Ketahui Cara Menurunkan Berat Badan Cepat, Alami, dan Mudah

Siti Nur Aeni
21 Juli 2021, 18:25
Ketahui Cara Menurunkan Berat Badan Cepat, Alami, dan Mudah
ANTARA FOTO/REUTERS/Francis Mascarenhas/hp/dj
Olahraga yoga menjadi salah satu pilihan olahraga yang bisa menurunkan berat badan

Manfaat memiliki tubuh ideal tak hanya sekadar membuat penampilan menjadi menarik. Bobot tubuh yang sesuai juga mencegah seseorang dari berbagai penyakit, seperti diabetes, jantung, dan pernapasan. 

Apabila merasa berat badan sudah berlebihan, ada beberapa cara untuk menurunkannya. Berikut ini berbagai cara menurunkan berat badan.

Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan?

Untuk menurunkan berat badan perlu komitmen kuat  agar tetap konsisten dalam menjalankan programnya. Hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan sebagai berikut:

1. Tentukan target

Target berat badan yang dibuat harus sesuai dengan umur dan tinggi tubuh. Bisa juga  berdasarkan saran dari ahli gizi. Target berat badan inilah yang akan menjadi penyemangat  dalam melaksanakan program penurunan berat badan.

Anda bisa membuat target secara bertahap agar tidak terasa berat. Misalnya, pekan ini targetnya menurunkan berat badan 0,5 kilogram (kg). Pada minggu berikutnya target ini dapat sama atau bertambah. Lakukan secara konsisten sampai mendapatkan berat badan yang ideal.

2. Menjaga makan

Makanan menjadi perhatian utama saat hendak menurunkan berat badan. Anda bisa mencatat kebiasaan makan, mulai dari jenis sampai waktu makan. Kemudian, lihat apa yang harus diubah. Misalnya, Anda terbiasa makan makanan cepat saji atau fast food. Anda dapat menggantinya dengan makanan rendah kalori.

3. Olahraga

Olahraga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan kalori pun akan terbakar. Dengan begitu, berat badan akan cepat turun. Beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan adalah bersepeda, joging, angkat beban, berenang, dan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan.

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan namun hanya dalam waktu yang singkat. Apakah hal tersebut bisa? 

1. Mengurangi asupan kalori ke dalam tubuh

Cara menurunkan berat badan dengan cepat adalah mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Kalori merupakan kandungan atau jumlah energi yang ada di dalam sebuah makanan maupun minuman. Setiap orang membutuhkan kalori yang berbeda-beda. 

Beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi jumlah kalori adalah:

  • Mengurangi karbohidrat
  • Memperbanyak konsumsi protein
  • Jangan konsumsi minuman yang bersoda atau jus buah dalam kemasan
  • Banyak minum air putih

2. Ikuti latihan HIIT

High-intensity interval training atau HIIT merupakan dasar-dasar dari olahraga. Latihan HIIT dapat Anda ikuti dengan mudah, yaitu berjalan selama 3 menit, kemudian berlari sebentar, dan berjalan lagi selama 3 menit. Setelah itu, Anda bisa lari lagi sebentar dan latihan selesai. Latihan ini selain untuk membakar kalori, juga memperlancar metabolisme tubuh.

3. Kurangi konsumsi gula

Meskipun rasanya manis, gula bisa menjadi salah satu penyebab berat badan naik drastis. Untuk itu, salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi konsumsi gula. Anda bisa mengganti konsumsi gula dengan gula diet yang tidak terlalu manis namun masih terasa enak. Selain itu, anda juga harus menghentikan konsumsi makanan olahan yang mengandung banyak gula.

4. Istirahat yang cukup

Istirahat juga menjadi hal yang sangat penting untuk menurunkan bobot tubuh badan. Tidur yang cukup akan membantu tubuh  kembali bugar. Dengan begitu, metabolisme menjadi lancar dan kalori di dalam tubuh bisa lebih cepat terbakar. Namun, tidak dianjurkan tidur setelah makan karena justru dapat menyebabkan berat badan naik dan tidak baik untuk kesehatan.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...