11 Makanan yang Mengandung Karbohidrat untuk Manfaat Kesehatan

Siti Nur Aeni
6 Agustus 2021, 12:10
Nasi merah salah satu sumber karbohidrat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.
Bom Taraissara/Pixabay
Nasi merah salah satu sumber karbohidrat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Karbohidrat menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Asupan karbohidrat inilah yang membuat tubuh menjadi tetap sehat dan bugar untuk menjalankan aktivitas.

Ada dampak kurang baik yang akan muncul jika tubuh kekurangan atau bahkan kelebihan karbohidrat. Tidak hanya masalah porsi saja yang perlu untuk diketahui, berbagai fungsi dan sumber karbohidrat juga penting dipahami.

Apa saja hal-hal yang harus kita pelajari tentang nutrisi penting yang satu ini? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Karbohidrat?

Karbohidrat adalah nutrisi atau zat gizi yang dibutuhkan tubuh agar bisa menjalankan sebagaimana fungsinya. Karbohidrat juga diartikan sebagai senyawa kimia yang tersusun atas dua unsur yaitu karbon, hidrogen, dan oksigen. Nutrisi ini banyak tersedia di alam. Untuk bisa mendapatkan manfaatnya, sumber karbohidrat harus diolah dalam bentuk makanan yang baik untuk tubuh.

Karbohidrat secara umum terbagi menjadi dua kelompok yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Perbedaan ini didasari atas susunan kimianya. Karbohidrat sederhana memiliki kandungan gula yang sederhana sehingga mudah untuk dicerna tubuh. Sedangkan karbohidrat kompleks memiliki susunan gula yang rantainya lebih panjang. Sehingga, untuk memecahnya, tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama.

Karbohidrat sederhana contonya buah, susu dan olahannya, makanan manis yang mengandung gula, serta minuman ringan. Sedangkan karbohidrat kompleks seperti biji-bijian, kacang, dan sayuran. Kedua jenis karbohidrat tersebut baik untuk dikonsumsi tubuh, namun harus sesuai dengan takaran yang pas, tidak boleh kurang atau berlebihan.

Fungsi Karbohidrat

Nutrisi karbohidrat yang satu ini memiliki banyak fungsi dan manfaat bagi tubuh. Berikut ini beberapa fungsi karbohidrat yang harus kita ketahui:

1. Sebagai Sumber Energi

Fungsi pertama dari karbohidrat yakni sebagai sumber energi, salah satu fungsi yang penting. Sebab, jika tubuh tidak memiliki cukup energi, aktivitas sehari-sehari bisa terganggu. Ketika tubuh mengkonsumsi karbohidrat, nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akan dicerna sebagai gula atau glukosa. Penyerapan glukosa oleh tubuh dibantu insulin dan mengubahnya menjadi energi yang untuk bernafas, bergerak, dan menjalankan aktivitas keseharian.

2. Menjaga Berat Badan

Fungsi karbohidrat selanjutnya yaitu menjaga berat badan agar tetap ideal. Sejauh ini karbohidrat selalu dianggap sebagai penyebab berat badan bertambah. Padahal, faktanya, karbohidrat ini justru bisa digunakan untuk mengendalikan berat badan.

Serat yang terkandung di dalam karbohidrat ini memberikan efek kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama. Dengan demikian, Anda tidak akan merasakan lapar yang membuat konsumsi makanan terus-menerus. Karbohidrat yang bisa memberikan efek kenyang lama ini hanyalah yang memiliki serat tinggi seperti beras merah, roti, atau gandum.

3. Melindungi Protein

Fungsi lainnya yang sangat penting yaitu untuk melindungi protein. Di dalam tubuh manusia, protein berfungsi sebagai cadangan energi atau sumber energi lain sebagai pengganti dari karbohidrat. Jika jumlah karbo yang dikonsumsi kurang, proteinlah yang akan menggantikan fungsi tersebut.

Sebenarnya, fungsi protein tidak hanya sebagai sumber energi saja, juga untuk pembentukan organ penting lain di dalam tubuh. Untuk itu, jumlah karbohidrat yang cukup akan membantu menjaga protein agar tetap bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

4. Membantu Metabolisme yang Dilakukan lemak dan Protein

Metabolisme menjadi proses yang penting untuk tubuh makhluk hidup. Salah satu nutrisi yang juga berperan dalam proses ini yaitu lemak dan protein. Karbohidrat memiliki fungsi untuk membantu metabolisme yang dilakukan oleh lemak dan protein serta mencegah ketosis dan pemecahan protein yang terlalu banyak.

5. Sumber Kalori

Selain sebagai sumber energi, karbohidrat berfungsi sebagai sumber kalori bagi tubuh. Jumlah kalori yang ada di dalam karbohidrat sebenarnya tidak begitu banyak, namun cukup membantu untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Apabila Anda ingin menambah kalori, sangat disarankan mengkonsumsi karbohidrat yang tinggi serat.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...