendaftar.
  4. Jika Anda sudah memiliki akun, Anda bisa langsung login menggunakan nomor hp yang sudah didaftarkan sebelumnya.
  5. Masukkan OTP yang dikirimkan ke nomor hp Anda melalui pesan singkat.
  6. Klik menu “Akun” dan klik “Sertifikat Vaksin”.
  7. Sertifikat vaksin Anda akan ditampilkan di layar.

Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19 di HP

Setelah selesai mengecek sertifikat vaksin, Anda juga bisa mencetak sertifikat tersebut untuk berbagai keperluan. Berikut ini cara-cara untuk cetak sertifikat vaksin dengan mudah.

1. Cetak dari Link di SMS

Setelah mendapatkan SMS, Anda bisa mengakses link yang diberikan kemudian mencetak sertifikat yang ada di link tersebut. Untuk langkah-langkah mencetaknya, sebagai berikut:

  1. Buka pesan singkat tersebut, kemudian klik link yang tertera.
  2. Apabila menggunakan Google Chrome, Anda bisa klik ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas.
  3. Pilih ikon tanda panah ke bawah, kemudian file sertifikat tersebut akan terunduh secara otomatis atau Anda bisa melakukan tangkapan layar atau screenshot untuk menyimpan sertifikat dalam bentuk JPG.

2. Cetak dari Web PeduliLindungi

Selain bisa digunakan untuk cek sertifikat vaksin, di situs pedulilindungi.id Anda juga bisa mencetak sertifikat vaksin tersebut. Berikut ini cara-caranya:

  1. Buka situs pedulilindungi.id di aplikasi browser.
  2. Daftarkan akun jika Anda belum memiliki akun atau login untuk Anda yang sudah memiliki akun.
  3. Klik menu “sertifikat vaksin” kemudian masukkan NIK Anda.
  4. Setelah sertifikat vaksin muncul klik “Unduh Sertifikat”.

3. Cetak dari Aplikasi PeduliLindungi

Sama seperti website-nya, aplikasi mobile PeduliLindungi juga bisa digunakan untuk cetak sertifikat vaksin. Untuk mencetak dari aplikasi ini, Anda bisa mengikuti cara sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi PeduliLindungi yang sudah Anda unduh.
  2. Isi data yang diperlukan.
  3. Buka menu “sertifikat vaksin”.
  4. Isi NIK Anda dan setelah sertifikat muncul, Anda bisa pilih untuk mengunduh.
  5. Tunggu sampai proses unduhan selesai, dan sertifikat akan secara otomatis tersimpan di hp Anda.

Itulah beberapa cara cek dan cetak sertifikat vaksin dengan mudah dan cepat. Anda tak perlu khawatir kehilangan sertifikat tersebut, sebab sertifikat vaksin diberikan dalam bentuk file digital dan bisa Anda simpan di berbagai perangkat digital yang Anda miliki.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait