PLN Dukung Sertifikasi Halal 25 UMKM di Kalbar

Shabrina Paramacitra
Oleh Shabrina Paramacitra - Tim Publikasi Katadata
11 April 2023, 23:51
Pelaku UMKM tersebut merupakan binaan Rumah BUMN Kabupaten Sintang dan Sekadau.
PLN

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) membantu proses sertifikasi halal bagi 25 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kalimantan Barat (Kalbar). Para pelaku UMKM tersebut merupakan UMKM binaan Rumah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kabupaten Sintang dan Sekadau.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Kalbar, Mochamad Soffin Hadi, mengatakan 25 pelaku UMKM yang menerima sertifikasi halal ini telah melewati berbagai tahapan seleksi uji petik, mulai penyediaan bahan baku, proses produksi, hingga penilaian hasil produksi. Sertifikat halal akan membuat produk UMKM memiliki daya tawar yang lebih tinggi.

Advertisement

“Dengan memiliki sertifikat halal maka produk yang dihasilkan akan semakin banyak diminati oleh konsumen. Otomatis akan membuka peluang pasar yang lebih besar, bahkan sampai ke mancanegara,” jelas Soffin dalam keterangan tertulis, Selasa (11/4).

Pelaku UMKM binaan Rumah BUMN Kabupaten Sintang dan Sekadau rata-rata memiliki usaha di bidang kuliner dan produk olahan makanan siap saji. Katini, seorang pelaku usaha, menuturkan dukungan dari PLN sangat bermanfaat baginya. Ia juga mendapatkan pelatihan keterampilan usaha dari PLN.

“Usaha yang semula saya rintis dari nol kini sudah mulai berkembang dan memberikan hasil yang lumayan banyak,” tuturnya.

Hal senada diungkapkan Anita Purnamasari. Berkat pelatihan dari PLN, usaha cake & bakery miliknya terus berkembang. Ia berharap, PLN juga dapat memberikan bantuan penambahan peralatan listrik agar produksi usahanya dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

“Terima kasih saya ucapkan kepada PLN yang telah mendukung seluruh usaha yang kami jalankan,” ungkapnya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement