Mengulas Fungsi Xilem Lengkap dengan Komponen dan Jenisnya

Siti Nur Aeni
4 Januari 2022, 11:44
Mengulas Fungsi Xilem Lengkap dengan Komponen dan Jenisnya
ruangguru.com
Gambar xilem pada tumbuhan

Apakah Anda mengetahui fungsi xilem pada tumbuhan? Perlu diketahui, tumbuhan juga sama dengan manusia. Untuk menunjung hidupnya, tumbuhan memiliki berbagai komponen.

Manusia memiliki berbagai organ seperti jantung, paru-paru, ginjal, dan organ pendukung lain. Sedangkan tumbuhan memiliki komponen tubuh dari berbagai jaringan seperti jaringan pengangkut, meristem, epidermis, dan lain sebagainya.

Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang fungsi xilem beserta hal-hal lain yang berhubungan dengan jaringan ini. Untuk informasi lebih lengkap, berikut penjelasannya.

Komponen Penunjang Fungsi Xilem

Xilem adalah bagian dari jaringan pengangkut yang penting bagian tumbuhan. Untuk menunjang fungsi xilem pada daun dan bagian lainnya, jaringan ini memiliki beberapa komponen. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Trakeid

Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Biologi (2017), trakeid adalah sel panjang dan tipis yang memiliki ujung runcing. Air bergerak dari sel ke sel melalui ceruk, sehingga air tidak perlu menyeberangi dinding sekunder tebal.

Dinding trakeid ini diperkeras oleh lignin yang fungsinya untuk mencegah sel runtuh akibat tegangan saat transport air.

2. Trakea

Komponen lain yang juga menunjang fungsi xilem pada akar maupun organ lain yaitu trakea. Dalam file.upi.edu, diterangkah bahwa trakea atau pembuluh kayu tersusun dari sel panjang yang saling berhubungan pada dinding ujung.

Dinding pada ujung komponen trakea yang berlubang disebut papan perforasi. Papan tersebut memiliki dua jenis, yaitu papan perforasi sederhana yang hanya ada satu lubang dan papan perforasi majemuk yang memiliki banyak lubang.

Pada pembulih kayu ini terdapat noktah yang sederhana dan noktah terlindungi yang jumlah serta susunannya beragam. Macam noktah bergantung pada tipe sel yang ada disebelahnya.

3. Sel Serat

Sel serat adalah sel panjang yang memiliki dinding sekunder terlignifikasi. Tebal dinding ini berbeda-beda, namun umumnya lebih tebal dari dinding trakeid. Ada dua jenis serat yaitu serat trakeid dan serat librifor.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...