Fungsi Badan Golgi Lengkap dengan Struktur dan Proses Pembentukannya

Siti Nur Aeni
4 Januari 2022, 15:26
Fungsi Badan Golgi Lengkap dengan Struktur dan Proses Pembentukannya
id.wikipedia.org
Badan golgi dan beberapa sel penyusun tumbuhan.

Badan golgi merupakan sebutan untuk kantong khas yang ada di hampir seluruh sel eukariotik. Fungsi badan golgi sangat penting dan beragam.

Nama “badan golgi” diberikan pertama kali oleh seorang sitologiawan Italia yang bernama Camillo Golgi. Ia merupakan orang pertama yang menerangkan organel ini diakhir abad 19.

Struktur Badan Golgi

Mengutip dari repository.usu.ac.id, badan golgi terbentuk oleh susunan lempengan kantong yang khas dikelilingi membran. Lempengan kantong tersebut diberi nama sisterna.

Pada tumbuhan, badan golgi terdiri atas susunan beberapa sisterna. Di ujung kantong terdapat vesikula yang menempel seolah-olah terjentik dari ujung kantong yang ukurannya lebih besar.

Umumnya badan golgi memiliki 4 – 5 sisterna yang jaraknya kurang lebih 10 nm antara satu dengan lainnya. Di tanaman tertentu, badan golgi berjumlah 20 atau lebih dengan lebar antara 500 sampai 1000 nm.

Sisterna yang tumbuh ada di posisi terbawah dengan pinggiran kantong yang menggelembung disebut permukaan cis badan golgi. Sisterna yang sudah melalui pertumbuhan dengan pinggiran kantong menggelembung lebih besar berada diposisi teratas disebut trans.

Untuk lebih jelasnya, berikut gambar struktur badan golgi yang bisa Anda perhatikan.

Struktur Badan Golgi
Struktur Badan Golgi (repository.usu.ac.id)

Pembentukan Badan Golgi

Masih mengutip dari repository.usu.ac.id, pembentukan intraselular badan golgi sudah sejak lama diperbincangkan. Berikut beberapa pendapat tentang asal badan golgi.

  1. Vesikula yang melepas dari membran luar pembungkus atau menyelimuti inti.
  2. Vesikula yang dikirim dari retikulum endoplasma.
  3. Vesikula yang dibentuk oleh tonjolan ke dalam dari membran plasma.
  4. Pembelahan badan golgi yang ada di dalam sel.

Dari beberapa pendapat yang sudah disebutkan sebelumnya, pendapat yang paling diterima yaitu opini tentang badan golgi berasal dari vesikula yang dikirim dari retikulum endoplasma.

Vesikula tersebut diberi nama vesikula transisi yang dikirim dari retikulum endoplasma bermigrasi dan melebur dengan membran sisterna. Dengan demikian, badan golgi bisa terbentuk dan mewujudkan pertumbuhan organel.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...