Fungsi Kerongkongan Pada Pencernaan Manusia yang Harus Diketahui

Siti Nur Aeni
28 Desember 2021, 09:24
Fungsi Kerongkongan Pada Pencernaan Manusia yang Harus Diketahui
pixabay.com
Ilustrasi organ kerongkongan pada manusia

Fungsi kerongkongan sangat penting dalam sistem pencernaan. Esofagus atau kerongkongan adalah saluran yang menghubungkan tenggorokan dan lambung.

Esofagus diketahui memiliki panjang sekitar 20 sampai 21 cm, mulai dari trakea (batang tenggorok) dan memanjang sampai bagian atas lambung. Adanya kerongkongan akan mempermudah kita dalam menelan makanan. Maka dari itu, jika organ ini mengalami gangguan kita akan cenderung sulit untuk menelan makanan.

Bagian-bagian Kerongkongan

Meskipun hanya berupa saluran panjang, ternyata kerongkongan memiliki anatomi khusus yang menunjang fungsinya. Mengutip dari hellosehat.com, berikut ini beberapa anatomi penyusun kerongkongan.

1. Epiglotis

Epiglotis merupakan bagian kerongkongan yang letaknya di awal. Bagian ini menjadi penutup jalur pernapasaan saat kita menelan makanan.

2. Dinding Esofagus

Bagian ini terususn atau lapisan otot yang sama dengan lapisan pada lambung dan usus. Adapun lapisan otot tersebut, seperti berikut:

a. Adventitia

Lapisan ini merupakan bagian terluar yang disusun atas jaringan ikat. Adventitia berakhir di bagian ujung kerongkongan dan berbatasan dengan lambung.

b. Dinding Otot

Pada esofagus terdapat dua macam lapsan otot. Yaitu otot yang memanjang di luar dan otot yang melingkar di bagian dalam.

c. Submukosa

Lapisan ini memiliki kelenjar yang menghasilkan lendir. Fungsi lendir ini yaitu sebagai pelumas untuk mempermudah gerakan makanan.

d. Mukosa

Mukosa merupakan lapisan paling dalam yang tersusun atas sel epitel bertingkat.

3. Sfingter

Bagian kerongkongan lainnya yaitu sfingter. Bagian ini merupakan otot bentuk cincin yang bisa membuka dan mutup. Terdapat dua jenis sfingter, yaitu sfingter atas dan bawah.

Sfingter atas berada dengan dengan tenggorokan yang menghubungkan hidung dengan mulut. Sedangkan sfingter bawah terletak pada pertemuan kerongkongan dengan lambung bagian atas.

Fungsi Kerongkongan

Secara umum fungsi kerongkongan adalah untuk membantu proses pencernaan. Namun ternyata fungsi dari organ ini cukup kompleks. Mengutip dari hellosehat.com, berikut beberapa fungsi dari kerongkongan.

1. Menutup Jalur Pernapasan saat Makan dan Minum

Fungsi kerongkongan yang pertama yaitu menutup jalur pernapasan saat makan dan minum. Bagian yang berperan untuk menjalankan tugas ini yaitu epiglotis.

Katup ini berguna mencegah makanan dan cairan masuk ke paru-paru. Dengan demikian, kita tidak akan tersedak saat sedang makanan atau minum.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...