8 Nama-nama Surga dalam Al-Quran beserta Artinya

Surga merupakan tempat indah yang di akhirat untuk umat Islam yang beriman, taat, dan dikasihi Allah. Ada banyak nama-nama surga dalam Islam dengan arti yang berbeda.
Image title
14 Oktober 2021, 20:52
8 Nama-nama Surga dalam Al-Quran beserta Artinya
ANTARA FOTO/REUTERS/Alaa Al-Marjani/AWW/sa.
Alaa Al-Marjani Seorang pria berdoa di sebuah masjid di tengah merebaknya wabah penyakit virus corona (COVID-19), selama bulan suci Ramadhan di Najaf, Irak, Sela(20/4/2021).

Semua umat Islam pasti ingin masuk surga. Menurut penjelasan di Jurnal al-Fath 11(2), surga adalah balasan luas biasa yang disediakan Allah untuk hamba yang dicintai-Nya dan taat kepada perintah-Nya. Nama-nama surga ada banyak dengan arti dan tingkatan yang berbeda.

Nama-nama Surga dalam Al-Quran

Mengutip dari Jurnal al-Fath 11(2) dan buku “Akidah Akhlak MI Kelas III”, berikut ini nama-nama surga yang ada dalam Alqur’an.

1. Surga Firdaus

Surga Firdaus adalah tempat untuk untuk orang yang shalatnya khusuk, menjauhkan diri dari perbuatan sia-sia, rutin membayar zakat, menjaga kemaluannya, menjaga amanah, menepati janji, dan menjaga salat.

Ayat Al-Quran yang menyebutkan nama surga ini yaitu Al-Kahfi ayat 107 dan Al-Mukminun ayat 9 – 11. Berikut ini bunyi Q.S Al-Kahfi ayat 107 beserta artinya.

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّاتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلاً -١٠٧-

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, bagi mereka adalah Surga Firdaus menjadi tempat tinggal (QS. Al-Kahfi ayat 107).

2. Surga ‘Adn

Nama surga yang kedua yaitu Surga ‘Adn. Salah satu ayat yang menyebutkan surga ini yaitu Q.S. At-Taubah ayat 72 yang berbunyi;

وَعَدَ اللّهُ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا وَمَسَاكِنَ طَيِّبَةً فِي جَنَّاتِ عَدْنٍ وَرِضْوَانٌ مِّنَ اللّهِ أَكْبَرُ ذَلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ -٧٢

Artinya: Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin, lelaki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamnya, dan (mendapat) tempat-tempat yang bagus di Surga 'Adn. dan keridhaan Allah adalah lebih besar; itu adalah keberuntungan yang besar (QS. At-Taubah atau 72).

Siapa yang akan menempati Surga ‘Adn? Menurut penjelasan di buku “Akidah Akhlak MI Kelas III”, diperuntukan bagi umat Islam yang bertakwa kepada Allah, beriman dan beramal saleh, melakukan perbuatan baik, sabar, berinfak dengan harta yang dimilikinya, dan membalas kejahatan dengan kebaikan.

3. Surga Al-Na’im

Surga ini merupakan tempat untuk orang yang bertakwa kepada Allah dan beramal saleh. Nama surga ini juga disebutkan dalam Al-Quran tepatnya di Surat Luqman ayat 8 – 9. Berikut bunyi ayat dan artinya.

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ جَنَّاتُ النَّعِيمِ -٨- خَالِدِينَ فِيهَا وَعْدَ اللَّهِ حَقّاً وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ -٩-

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan, kekal mereka didalamnya. Sebagai janji Allah yang benar dan Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana (Q.S. Luqman ayat 8 – 9).

4. Surga Al-Ma’wa

Nama-nama surga selanjutnya yaitu Surga Al-Ma’wa. Surga ini diperuntukan bagi orang uang bertakwa kepada Allah, beramal saleh, serta takut kepada kebesaran Allah dan mampu menahan hawa nafsunya.

Ayat Al-Quran yang menyebutkan nama surga ini salah satunya Q.S. As-Sajdah ayat 19 yang berbunyi.

أَمَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ جَنَّاتُ الْمَأْوَى نُزُلاً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ -١٩-

Artinya: Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, maka bagi mereka janah tempat kediaman sebagai pahala terhadap apa yang mereka kerjakan (Q.S. As-Sajdah ayat 19).

5. Surga Darussalam

Darussalam menjadi nama surga selanjutnya yang disebutkan dalam Al-Quran. Ayat yang menyebutkan nama surga ini salah satunya Surat Yunus ayat 25.

