13 Manfaat Push Up untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Siti Nur Aeni
17 November 2021, 10:14
13 Manfaat Push Up untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui
Pexels.com
Ilustrasi perempuan yang sedang melakukan olahraga push up

Push up merupakan olahraga sederhana yang mudah dilakukan. Manfaat push up juga sangat banyak. Manfaat tersebut dapat dirasakan apabila olahraga tersebut dilakukan secara rutin.

Olahraga push up melibatkan otot bagian atas dan bisa melatih otot bisep, trisep, dada, dan bahu. Apa saja manfaat olahraga push up untuk kesehatan? Yuk simak penjelasan berikut.

Manfaat Push up untuk Kesehatan

Aktivitas fisik dengan gerakan sederhana ini memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa studi juga menyebutkan bahwa push up memberikan dampak positif bagi tubuh. Mengutip dari sehatq.com, alodokter.com, dan honestdocs.id berikut beberapa manfaat dari push up untuk kesehatan.

1. Memperkuat otot bahu

Gerakan olahraga push up diketahui efektif menguatkan otot di sekitar sendi bahu. Maka tak heran jika mereka yang sering push up biasanya memiliki bahu yang bidang.

Olahraga ini membuat banyak otot bergerak seperti otot dada, lengan, punggung atas dan inti, otot kaki, serta pinggul. Hal tersebut penting untuk menguatkan seluruh otot tubuh.

2. Menambah kekuatan dan massa otot

Manfaat push up lainnya yaitu bisa menambah kekuatan dan massa otot. Sebab gerakan push up memiliki banyak variasi yang memiliki manfaat tersendiri.

Misalnya backward push up membat otot perut dan punggung lebih terbentuk. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa variasi gerakan push up ini bisa meningkatkan kondisi dan kekuatan tubuh bagian atas.

Variasi gerakan push up lain yang juga berguna untuk membentuk otot yaitu push up sempit. Gerakan tersebut diketahui memberikan manfaat untuk membentuk otot tricep.

3. Memelihara kesehatan jantung

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pria yang melakukukan push up sebanyak 40 kali berturut-turut, dapat terhindar dari penyakit jantung hingga 96% dibandingkan yang tidak bisa push up sebanyak 10 kali.

Para peneliti juga menyebutkan bahwa melakukan push up 11 kali bisa menurunkan risiko penyakit jantung 64%. Meskipun demikian, Anda tidak harus melakukan push up dalam jumlah yang banyak, lakukanlah semampunya. Sebab walaupun singkat, manfaat push up tetap bisa dirasakan.

4. Meningkatkan jumlah tertosteron

Manfaat push up untuk pria juga dipercaya bisa memperbanyak terstosteron dalam tubuh. Testosteron adalah hormon yang terdapat di pria dan memberikan pengaruh terhadap karakter pria. Misalnya suara berat, rambut di wajah, dan fungsi seksual.

Dengan melakukan push up diketahui hormon tersebut bisa meningkat. Sehingga akan berpengaruh ke performa fisik, massa otot, dan dorongan seksual pada pria.

5. Mengencangkan payudara

Selain untuk pria, olahraga push up juga bermanfaat untuk wanita. Manfaat push up bagi wanita yaitu busa membantu mengencangkan payudara. Dengan olahraga payudara bisa lebih sehat dan kencang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...