Kucing Munchkin, Hewan Berkaki Pendek yang Banyak Disukai

Siti Nur Aeni
6 Oktober 2021, 19:27
Potret kucing munchkin yang cantik dan menggemaskan
instagram.com/drrahimariffinve
Potret kucing munchkin yang cantik dan menggemaskan

Ketika memiliki hewan peliharaan kita pasti akan mempertimbangkan banyak hal. Jenis hewan peliharaan bisa menjadi pertimbangannya. Misalnya saat hendak memelihara kucing, kita pasti akan memilih terlebih dahulu jenis kucing seperti apa yang hendak dipelihara.

Dari sekian banyak ras kucing, jenis kucing munchkin bisa menjadi pilihan. Sama halnya dengan ras kucing lainnya, munchkin juga memiliki beberapa ciri khas. Keistimewaan kucing ini bukan hanya dari cirinya, namun juga dari sejarah dibalik lahirnya jenis ini.

Sejarah Jenis Kuning Munchkin

Mengutip dari halodoc.com, jenis kucing ini mempunyai sejarah panjang dari beberapa tahun yang lalu. Seorang dokter hewan di Inggris sejak tahun 1940-an sudah mendeskripsikan beberapa generasi kucing kaki pendek.

Namun pada masa Perang Dunia II deskripsi tentang jenis kucing ini menghilang. Tahun 1953 seorang kucing berkaki pendek berhasil di deskripsikan di Stalingrad, Rusia.

Tiga puluh tahun setelah, guru musik dari Louisiana, Amerika Serikat bernama Sandra Hochenedel menemukan kucing kaki pendek di Louisiana. Kucing tersebut ia beri nama Blackberry.

Anak dari Balckberry terdiri dari kucing kaki pendek setengah (half short legged) dan kucing kaki panjang setengah (half long legged). Keturunan jantan dari Blackberry bernama Toulouse.

Kemudian Toulouse oleh Sandra Hochenedel, diberikan kepada temannya. Keturunan dari Blackberry dan Toulouse inilah yang dikenal sebagai jenis kucing munchkin.

Kelebihan Kucing Munchkin

Kucing jenis ini memiliki beberapa kelebihan dan daya tarik tersendiri. Keunggulan tersebut berhubungan dengan karakteristik yang dimilikinya. Beberapa kelebihan yang dimiliki kucing munchkin sebagai berikut:

1. Memiliki kaki pendek

Munchkin merupakan ras kucing berkaki pendek. Kondisi ini terjadi akibat mutasi genetik. Meski awalnya terlihat aneh, namun kaki pendeknya ini menjadi daya tarik tersendiri.

2. Tidak mengalami gangguan tulang belakang

Jenis kucing munchkin bukanlah hewan berkaki pendek pertama. Sebelumnya sudah ada anjing Dachund dan Welsh corgi yang memiliki kaki pendek.

Mengutip dari halodoc.com, pada anjing berkaki pendek, biasanya sering mengalami penyakit tulang belakang. Akan tetapi, kaki pendek pada munchkin tidak menyebabkan gangguan tulang belakang.

3. Memiliki wajah dan mata bulat

Daya tarik lainnya dari kucing ini yaitu pada bentuk wajah dan matanya yang bulat sempurna. Wajah dan mata yang bulat membuat munchkin terlihat sangat cantik. Selain bulat, mata kucing ini juga terlihat sangat jernih. Mata tak heran jika kucing ini sering tampil dalam kontes kucing.

4. Hidungnya pesek

Hidung pesek pada kucing ternyata menjadi daya tarik sekaligus keunggulan. Kondisi tersebut membuat kucing ini nampak lebih lucu. Tak heran pecinta kucing banyak yang mencari hewan peliharaan dengan penampilan seperti ini.

5. Tubuhnya berisi

Meskipun kakinya kecil, namun tubuh kucing ini besar. Tubuh yang besar didukung dengan bulu yang halus membuat kucing ini mirip seperti batal.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...