8 Nama-nama Surga dalam Al-Quran beserta Artinya

Siti Nur Aeni
14 Oktober 2021, 20:52
8 Nama-nama Surga dalam Al-Quran beserta Artinya
ANTARA FOTO/REUTERS/Alaa Al-Marjani/AWW/sa.
Alaa Al-Marjani Seorang pria berdoa di sebuah masjid di tengah merebaknya wabah penyakit virus corona (COVID-19), selama bulan suci Ramadhan di Najaf, Irak, Sela(20/4/2021).

Semua umat Islam pasti ingin masuk surga. Menurut penjelasan di Jurnal al-Fath 11(2), surga adalah balasan luas biasa yang disediakan Allah untuk hamba yang dicintai-Nya dan taat kepada perintah-Nya. Nama-nama surga ada banyak dengan arti dan tingkatan yang berbeda.

Nama-nama Surga dalam Al-Quran

Mengutip dari Jurnal al-Fath 11(2) dan buku “Akidah Akhlak MI Kelas III”, berikut ini nama-nama surga yang ada dalam Alqur’an.

1. Surga Firdaus

Surga Firdaus adalah tempat untuk untuk orang yang shalatnya khusuk, menjauhkan diri dari perbuatan sia-sia, rutin membayar zakat, menjaga kemaluannya, menjaga amanah, menepati janji, dan menjaga salat.

Ayat Al-Quran yang menyebutkan nama surga ini yaitu Al-Kahfi ayat 107 dan Al-Mukminun ayat 9 – 11. Berikut ini bunyi Q.S Al-Kahfi ayat 107 beserta artinya.

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّاتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلاً -١٠٧-

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, bagi mereka adalah Surga Firdaus menjadi tempat tinggal (QS. Al-Kahfi ayat 107).

2. Surga ‘Adn

Nama surga yang kedua yaitu Surga ‘Adn. Salah satu ayat yang menyebutkan surga ini yaitu Q.S. At-Taubah ayat 72 yang berbunyi;

وَعَدَ اللّهُ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا وَمَسَاكِنَ طَيِّبَةً فِي جَنَّاتِ عَدْنٍ وَرِضْوَانٌ مِّنَ اللّهِ أَكْبَرُ ذَلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ -٧٢

Artinya: Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin, lelaki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamnya, dan (mendapat) tempat-tempat yang bagus di Surga 'Adn. dan keridhaan Allah adalah lebih besar; itu adalah keberuntungan yang besar (QS. At-Taubah atau 72).

Siapa yang akan menempati Surga ‘Adn? Menurut penjelasan di buku “Akidah Akhlak MI Kelas III”, diperuntukan bagi umat Islam yang bertakwa kepada Allah, beriman dan beramal saleh, melakukan perbuatan baik, sabar, berinfak dengan harta yang dimilikinya, dan membalas kejahatan dengan kebaikan.

3. Surga Al-Na’im

Surga ini merupakan tempat untuk orang yang bertakwa kepada Allah dan beramal saleh. Nama surga ini juga disebutkan dalam Al-Quran tepatnya di Surat Luqman ayat 8 – 9. Berikut bunyi ayat dan artinya.

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ جَنَّاتُ النَّعِيمِ -٨- خَالِدِينَ فِيهَا وَعْدَ اللَّهِ حَقّاً وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ -٩-

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan, kekal mereka didalamnya. Sebagai janji Allah yang benar dan Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana (Q.S. Luqman ayat 8 – 9).

4. Surga Al-Ma’wa

Nama-nama surga selanjutnya yaitu Surga Al-Ma’wa. Surga ini diperuntukan bagi orang uang bertakwa kepada Allah, beramal saleh, serta takut kepada kebesaran Allah dan mampu menahan hawa nafsunya.

Ayat Al-Quran yang menyebutkan nama surga ini salah satunya Q.S. As-Sajdah ayat 19 yang berbunyi.

أَمَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ جَنَّاتُ الْمَأْوَى نُزُلاً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ -١٩-

Artinya: Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, maka bagi mereka janah tempat kediaman sebagai pahala terhadap apa yang mereka kerjakan (Q.S. As-Sajdah ayat 19).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...