Ketahui Cara Menurunkan Berat Badan Cepat, Alami, dan Mudah

Ada beberapa cara menurunkan berat badan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh.
Image title
21 Juli 2021, 18:25
Ketahui Cara Menurunkan Berat Badan Cepat, Alami, dan Mudah
ANTARA FOTO/REUTERS/Francis Mascarenhas/hp/dj
Olahraga yoga menjadi salah satu pilihan olahraga yang bisa menurunkan berat badan

Manfaat memiliki tubuh ideal tak hanya sekadar membuat penampilan menjadi menarik. Bobot tubuh yang sesuai juga mencegah seseorang dari berbagai penyakit, seperti diabetes, jantung, dan pernapasan. 

Apabila merasa berat badan sudah berlebihan, ada beberapa cara untuk menurunkannya. Berikut ini berbagai cara menurunkan berat badan.

 

Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan?

Untuk menurunkan berat badan perlu komitmen kuat  agar tetap konsisten dalam menjalankan programnya. Hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan sebagai berikut:

Advertisement

1. Tentukan target

Target berat badan yang dibuat harus sesuai dengan umur dan tinggi tubuh. Bisa juga  berdasarkan saran dari ahli gizi. Target berat badan inilah yang akan menjadi penyemangat  dalam melaksanakan program penurunan berat badan.

Anda bisa membuat target secara bertahap agar tidak terasa berat. Misalnya, pekan ini targetnya menurunkan berat badan 0,5 kilogram (kg). Pada minggu berikutnya target ini dapat sama atau bertambah. Lakukan secara konsisten sampai mendapatkan berat badan yang ideal.

2. Menjaga makan

Makanan menjadi perhatian utama saat hendak menurunkan berat badan. Anda bisa mencatat kebiasaan makan, mulai dari jenis sampai waktu makan. Kemudian, lihat apa yang harus diubah. Misalnya, Anda terbiasa makan makanan cepat saji atau fast food. Anda dapat menggantinya dengan makanan rendah kalori.

3. Olahraga

Olahraga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan kalori pun akan terbakar. Dengan begitu, berat badan akan cepat turun. Beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan adalah bersepeda, joging, angkat beban, berenang, dan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan.

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan namun hanya dalam waktu yang singkat. Apakah hal tersebut bisa? 

1. Mengurangi asupan kalori ke dalam tubuh

Cara menurunkan berat badan dengan cepat adalah mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Kalori merupakan kandungan atau jumlah energi yang ada di dalam sebuah makanan maupun minuman. Setiap orang membutuhkan kalori yang berbeda-beda. 

Beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi jumlah kalori adalah:

  • Mengurangi karbohidrat
  • Memperbanyak konsumsi protein
  • Jangan konsumsi minuman yang bersoda atau jus buah dalam kemasan
  • Banyak minum air putih

2. Ikuti latihan HIIT

High-intensity interval training atau HIIT merupakan dasar-dasar dari olahraga. Latihan HIIT dapat Anda ikuti dengan mudah, yaitu berjalan selama 3 menit, kemudian berlari sebentar, dan berjalan lagi selama 3 menit. Setelah itu, Anda bisa lari lagi sebentar dan latihan selesai. Latihan ini selain untuk membakar kalori, juga memperlancar metabolisme tubuh.

3. Kurangi konsumsi gula

Meskipun rasanya manis, gula bisa menjadi salah satu penyebab berat badan naik drastis. Untuk itu, salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi konsumsi gula. Anda bisa mengganti konsumsi gula dengan gula diet yang tidak terlalu manis namun masih terasa enak. Selain itu, anda juga harus menghentikan konsumsi makanan olahan yang mengandung banyak gula.

4. Istirahat yang cukup

Istirahat juga menjadi hal yang sangat penting untuk menurunkan bobot tubuh badan. Tidur yang cukup akan membantu tubuh  kembali bugar. Dengan begitu, metabolisme menjadi lancar dan kalori di dalam tubuh bisa lebih cepat terbakar. Namun, tidak dianjurkan tidur setelah makan karena justru dapat menyebabkan berat badan naik dan tidak baik untuk kesehatan.

