13 Jenis Kucing Terpopuler untuk Dipelihara

Kucing tak hanya menggemaskan tapi juga membawa manfaat apabila dirawat. Kenali jenis kucing terpopuler untuk dipelihara berikut ini.
Image title
26 Agustus 2021, 17:35
Jenis kucing Scottish Fold
Thirdman/Pexels
Jenis kucing Scottish Fold

Kucing merupakan salah satu binatang yang umumnya berbulu lebat dan akrab dengan kehidupan manusia sehari-hari, ditambah lagi jenis kucing semakin beragam dewasa ini. Tetapi tahukah Anda bahwa memelihara kucing juga memiliki manfaat untuk kesehatan?

Menurut para peneliti dalam delegasi American Stroke Association’s International Stroke Conference di New Orleans pada 2008, memelihara kucing dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung. Studi tersebut dilakukan selama 10 tahun terhadap lebih dari 4.000 warga Amerika.

Hasil penelitian oleh University of Minnesota Stroke Institute itu menunjukkan bahwa pemilik kucing memiliki kemungkinan 30% lebih kecil untuk meninggal karena serangan jantung atau strok daripada yang tidak memiliki kucing.

Pemilik kucing cenderung tidak menderita stres dan lebih santai karena kucing membuat pemiliknya merasa muda dan aktif. Merawat kucing juga dapat memberikan manfaat kesehatan, keterampilan sosial, dan rasa tanggung jawab terhadap orang lain. Bagi banyak orang, kucing adalah anggota keluarga yang tidak terpisahkan. Mereka memberikan kesenangan dan ikatan emosional.

Ada beberapa jenis kucing diteliti di seluruh dunia. Jenis tersebut dibedakan dari berbagai faktor seperti asal, warna, panjang bulu, bentuk wajah, tulang, dan sebagainya. Dalam buku Panduan Lengkap Kucing oleh Muhammad A. Suwed dan Rodame M. Napitupulu terdapat beberapa jenis kucing yang sudah diteliti dan diakui.

Jika Anda tertarik untuk merawat, berikut ini jenis kucing terpopuler untuk dipelihara.

1. Abyssinian

Abyssinian merupakan ras kucing tertua yang pernah diketahui. Penampilannya menyerupai lukisan dan patung yang berasal dari zaman mesir kuno. Kata abyssinian berasal dari bahasa Ethiopia yang diduga merupakan negara asal jenis kucing ini.

2. Sphynx

Sphynx adalah jenis kucing tanpa bulu dengan kulit keriput, telinga besar, mata dan tulang pipi menonjol. Jenis Sphynx pertama lahir di Kanada pada 1966, menurut Cat Fanciers' Association (CFA).

Kondisi kulit Sphynx yang tidak memiliki rambut adalah sebuah anomali genetik yang terjadi secara alami. Tampilan unik Sphynx menarik perhatian banyak pecinta kucing dan menjadikannya sebagai salah satu jenis kucing langka. Meskipun terlihat menyeramkan, kucing Sphynx energik, konyol dan menyenangkan.

Sphynx bukanlah kucing di luar ruangan karena kulit mereka terekspos, sehingga harus dilindungi. Namun, itu bukan berarti mereka tidak bisa keluar. Hanya saja, mereka tidak boleh dibiarkan berlama-lama di luar ruangan.

3. Devon Rex

Devon Rex adalah jenis kucing yang relatif baru dan ditemukan secara tidak sengaja di wilayah Devonshire, Inggris, pada 1960. Kucing ini memiliki berbagai julukan seperti kucing pixie, kucing alien, bahkan kelelawar.

Jenis kucing Devon Rex juga terkenal karena berperilaku lebih seperti anjing ketimbang seperti kucing. Dengan penampilannya yang unik, jenis Devon Rex menarik perhatian pecinta kucing di seluruh dunia karena kepribadiannya yang menyenangkan, unik, dan nakal.

4. Maine Coon

Maine Coon dapat dikenali dari ukurannya yang besar dan cakar serta telinganya yang berumbai. Maine Coon sering disebut sebagai raksasa lembut menurut CFA. Meskipun kucing ini berukuran besar, mereka dikenal penyayang dengan sesama kucing, manusia, anak-anak, dan spesies lain.

Secara umum, mereka cukup manja karena suka meringkuk di pangkuan. Maine Coon juga suka menunjukkan cinta mereka melalui suara, getaran, dan tingkah lainnya. Beberapa orang menganggap mereka seperti anjing karena mereka dapat belajar merespon perintah dasar.

5. Angora

Kucing Angora mempunyai bentuk tubuh yang besar, tebal, kepala bulat, dan badan pendek. Angora sering dikira kucing Persia, tetapi, kucing Angora lebih langsing, lentur serta berkepala berbentuk lancip (segitiga).

