7 Manfaat Kangkung serta Kandungan dan Cara Mengolahnya

Image title
14 September 2021, 11:34
Petani memanen kangkung di Desa Alue Raya, Samatiga, Aceh Barat, Aceh, Jumat (1/5/2020). Manfaat kangkung meliputi pencegahan anemia hingga mengatasi diabetes.
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/pras.
Petani memanen kangkung di Desa Alue Raya, Samatiga, Aceh Barat, Aceh, Jumat (1/5/2020). Permintaan kangkung yang dijual Rp1.000 per ikat selama bulan Ramadhan mengalami peningkatan dari 60 ikat per hari menjadi 120 sampai 160 ikat per hari.

Kangkung atau disebut juga water spinach adalah salah satu sayuran berdaun hijau yang sangat familiar digunakan dalam masakan Asia Selatan dan Tenggara. Daun dan batangnya yang empuk, berlendir, dan sukulen, dapat dikonsumsi dalam bentuk salad, direbus, dan ditumis.

Memiliki nama ilmiah Ipomoea spp., kangkung merupakan salah satu jenis sayuran daun dalam famili Convolvulaceae. Berdasarkan Badan Litbang Pertanian, kangkung dibedakan menjadi dua macam sesuai dengan tempat tumbuh, yaitu:

Advertisement
  • Kangkung darat, hidup di tempat yang kering atau tegalan.
  • Kangkung air, hidup ditempat yang berair dan basah.

Menurut Prasad dkk. (2008) dalam International Journal of Botany, kandungan kangkung air meliputi beta karoten, riboflavin, vitamin C, vitamin E, dan memiliki aktivitas antioksidan. Sedangkan kandungan kangkung darat adalah flavonoid, polyphenol, vitamin E, dan antioksidan.

Lebih lanjut, kandungan gizi kangkung dalam skripsi oleh Priyangsari (2016) adalah sebagai berikut.

  • Energi 29 kalori (kal),
  • Protein 3 gram (g),
  • Lemak 0,3 g,
  • Karbohidrat 5,4 g,
  • Serat 1,0 g,
  • Kalsium 73 miligram (mg),
  • Fosfor 50 mg,
  • Zat Besi 2,5 mg,
  • Vit A 6.300 satuan internasional (SI),
  • Vit B1 0,07 mg,
  • Vit C 32 mg,
  • Klorofil 25 mg,
  • Air 89,7 g.

Dengan kandungan tersebut, kangkung memiliki manfaat kesehatan yang bervariasi. Simak manfaat kangkung untuk kesehatan sebagai berikut.

1. Mengatasi anemia

Manfaat kangkung mengandung zat seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, dan zat besi menurut penelitian R. Fevria dkk dalam Journal of Physics: Conference Series.

Seluruh zat tersebut yang sangat penting bagi tubuh kita, perannya adalah pembentukan sel darah merah sangat vital sehingga sangat baik untuk mengatasi anemia/kurang darah.

2. Menurunkan kadar gula dalam darah

Kangkung terbukti menurunkan kadar gula dalam darah menurut studi oleh Helminawati dalam Khazanah: Jurnal Mahasiswa tahun 2011. Penelitian tersebut menggunakan tikus sebagai bahan dan hasilnya terbukti bahwa mengonsumsi kangkung menghasilkan zat-zat yang mampu menghambat penyerapan gula pada tubuh.

3. Menjaga kesehatan mata

Kangkung mengandung vitamin A, karotenoid, dan lutein yang sangat baik untuk mata. Mengonsumsi kangkung terbukti dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah katarak menurut penelitian dalam Psychology and Education Journal Volume 58 No. 1.

4. Perlindungan terhadap Penyakit Jantung

Kangkung memiliki nutrisi penting tertentu seperti vitamin A dan C serta konsentrasi beta-karoten yang tinggi. Nutrisi tersebut berperan sebagai antioksidan untuk meredam radikal bebas dalam tubuh sehingga mencegah pembentukan kolesterol menjadi teroksidasi.

Menurut jurnal Arteriosclerosis, Thrombosis, and Vascular Biology, kolesterol teroksidasi dapat menempel pada dinding pembuluh darah sehingga menyebabkan arteri tersumbat, serangan jantung, dan stroke.

Selain itu, folat yang terkandung dalam kangkung membantu mengubah bahan kimia yang berpotensi berbahaya yang disebut homosistein. Kandungan magnesium dalam kangkung juga dapat menurunkan tekanan darah dan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement