Sudah Vaksin? Begini Cara Cek dan Cetak Sertifikat Vaksin Covid-19

Siti Nur Aeni
9 Agustus 2021, 11:58
Sudah Vaksin? Begini Cara Cek dan Cetak Sertifikat Vaksin Covid-19, sertifikat vaksin, cek sertifikat vaksin, cara cek sertifikat vaksin, download sertifikat vaksin, cara download sertifikat vaksin, cara melihat sertifikat vaksin, sertifikat vaksin covid,
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/nz
Pekerja sektor pariwisata menunjukkan kartu vaksinasi COVID-19 usai menjalani vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Rangkah, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (2/6/2021). Para pekerja sektor pariwisata di Surabaya menjalani vaksinasi COVID-19 sebagai upaya penanggulangan pandemi COVID-19.

Sertifikat vaksin adalah sertifikat yang diberikan pemerintah kepada masyarakat yang telah melaksanakan vaksinasi Covid-19. Sertifikat ini biasanya akan diberikan beberapa hari setelah proses vaksinasi dilaksanakan. Sedangkan pada hari yang sama, peserta vaksinasi akan mendapatkan kartu vaksin yang harus dibawa saat mengikuti vaksinasi dosis berikutnya.

Sertifikat vaksin yang akan diterima sebanyak dua sertifikat, yaitu sertifikat vaksin dosis pertama dan sertifikat dosis kedua. Fungsi dari sertifikat vaksin saat ini menjadi salah satu syarat ketika hendak bepergian terutama jika Anda bepergian jauh menggunakan moda transportasi umum seperti kereta api atau pesawat. Bukan hanya itu, sertifikat vaksin juga berfungsi sebagai bukti bahwa pemilik sertifikat tersebut telah mengikuti vaksinasi covid-19.

Cara Cek Setifikat Vaksin Covid-19

Bagi Anda yang sudah mengikuti kegiatan vaksinasi, Anda bisa mengecek sertifikat vaksin yang Anda dapatkan dengan cara-cara berikut ini.

1. Cek di SMS

Beberapa hari setelah mengikuti vaksin, biasanya Anda akan mendapatkan SMS tersemi dari 1199 yang dikirimkan ke nomor hp Anda. SMS tersebut berisi pemberitahuan bahwa Anda sudah mengikuti kegiatan vaksin. Jika Anda baru mendapatkan dosis pertama, maka di SMS tersebut akan diinformasikan jadwal untuk vaksinasi dosis berikutnya berserta lokasi vaksinasi.  

Selain itu, di SMS tersebut juga terdapat link sertifikat yang bisa Anda buka menggunakan browser di handphone. Setelah itu akan muncul tampilan sertifikat vaksin yang memuat nama, NIK, tanggal lahir, ID sertifikat dosis vaksin yang sudah dilakukan, dan waktu pelaksanaan vaksin dosis tersebut.

2. Cek di Web PeduliLindungi

Bagi yang sudah mengikuti kegiatan vaksinasi, namun tidak kunjung mendapatkan SMS pemberitahuan, Anda bisa cek sertifikat vaksin melalui situs resmi dari pedulilindungi.id. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk cek sertifikast vaksinasi di situs tersebut:

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...