5. Konsumsi lemak sehat

Untuk membakar lemak dalam tubuh, Anda harus menggantinya dengan lemak yang lebih sehat. Lemak merupakan sumber energi sehingga harus tetap terpenuhi di dalam tubuh. Beberapa sumber lemak yang sehat adalah alpukat, chia seed, telur, ikan, dan kacang-kacangan.

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Makanan dan minuman berikut ini bisa menjadi salah satu cara menurunkan berat badan secara alami.

1. Jus sayur

Sayuran yang dihaluskan kemudian dikonsumsi setiap hari dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Beberapa sayuran yang biasanya dijadikan jus diet, yaitu wortel, tomat, bit, mentimun, pakcoy, dan kale.  Selain bisa untuk menurunkan berat badan, jus ini juga memiliki kandungan antioksidan dan vitamin yang tinggi sehingga dapat menjaga daya tahan tubuh, dan badan jadi tidak mudah sakit.

2. Green tea

Teh hijau atau green tea sudah sejak lama dipercaya dapat menurunkan berat badan. Green tea memiliki kandungan katekin tinggi. Katekin ini masuk dalam kelompok antikoksidan yang bisa mempercepat pembakaran lemak dan menjaga metabolisme tubuh. Aroma teh hijau yang menenangkan juga bisa mejadi pereda stres dan lelah. Konsumsi teh hijau yang rutin akan mendapatkan dua kebaikan sekaligus yakni berat badan yang berkurang dan tubuh menjadi relaks.

3. Air putih

Meskipun rasanya cenderung tawar, namun air putih memberi manfaat sangat banyak. Bukan hanya untuk menjaga tubuh agar tetap fit, air mineral juga dapat menjadi salah satu cara menurunkan berat badan.

Hal ini karena air putih memiliki kemampuan membantu tubuh dalam membakar kalori. Anda bisa minum segelas air putih sebelum makan agar mendapatkan manfaat tersebut.

4. Air jahe

Jahe menjadi salah satu rempah-rempah yang kaya akan manfaat. Beberapa waktu belakangan pamor jahe semakin naik seiring dengan meningkatnya kesadaran banyak orang untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Selain memiliki kemampuan menjaga imunitas, jahet dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Anda bisa mengkonsumi air jahe saat sedang diet, karena air dari rempah ini bisa membantu untuk tetap merasakan kenyang. Kandungan gingerol dalam jahe juga membantu menjaga kesehatan organ pencernaan. 

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Di Rumah

Selama pandemi Covid-19, aktivitas masyarakat lebih banyak di rumah. Namun, hal tersebut seharusnya tak menyurutkan niat untuk menurunkan berat badan. Ada beberapa olahraga yang bisa dilakukan dari rumah dan dipercaya ampuh untuk menurunkan berat badan. Berikut ini jenisnya:

1. Yoga

Banyak orang melakukan yoga untuk melatih penafasan dan mendapatkan ketenangan. Olahraga ini juga dapat menjadi salah satu cara menurunkan berat badan di rumah. Ada gerakan yoga yang diketahui bisa membantu menurunkan berat badan seperti gerakan down-dog. Melalui gerakan ini tubuh akan mengalami peregangan secara maksimal sehingga kalori lebih banyak terbakar.

2. Plank

Olahraga satu ini juga bisa menjadi salah satu cara menurunkan berat badan. Cara untuk melakukannya sebaagai berikut:

  • Siapkan matras atau alas
  • Posisikan badan seperti hendak push up
  • Arahkan telapak tangan ke bawah lengan dan menempel matras. Posisi lengan harus membentuk suduh 90 derajat terhadap punggung.
  • Tahan posisi tersebut selama dua menit dan ulangi sebanyak 10 kali atau sesuai dengan kemampuan.

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait