Kucing Munchkin, Hewan Berkaki Pendek yang Banyak Disukai

Kucing munchkin merupakan kucing berkaki pendek yang memiliki banyak kelebihan. Jenis kucing ini banyak digemari hingga harganya bisa mencapai puluhan juta.
Image title
6 Oktober 2021, 19:27
Potret kucing munchkin yang cantik dan menggemaskan
instagram.com/drrahimariffinve
Potret kucing munchkin yang cantik dan menggemaskan

Ketika memiliki hewan peliharaan kita pasti akan mempertimbangkan banyak hal. Jenis hewan peliharaan bisa menjadi pertimbangannya. Misalnya saat hendak memelihara kucing, kita pasti akan memilih terlebih dahulu jenis kucing seperti apa yang hendak dipelihara.

Dari sekian banyak ras kucing, jenis kucing munchkin bisa menjadi pilihan. Sama halnya dengan ras kucing lainnya, munchkin juga memiliki beberapa ciri khas. Keistimewaan kucing ini bukan hanya dari cirinya, namun juga dari sejarah dibalik lahirnya jenis ini.

Sejarah Jenis Kuning Munchkin

Mengutip dari halodoc.com, jenis kucing ini mempunyai sejarah panjang dari beberapa tahun yang lalu. Seorang dokter hewan di Inggris sejak tahun 1940-an sudah mendeskripsikan beberapa generasi kucing kaki pendek.

Namun pada masa Perang Dunia II deskripsi tentang jenis kucing ini menghilang. Tahun 1953 seorang kucing berkaki pendek berhasil di deskripsikan di Stalingrad, Rusia.

Tiga puluh tahun setelah, guru musik dari Louisiana, Amerika Serikat bernama Sandra Hochenedel menemukan kucing kaki pendek di Louisiana. Kucing tersebut ia beri nama Blackberry.

Anak dari Balckberry terdiri dari kucing kaki pendek setengah (half short legged) dan kucing kaki panjang setengah (half long legged). Keturunan jantan dari Blackberry bernama Toulouse.

Kemudian Toulouse oleh Sandra Hochenedel, diberikan kepada temannya. Keturunan dari Blackberry dan Toulouse inilah yang dikenal sebagai jenis kucing munchkin.

Kelebihan Kucing Munchkin

Kucing jenis ini memiliki beberapa kelebihan dan daya tarik tersendiri. Keunggulan tersebut berhubungan dengan karakteristik yang dimilikinya. Beberapa kelebihan yang dimiliki kucing munchkin sebagai berikut:

1. Memiliki kaki pendek

Munchkin merupakan ras kucing berkaki pendek. Kondisi ini terjadi akibat mutasi genetik. Meski awalnya terlihat aneh, namun kaki pendeknya ini menjadi daya tarik tersendiri.

2. Tidak mengalami gangguan tulang belakang

Jenis kucing munchkin bukanlah hewan berkaki pendek pertama. Sebelumnya sudah ada anjing Dachund dan Welsh corgi yang memiliki kaki pendek.

Mengutip dari halodoc.com, pada anjing berkaki pendek, biasanya sering mengalami penyakit tulang belakang. Akan tetapi, kaki pendek pada munchkin tidak menyebabkan gangguan tulang belakang.

3. Memiliki wajah dan mata bulat

Daya tarik lainnya dari kucing ini yaitu pada bentuk wajah dan matanya yang bulat sempurna. Wajah dan mata yang bulat membuat munchkin terlihat sangat cantik. Selain bulat, mata kucing ini juga terlihat sangat jernih. Mata tak heran jika kucing ini sering tampil dalam kontes kucing.

4. Hidungnya pesek

Hidung pesek pada kucing ternyata menjadi daya tarik sekaligus keunggulan. Kondisi tersebut membuat kucing ini nampak lebih lucu. Tak heran pecinta kucing banyak yang mencari hewan peliharaan dengan penampilan seperti ini.

5. Tubuhnya berisi

Meskipun kakinya kecil, namun tubuh kucing ini besar. Tubuh yang besar didukung dengan bulu yang halus membuat kucing ini mirip seperti batal.

6. Suka bermain

Tubuh yang besar tidak membuat kucing munchkin menjadi malas. Ia bahkan memiliki hobi bermain. Ketika Anda ingin merawat kucing ini, maka jangan lupa siapkan juga permainan seperti bola warna-warni untuk teman bermain kucing.

7. Tidak mudah stres

Jenis kucing ini tidak mudah mengalami stres. Ketika diajak berpindah tempat, ia akan cepat beradaptasi dengan lingkungan baru.

Cara Merawat Kucing Munchkin

Melihat ragam keunggulan yang dimilikinya, membuat kucing ini banyak diminati. Jika Anda salah satunya, maka penting untuk mengetahui cara merawat kucing munchkin dengan benar. Mengutip dari hewanesia.com, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat memelihara kucing ini.

1. Perhatikan kebutuhan kucing

Mengetahui terlebih dahulu kebutuhan kucing seperti kandang, makanan, minuman, vitamin, alat bermain, dan keperluan lainnya.

2. Memberikan makanan berkualitas

Makanan menjadi hal yang tidak boleh dilupakan. Berikan makanan bernutrisi sesuai dengan kebutuhan. Anak kucing munchkin membutuhkan nutrisi dua kali dibandingkan dengan kucing dewasa.

Namun saat baru lahir, sebaiknya biarkan anak kucing mendapatkan makanan dari air susu induknya. Berikan makanan tambahan ketika sudah berusia enam minggu.

Bagi kucing dewasa berikan makanan khusus untuk menjaga kesehatan kucing. Anda bisa memberikan ikan untuk tambahan nutrisi pada kucing dewasa.

3. Rutin memandikan kucing

Kebersihan kucing juga perlu dijaga. Jangan lupa untuk memandikan kucing secara rutin. Hal ini bertujuan untuk mencegah tumbuhnya jamur atau patogen penyebab penyakit lainnya.

4. Rutin cek kesehatan

Selain kebersihan, Anda juga harus rutin mengecek kesehatan kucing. Akan lebih baik jika diberikan vaksinasi untuk mencegah infeksi virus.

Harga Kuncing Munchkin

Ketertarikan orang terhadap kucing jenis ini membuat harganya cukup tinggi. Melansir dari infobinatang.com, harga kucing munchkin ternyata berbeda-beda.

Untuk anak kucing dipatok dengan hari antara Rp2.000.000 sampai Rp17.000.000. Sedangkan untuk kucing dewasa harganya sekitar Rp2.000.000 sampai Rp16.000.000.

Apabila ingin membeli kucing ini di caterry resmi yang bersertifikat. Mengapa harus membeli di tempat resmi? Karena hanya tempat tersebut yang memiliki izin untuk mengembangbiakan kucing ini. Selain itu, membeli di tempat resmi juga lebih terjamin dari segi silsilah genetiknya.

Gambar Kucing Munchkin

Berikut beberapa potret lucu dari kucing munchkin.

Kucing Munchkin (2)Potret lucu kucing munchkin (instagram.com/munchkinbemocat)
Kucing Munchkin
Kucing Munchkin dengan ciri khas kaki pendek (hewany.com)

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait