Mengenal Fungsi Mulut Lengkap dengan Bagian-bagiannya

Siti Nur Aeni
28 Desember 2021, 13:53
Mengenal Fungsi Mulut Lengkap dengan Bagian-bagiannya
pixabay.com
Gambar organ mulut pada manusia

Kita mungkin sudah mengenal fungsi mulut untuk mencerna makanan secara mekanis. Namun ternyata, organ tubuh yang satu ini memilki peran yang cukup kompleks dalam sistem pencernaan. Mulut atau rongga mulut adalah lubang dengan bentuk oval di bagian tengkorak.

Bagian-bagian Mulut

Secara umum, organ mulut terbagi menjdi dua bagian yakni vestibulum yang ada di antara pipi dan gigi, serta rongga mulut. Mengutip dari sehatq.com, berikut beberapa bagian dari mulut.

1. Bibir

Bibir adalah struktur bergerak dan berotot yang membentuk pintu masuk ke mulut. Bibit juga menjadi tanda adanya transisi dari kulit ke selaput lendir yang lembap.

2. Ruang depan

Ruang depan atau vestibule adalah ruang antara jaringan lunak (bibir dan pipi) dengan gusi dan gigi. Anda dapat mengetahui bagian ruang depan karena lembap oleh adanya sekresi kelenjer ludah parotis. Kelenjer ini ada di depan tengah dan belakang sudut rahang.

3. Rongga mulut

Bagian lainnya dari mulut yaitu rongga mulut. Organ ini dibatasi oleh struktur seperti lengkungan alveolar (struktur tulang yang memiliki gigi) mengelilingi rongga mulut bagian depan dan samping.

Dalam rongga mulut ini juga ada tiga bagian utama, seperti berikut:

  • Otot diafragma, untuk mendukung struktur ke dasar mulut dan menarik laring ke depan ketika menelan.
  • Otot geniohyoid, bagian ini berguna untuk menarik laring ke depan saat menelan.
  • Lidah, merupakan bagian terhubung ke dasar rongga mulut oleh frenulum linguae.

Sama seperti anatomi mulut lainnya, rongga mulut juga lembap karena ada sekresi kelenjar rudah yang ada di dasar dan bawah lidah. Dalam rongga mulut mulut juga terdapat selaput lendir yang merupakan lapisan di seluruh bagian dalam mulut.

4. Gigi dan gusi

Bagian lain dari organ mulut yaitu gigi dan gusi. Jumlah gigi sangat bergantung dari usianya. Orang dewasa memiliki gigi sebanyak 32 gigi permanen dengan 16 di rahang atas dan 16 di rahang bawah.

Bagian atas gigi terdapat gusi yang merupakan jaringan berserat dan padat yang meleapisi lengkung alveolar. Gusi berguna untuk menahan gigi.

5. Langit mulut

Langit-langit mulut adalah lempeng tulang yang memisahkan bagian anatomi mulut dari rongga hidung. Sehingga udara dan makanan berada di saluran terpisah.

Bagian ini terbagi menjadi dua, yaitu langit keras sebagai atap tulang mulut dan langit lunak yang merupakan lipatan membran menggantung di rongga mulut dan belakang tenggorokan.

Sementara itu, bagian yang menjutai dan akan terlihat apabila kita menjulurkan lidah dikenal dengan nama uvula.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...