Klasifikasi Protista dan Peranannya Bagi Kehidupan

Siti Nur Aeni
24 September 2021, 14:27
Klasifikasi Protista dan Peranannya Bagi Kehidupan
pixabay.com
Amoeba, salah satu jenis protista mirip hewan

Alam semesta ini dibuat oleh Sang Maha Pencipta dengan keanekaragaman makhluk hidup yang ada didalamnya. Bukan hanya manusia, hewan, dan tumbuhan saja yang menempati bumi ini. Ada juga makhluk hidup lain yang memiliki bentuk serta struktur tersendiri yang mendiami bumi ini.

Protista merupakan salah satu makhluk hidup yang memiliki keunikan tersendiri. Kelompok organisme ini yang terbagi menjadi tiga kategori yaitu protista mirip jamur, tumbuhan, dan hewan. Bagi kehidupan, kelompok ini memiliki peran tersendiri.

Klasifikasi Protista

Mengutip dari buku “Biologi untuk SMA/MA Kelas X”, berikut ini penjelasan lengkap terkait klasifikasi protista dan peranannya.

Protista Mirip Jamur

Bagian yang pertama yaitu tentang protista mirip jamur. Dilihat dari morfologinya, protista jenis ini memiliki kesamaan dengan jamur. Kemiripan tersebut ada pada tipe hidup sama seperti jamur. Untuk lebih memahaminya, berikut ini penjelasan tentang jamur lendir dan jamur air.

1. Acrasiomycota

Jamur lendir seluler atau Acrasiomycota biasanya ditemukan di air tawar, tanah lembap, seresah daun, dan tumbuhan atau batang roboh. Contoh acrasiomycota yaitu Dictyostelium discoideum.

2. Myxomycota

Protista mirip jamur selanjutnya yaitu myxomycota atau jamur lendir plasmodial. Jamur ini biasa ditemukan pada hutan basah, batang kayu busuk, tanah lembap, sampah basah, dan kayu yang sudah lapuk.

Ciri-ciri myxomycota yaitu tubuhnya berwarna cerah (kuning atau orange) dan mempunyai struktur vegetatif berupa lendir. Contoh Myxomycota yaitu Arcyria, Laycogala, dan Physarium.

3. Oomycota

Oomycota atau jamur air memiliki hifa tidak bersekat melintang (seonositik) dan memiliki cabang. Tempat tinggal jamur air ini ada di tempat lembap atau di air. Sebagian bersifat saprofit dan sebagian lainnya bersifat parasit.

Protista Mirip Tumbuhan

Masih mengutip dari buku “Biologi untuk SMA/MA Kelas X”, klasifikasi protista selanjutnya yaitu kelompok yang memiliki kemiripan dengan tumbuhan. Kelompok tersebut biasanaya disebut juga dengan algae. Berikut ini ciri-ciri dari protistsa mirip tumbuhan.

  1. Memiliki dinding sel dan kloroplas seperti tumbuhan.
  2. Merupakan organisme uniseluler dan multiseluler.
  3. Ada yang hidup soliter namun ada juga yang berkoloni.
  4. Untuk algae uniseluler memiliki bentuk oval, bulat, atau mirip buah pir. Sedangkan algae multiseluler berbentuk lembaran, benang, dan ada yang mirip tumbuhan.
  5. Struktur tubuhnya sederhana, belum bisa dibedakan antara akar, batang, dan daun.
  6. Reproduksi secara seksual dan aseksual.

Kalsifikasi protista mirip tumbuhan

Protista yang mirip tumbuhan ini juga terbagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan kelasifikasi tertentu yaitu sebagai berikut:

  • Filum Euglenophyta

Filum ini memiliki ciri khas yaitu mirip seperti tumbuhan namun juga mirip dengan hewan. Euglenophyta memiliki klorofil a dab b untuk fotosintesis seperti tumbuhan. Namun tidak memiliki dinding sel seperti hewan.

  • Filum Pyrrorphyta atau algae api

Pyrrorphyta sering disebut sebagai dinoflagellata sebab mempunyai dua buang flagel. Klompok ini umumnya bersel tunggal. Filum pyrrorphyta mempunya klorofil a dan c, karotenoid, dan xantofil.

  • Filum Bacillariophyta

Organisme uniseluler ini memiliki ciri dinding sel terbuat dari silikat hidrat dan memiliki pigmen klorofil karotenoid, dan xantofil. Contohnya Navicula.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...