6. Burmese

Jenis Burmese adalah kucing yang pintar, halus, dan rapi. Burmese merupakan ras kucing yang mudah disisir dan lebih pintar dibanding ras kucing yang lain. Mereka juga energik dan dikenal menikmati permainan lempar tangkap.

Kucing Burmese suka mengikuti orang dari kamar ke kamar, berpelukan di pangkuan, dan tidur di tempat tidur Anda. Mereka juga rukun dengan anak-anak serta kucing dan anjing lainnya.

7. Persia

Persia adalah salah satu ras kucing paling populer yang dikenal karena kepribadiannya yang manis, lembut, dan ekspresinya yang menggemaskan. Kucing berbulu panjang ini cenderung lebih menyukai keadaan tenang dan sunyi.

Kucing Persia juga menyukai rutinitas, seperti menghabiskan waktu bersama pemiliknya dan menemukan tempat favorit untuk tidur siang. Mereka pendiam dan tidak banyak menuntut.

8. Birman

Jenis Birman berasal dari sepasang kucing bernama Orloff dan Xenia de kaabaa. Ras ini mengalami kemunduran akibat resesi dan perang dunia kedua. Jenis Birman mulai diakui di Inggris pada 1966. Jenis kucing Birman biasanya berwarna biru dan umumnya memiliki sifat pendiam.

9. American Shorthair

Jenis American Shorthair merupakan keturunan atau perkembangan dari ras European Shorthair dan British Shorthair. Kucing jenis ini memiliki reputasi sebagai "Ras Amerika". Jenis ini dikenal memiliki temperamen dengan watak yang baik dan kecerdasan yang tajam.

American Shorthair pintar bergaul dengan hewan peliharaan lain dan memiliki sifat lembut di sekitar anak-anak sehingga jenis ini dianggap sebagai hewan peliharaan yang ideal untuk keluarga dengan anak-anak.

10. Ragdoll

Ragdoll adalah kucing yang lembut dan santai serta suka mengikuti pemiliknya ke mana pun pergi. Mereka adalah kucing yang dikenal ramah dan sering menyapa anggota keluarga di pintu. Ragdoll rukun dengan kucing lainnya, bahkan juga anjing. Sifat lembut pada Ragdoll juga membuatnya cocok untuk keluarga khsusunya anak-anak dan manula. Meskipun mereka suka bermain, mereka tidak terlalu aktif. Mereka lebih suka nongkrong di lantai daripada mencari tempat yang tinggi untuk beristirahat.

11. Exotic Shorthair

Exotic Shorthair adalah jenis kucing hasil dari perkawinan antara American Shorthair dengan Persia yang berwarna abu-abu. Kucing jenis ini merupakan sahabat setia yang senang menghabiskan waktu bersama Anda dan diam-diam meminta perhatian.

Kucing Exotic Shorthair memiliki sifat menyenangkan, suka bersenang-senang, dan umumnya santai. Mereka tidak terlalu banyak bicara, mereka lebih suka mengeong dengan tenang dan melengking.

12. Scottish Folds

Scottish Folds tidak hanya menggemaskan, jenis kucing ini juga mudah beradaptasi, manis, dan penuh kasih. Mereka pendiam dan jinak, serta tidak banyak menuntut. Faktanya, Scottish Fold cenderung lebih suka memiliki teman, mereka tidak suka ditinggal sendirian di rumah dalam waktu lama.

Jika lelah bermain, mereka biasanya suka hinggap di pangkuan Anda atau dengan lembut meringkuk di samping pemiliknya. Terlepas dari kepribadian mereka yang pendiam, jenis kucing ini cukup santai. Mereka dapat menyesuaikan diri dengan orang atau situasi baru dengan mudah.

13. British Shorthair

Jenis kucing ini dipercaya berasal dari bangsa Romawi yang kemudian dibawa ke Inggris pada abad pertama. Saat itu, ras ini hidup berdampingan dan dibiakkan dengan kucing liar asli Inggris. Bertahun-tahun kemudian, British Shorthair disilangkan dengan kucing Persia, sehingga sedikit mengubah tampilan kucing dan meningkatkan ketebalan mantel bulunya.

Tidak hanya sebagai salah satu ras kucing paling populer, British Shorthair juga sering dipilih untuk tampil di TV, film, dan bahkan di buku. Anda mungkin mengenali kucing di banyak iklan merek Whiskas.

Kepopuleran British Shorthair telah digunakan sebagai inspirasi media, seperti dalam novel Stephen King berjudul Pet Sematary, Garfield: The Movie dan "Cheshire Cat" di Alice's Adventures in Wonderland.

Itulah beberapa jenis kucing yang sudah diteliti dan diakui. Memelihara kucing dapat menjadi hobi yang menyenangkan dan membawa manfaat.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait