Fungsi Usus Besar dalam Sistem Pencernaan yang Perlu Diketahui

Siti Nur Aeni
27 Desember 2021, 08:29
Fungsi Usus Besar dalam Sistem Pencernaan yang Perlu Diketahuiu
pixabay.com
Gambar usus besar dan organ dalam lainnya.

Usus besar merupakan bagian akhir di ujung saluran pencernaan. Fungsi usus besar ini juga sangat penting bagi proses pencernaan manusia. Usus besar berpereran untuk mengeluarkan zat sisa makanan yang sudah dicerna. Usus besar juga membantu penyerapan cairan dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bagian-bagian Usus Besar

Sebelum mengulas tentang fungsi usus besar, tak ada salahnya jika kita juga mengenal bagian-bagian yang ada di usus ini. Mengutip dari halodoc.com, berikut ini penjelasan tentang anatomi dari usus besar.

1. Sekum

Bagian usus besar yang pertama yaitu sekum. Bagian ini berbentuk seperti kantong yang menghubungkan antara usus halus dengan usus besar. Fungsinya yaitu untuk menyerap kembali air dan nutrisi makanan yang berasal dari usus halus.

2. Kolon

Kolon merupakan bagian terpanjang dari usus besar. Kolon memiliki empat bagian yaitu asendan (kanan rongga perut), transversum (melintang dari kanan ke kiri di atas rongga perut), desenden (kiri rongga perut), dan sigmoid (bagian yang terhubung dengan rektum).

Fungsi dari organ ini yaitu untuk mencampur chyme dengan enzim di saluran pencernaan. Campuran tersebut akan membentuk tinja yang akan dikeluarkan tubuh.

3. Rektum

Rektum adalah bagian usus besar yang terhubung dengan kolon sigmoid. Bagian ini berguna untuk menerima dan menyimpan limbah dari kolon.

Penyimpanan akan berlangsung sembari menunggu sinyal untuk mengeluarkan limbah tersebut melalui anus. Proses pengeluaran terjadi ketika otak menerima rangsangan sehingga menghasilkan sinyal untuk mengeluarkan limbah termasuk gas atau tinja.

4. Anus

Bagian terakhir dari usus besar yaitu anus. Ketika rektum sudah penuh dan tinja siap dikeluarkan, maka anus akan mengeluarkan kotoran tersebut. Keinginan mengeluarkan kotoran ditandai dengan rasa mulas dan dorongan untuk buang air besar.

Fungsi Usus Besar dalam Sistem Pencernaan

Usus besar berperan dalam akhir pencernaan. Selain itu, organ ini juga memiliki beberapa fungsi penting lainnya. Mengutip dari sehatq.com, berikut beberapa fungsi usus besar.

1. Menyerap Air

Sudah sempat disinggung sebelumnya bahwa fungsi usus besar adalah untuk menyerap air. Sebagian proses pencernaan makanan dan nutrisi telah selesai di usus kecil.

Organ usus besar ini membantu menyempurnakan proses pencernaan dengan menyerap air yang masih tersisa. Oleh sebab itu, sesuai proses pencernaan di organ ini akan terbentuk sisa makanan yang padat dan siap dikeluarkan tubuh dalam bentuk feses.

2. Membantu Penyerapan Vitamin

Usus besar berfungsi untuk menyerap vitamin sebab terdapat bakteri baik yang hidup di kolon. Diketahui dalam kolon ada sekitar 700 bakteri baik yang membantu memelihara kesehatan tubuh.

Fungsi dari bakteri ini yaitu untuk memecah polisakarida yang belum dicerna menjadi asam lemak yang mudah diserap usus besar. Fermentasi ini akan menghasilkan nitrogen, karbon dioksida, hydrogen sulphide, dan metana yang akan dikeluarkan sebagai flatus.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...