Sulit Menaikkan BBM, Ketika Harga Minyak Turun

Pemerintahan sebelumnya justru menurunkan harga BBM ketika harga minyak mentahnya turun
Safrezi Fitra
7 November 2014, 20:53
BBM Subsidi
Arief Kamaludin|KATADATA

KATADATA ? Ketua Komisi VI DPR RI Kardaya Warnika menilai pemerintah Indonesia tidak pernah menaikan harga bahan bakar minyak (BBM) tidak biasa dilakukan ketika harga minyak mentah Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP) menurun. 

Bahkan, pemerintahan sebelumnya justru menurunkan harga BBM ketika harga minyak mentahnya turun. Beberapa negara di dunia juga menurunkan harga BBM akibat penurunan harga minyak dunia.

"Selama ini pada saat harga rendah pemerintah tidak akan menaikan harga BBM," tutur Kardaya kepada Katadata, Jumat (7/11).

Politikus Partai Gerindra itu menghormati hak pemerintah menerapkan kebijakan tersebut, tanpa harus berkonsultasi dengan parlemen. Namun, dia mengaku ide pengalihan subsidi kepada belanja yang lebih produktif, masih belum begitu jelas.

Advertisement

Selama ini pemerintah menyatakan subsidi akan dialihkan kepada program seperti Kartu Indonesia Sehat dan Pintar. "Kalau pindah kesitu harus ada dalam APBN. Sudah ada belum? Kalau mau mengubah itu harus ke DPR," ujarnya.

Berbeda dengan Kardaya, Ekonom Universitas Gadjah Mada (UGM),  Tony Prasetiantono menyarankan pemerintah tetap naikan harga BBM meski harga minyak dunia sedang turun. Dia menganggap penurunan harga minyak hanya bersifat sementara.

Sangat rentan bagi perekonomian Indonesia, jika harga BBM tidak naik saat ini. karena sewaktu-waktu harga minyak dunia akan kembali naik. Makanya dia menganggap saat ini adalah momentum yang tepat saat menaikkan BBM. Mengingat masyarakat sudah mulai paham, kalau harga BBM harus dinaikkan.

Pemerintah, kata dia juga tidak perlu ragu untuk menaikkan harga BBM sebesar Rp 3.000 per liter. Karena akan jauh lebih aman dan sehat untuk APBN. "Mumpung ada kesempatan ambil. Nanti cuma naik seribu tidak berpengaruh. Lebih baik sesuai rencana," ujarnya.

Sementara, sampai saat ini belum ada kepastian mengenai kenaikkan harga BBM. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil hanya mengatakan kenaikan BBM akan dilakukan pada November 2014. "Tunggu saja, akan naik bulan ini. Saya ga bisa konfirmasi tanggalnya," ujarnya.

Reporter: Petrus Lelyemin, Arnold Sirait
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait