13 Manfaat Push Up untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Manfaat push up sangat beragam seperti menguatkan otot, tulang, menurunkan berat badan. . Manfaat tersebut dapat dirasakan apabila olahraga tersebut dilakukan secara rutin.
Image title
17 November 2021, 10:14
13 Manfaat Push Up untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui
Pexels.com
Ilustrasi perempuan yang sedang melakukan olahraga push up

Push up merupakan olahraga sederhana yang mudah dilakukan. Manfaat push up juga sangat banyak. Manfaat tersebut dapat dirasakan apabila olahraga tersebut dilakukan secara rutin.

Olahraga push up melibatkan otot bagian atas dan bisa melatih otot bisep, trisep, dada, dan bahu. Apa saja manfaat olahraga push up untuk kesehatan? Yuk simak penjelasan berikut.

Manfaat Push up untuk Kesehatan

Aktivitas fisik dengan gerakan sederhana ini memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa studi juga menyebutkan bahwa push up memberikan dampak positif bagi tubuh. Mengutip dari sehatq.com, alodokter.com, dan honestdocs.id berikut beberapa manfaat dari push up untuk kesehatan.

1. Memperkuat otot bahu

Gerakan olahraga push up diketahui efektif menguatkan otot di sekitar sendi bahu. Maka tak heran jika mereka yang sering push up biasanya memiliki bahu yang bidang.

Olahraga ini membuat banyak otot bergerak seperti otot dada, lengan, punggung atas dan inti, otot kaki, serta pinggul. Hal tersebut penting untuk menguatkan seluruh otot tubuh.

2. Menambah kekuatan dan massa otot

Manfaat push up lainnya yaitu bisa menambah kekuatan dan massa otot. Sebab gerakan push up memiliki banyak variasi yang memiliki manfaat tersendiri.

Misalnya backward push up membat otot perut dan punggung lebih terbentuk. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa variasi gerakan push up ini bisa meningkatkan kondisi dan kekuatan tubuh bagian atas.

Variasi gerakan push up lain yang juga berguna untuk membentuk otot yaitu push up sempit. Gerakan tersebut diketahui memberikan manfaat untuk membentuk otot tricep.

3. Memelihara kesehatan jantung

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pria yang melakukukan push up sebanyak 40 kali berturut-turut, dapat terhindar dari penyakit jantung hingga 96% dibandingkan yang tidak bisa push up sebanyak 10 kali.

Para peneliti juga menyebutkan bahwa melakukan push up 11 kali bisa menurunkan risiko penyakit jantung 64%. Meskipun demikian, Anda tidak harus melakukan push up dalam jumlah yang banyak, lakukanlah semampunya. Sebab walaupun singkat, manfaat push up tetap bisa dirasakan.

4. Meningkatkan jumlah tertosteron

Manfaat push up untuk pria juga dipercaya bisa memperbanyak terstosteron dalam tubuh. Testosteron adalah hormon yang terdapat di pria dan memberikan pengaruh terhadap karakter pria. Misalnya suara berat, rambut di wajah, dan fungsi seksual.

Dengan melakukan push up diketahui hormon tersebut bisa meningkat. Sehingga akan berpengaruh ke performa fisik, massa otot, dan dorongan seksual pada pria.

5. Mengencangkan payudara

Selain untuk pria, olahraga push up juga bermanfaat untuk wanita. Manfaat push up bagi wanita yaitu busa membantu mengencangkan payudara. Dengan olahraga payudara bisa lebih sehat dan kencang.

Bukan hanya payudara, push up juga bisa membantu mengencangkan bagian tubuh lain seperti lengan, perut, hingga tungkai. Efek mengencangkanya bahkan lebih baik dibandingkan olahraga lain seperti senam aerobik, jalan kaki, atau yoga.

6. Membantu menurunkan berat badan secara alami

Push up yang dilakukan secara rutin bisa membantu menurunkan berat badan. Olahraga ini diketahui bisa membakar kalori tubuh dengan cepat. Dalam satu menit ada sekitar 7 kalori yang terbakar. Sehingga push up bisa menjadi pilihan olahraga saat Anda sedang menjalankan program diet.

7. Menjaga keseimbangan tubuh

Manfaat push up untuk kesehatan lainnya yaitu bisa membantu menyeimbangkan tubuh. Hal tersebut dikarenakan olahraga push up dapat membantu membentuk kekuatan otot dan berpengaruh ke keseimbangan tubuh. Pada orang tua atau lansia, efek tersebut bisa mengurangi risiko cidera saat terjatuh.

8. Mencegah sarcopenia

Sarcopenia adalah gangguan kesehataan yang terjadi akibat massa otot mengalami penurunan. Kondisi ini biasanya banyak dialami para lansia. Sehingga tubuhnya menjadi lebih remah. Gangguan kesehatan tersebut diketahui lebih cepat terjadi pada orang yang jarang olahraga.

Untuk mencegah dan memperlambat sarcopenia, maka sangat disarankan untuk melakukan olahraga dengan rutin. Push up dapat menjadi pilihan sebab lolahraga ini bisa membantu pembentukan massa otot.

9. Memperbaiki postur tubuh

Manfaat push up lainnya yaitu bisa memperbaiki postur tubuh. Olahraga ini diketahui bisa meluruskan punggung sehingga tubuh menjadi lebih tegak ketika berdiri.

10. Mencegah rasa nyeri leher dan pundak

Saat push up otot bahu akan bergerak. Sehingga rangkaian otot tersebut akan menjadi fleksibel dan kuat. Hal ini yang membuat push up bisa mencegah nyeri bahkan cidera.

11. Mencegah sakit punggung bawah

Selain bisa mencegah nyeri leher dan pundak, push up juga bisa mencegah nyeri punggung bawah. Hal ini dikarenakan gerakan push up membuat otot perut, punggul, dan punggung bawah menjadi lebih kuat. Dengan demikian tulang bisa membantu menopang tulang belakang dengan baik.

Tubuh yang stabil membuat sakit punggung bisa dicegah. Olahraga ini juga sangat cocok untuk Anda yang sering membawa atau mengangkat barang dalam jumlah banyak. Push up bisa mencegah terjadinya rasa nyeri setelah mengangkat atau membawa barang.

12. Menambah ketangkasan

Push up tidak hanya membuat tubuh lebih seimbang, namun membuat tubuh menjadi lebih tangkas. Olahraga ini membuat seluruh bagian otot bergerak dan terlatih.

Dengan demikian tubuh menjadi lebih fleksibel dan lincah. Maka dari itu, dengan melakukan olahraga ini tubuh menjadi tidak cepat lelah saat melakukan banyak aktivitas.

13. Memelihara kesehatan tulang

Manfaat push up selanjutnya yaitu bisa membantu memelihara kesehatan tulang. Push up membuat tulang lebih kuat dan sehat, khususnya tulang pergelangan tangan dan bahu. Olahraga ini juga bisa menjaga kepadatan tulang sehingga secara tidak langsung bisa mencegah osteoporosis.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait