Cara Menanam Hidroponik untuk Pemula Mudah dan Sederhana

Siti Nur Aeni
10 November 2021, 17:24
Cara Menanam Hidroponik untuk Pemula Mudah dan Sederhana
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/rwa.
Seorang siswa merawat bibit sayuran kangkung dengan sistem tanam hidroponik di Sekolah Alam Tunas Mulia, Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/2/2021). Sekolah Alam Tunas Mulia mengajarkan budidaya tanaman hidroponik untuk edukasi siswa-siswi bercocok tanam dengan memanfaatkan lahan terbatas.

Budidaya tanaman secara hidroponik kini tengah banyak digemari. Meskipun sudah banyak dikenal, namun belum semua orang paham cara menanam hidroponik. Padahal budidaya tanaman dengan sistem ini tidak sulit. Anda bahkan bisa menggunakan alat dan bahan sederhana yang mudah dijumpai.

Hidoponik sebenarnya banyak jenisnya. Namun tak semuanya mudah dipraktikan untuk pemula. Sebab modal untuk membuat instalasi hidroponik tidak murah dan perawatan tanamannya juga harus dilakukan dengan serius.

Bagi Anda yang tidak memiliki pemahaman dasar tentang ilmu pertanian, ada cara mudah untuk membuat hidroponik sederhana di rumah. Yakni dengan menerapkan hirdoponik sistem wick. Apa itu hidroponik sistem wick? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Hidroponik Sistem Wick

Wick System merupakan cara menanam hidroponik sederhana yang cocok untuk pemula. Dalam website pertanian.go.id, dijelaskan bahwa sistem hirdoponik ini dikenal sebagai sistem pasif. Sebab tidak ada bagian yang bergerak.

Larutan nutrisi ditarik ke media tanam dengan bantuan sumbu. Biasanya sumbu yang digunakan berasal dari kain flanel atau bahan lain yang mudah menyerap air.

Untuk menanam tanaman dengan sistem ini, Anda bisa menggunakan media tanam hidroponik seperti rockwool, perlite, bermiculite, kerikil, hydroton, arang sekam, dan cocopeat.

Cara Menanam Hidroponik Sederhana

Menanam tanaman dengan menggunakan sistem wick sangatlah mudah. sehingga siapa saja bisa membuatnya. Bahan-bahan yang digunakan juga banyak dijumpai. Sistem wick ini juga menjadi salah satu cara mengolah sampah plastik khususnya botol bekas air mineral.

Mengutip dari Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat PNP 2(2), berikut ini cara membuat menanam hidroponik sistem wick.

1. Mempersiapkan alat dan bahan

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat hendak membuat hidroponik sederhana yaitu mempersiapkan alat dan bahan. Wick system membutuhkan beberapa lat dan bahan seperti berikut ini:

  • Botol air mineral bekas ukuran 600 ml.
  • Gunting, pisau, atau cutter.
  • Sumbu kompor, kain bekas, atau kain flanel yang digunakan untuk mengalirkan nutrisi.
  • Bibit tanaman.
  • Media tanam rockwool.
  • Nutrisi pupuk AB Mix.
  • Air
  • Paku

2. Membuat sistem wick

Cara menanam hidroponik selanjutnya yaitu dengan membuat sistem wick itu sendiri. Adapun caranya sebagai berikut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...