وَاللّهُ يَدْعُو إِلَى دَارِ السَّلاَمِ وَيَهْدِي مَن يَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ -٢٥-

Artinya: Allah menyeru (manusia) ke Dar as-Salam (surga) dan menunjuki orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus (Islam) (Q.S. Yunus ayat 25).

Surga ini menjadi tempat kembali orang yang kuat iman dan Islamnya, memperhatikan ayat Allah, dan beramal saleh.

6. Surga Darul Muqamah

Darul Muqamah merupakan surga untuk orang yang senantiasa bersyukur kepada Allah. Arti Darul Muqamah yaitu tempat tinggal orang yang tidak pernah lelah dan tidak merasa lesu. Nama surga ini disebutkan dalam Q.S. Fatir ayat 35.

الَّذِي أَحَلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ مِن فَضْلِهِ لَا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلَا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوبٌ -٣٥-

Artinya: Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunianya-Nya, didalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu (Q.S. Fatir ayat 35).

7. Surga al-Maqamul Amin

Nama-nama surga selanjutnya yaitu al-Maqamul Amin. Surga ini menjadi tempat bagi orang yang bertakwa. Sebagaimana disebutkan dalam Q.S. Ad-Dukhan ayat 51 yang berbunyi;

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي مَقَامٍ أَمِينٍ -٥١-

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman (Q.S. Ad-Duhkan ayat 51).

8. Surga Khuldi

Surga Khuldi menjadi nama surga terakhir. Surga ini diperuntukan bagi orang yang taat terhadap perintah Allah dan menjauhi larangannya. Surga Khuldi disebutkan dalam salah satu ayat Al-Quran yaitu di Q.S. Al-Furqan ayat 15 sampai 16.

قُلْ أَذَلِكَ خَيْرٌ أَمْ جَنَّةُ الْخُلْدِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ كَانَتْ لَهُمْ جَزَاء وَمَصِيراً -١٥- لَهُمْ فِيهَا مَا يَشَاؤُونَ خَالِدِينَ كَانَ عَلَى رَبِّكَ وَعْداً مَسْؤُولاً -١٦-

Artinya: “Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa? Dia menjadi balasan dan tempat kembal bagi mereka?” Bagi mereka di dalam surga itu apa yang mereka kehendaki, sedang mereka kekal (didalamnya). (hal itu) adalah janji Tuhanmu yang patut dimohonkan (kepada-Nya) (Q.S. Al-Furqan ayat 15 – 16).

Arti Nama-nama Surga

Delapan nama-nama surga tersebut memiliki arti yang berbeda-beda. Mengutip dari Jurnal al-Fath 11(2) dan Skripsi yang berjudul “Surga dalam Prespektif Al-Quran”, berikut ini arti dari delapan surga tersebut.

  1. Surga Firdaun berarti lembah yang subur atau taman atau kebun kurma.
  2. Surga ‘Adn berarti tinggal atau menetap.
  3. Surga Al-Na’im berarti tempat penuh kenikmatan yang terbuat dari perak putih.
  4. Surga Al-Ma’wa berarti surga tempat kembali.
  5. Surga Darussalam berarti perumahan kesejahteraan.
  6. Surga Darul Muqamah berarti perumahan ketenangan.
  7. Surga al-Muqamul Amin berarti kedudukan sentosa.
  8. Surga Khuldi berarti kekal.

Gambaran Surga

Setelah mengetahui nama-nama surga beserta artinya, mungkin banyak diantara kita yang ingin mengetahui gambaran surga. Mengutip dari Jurnal al-Asas, Vol. 1 No. 2, surga digambarkan sebagai kebun sejuk yang mewah. Dalam kebun tersebut terdapat pohon rindah dan bebas dari parahara.

Gambaran surga lainnya yaitu sebuah tempat yang terdapat aliran sungai jernih dan tempat para bidadari-bidadari. Pada jurnal tersebut juga dijelaskan bahwa kenikmatan di surga sifatnya kekal dan abadi. Segala kenikmatan dalam surga bisa didapatkan dan dirasakan oleh penghuninya secara luas.

Itulah penjelasan tentang nama-nama surga beserta gambarannya yang dilansir dari berbagai sumber. Surga menjadi bagian dari akhirat yang harus diimani umat Islam. Dengan percaya terhadap keberadaan surga semoga bisa bernilai ibadah bagi penganut agama Islam.   

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait