10 Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia, Hewan, dan Lingkungan Sekitarnya

Siti Nur Aeni
22 Desember 2021, 10:05
10 Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia, Hewan, dan Lingkungan Sekitarnya
Antara Foto|Syifa Yulinnas
Seorang Jagawana mengamati keberadaan Orangutan Sumatra (Pongo Abelii) di Kawasan Ekosistem Leuser

Manfaat tumbuhan bagi manusia, hewan, dan lingkungan sangat beragam. Keberadaan tumbuhan sebagai makhluk hidup autotrof atau dapat menyediakan makanan sendiri memberikan banyak dampak positif bagi makhluk hidup dan lingkungan sekitar.

Ingin tahu manfaat tumbuhan bagi kehidupan? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia dan Hewan

Sebagai makhluk hidup, manusia dan hewan sangat bergantung pada kehadiran tumbuhan. Mungkin sejauh ini kita hanya mengetahui bahwa tumbuhan merupakan sumber makanan bagi hewan maupun manusia.

Namun ternyata masih banyak peranan atau dampak positif dari tumbuhan untuk hewan dan manusia disekitarnya. Berikut ini uraian manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup khususnya hewan dan manusia.

1. Sebagai Penghasil Oksigen

Manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup yang pertama yaitu sebagai penyedia oksigen secara gratis yang dapat dinikmati oleh manusia, hewan, dan makhluk hidup lain. Oksigen menjadi kebutuhan primer bagi makhluk hidup.

Tanpa adanya unsur kimia ini, maka manusia dan hewan tidak bisa bertahan hidup. Tumbuhan mampu menghasilkan oksigen dari proses fotosintesis. Tumbuhan akan mengubah karbon dioksida dan air menjadi oksigen.

2. Sumber Pangan

Sebagian besar tumbuhan menjadi sumber pangan baik untuk manusia maupun hewan. Tumbuhan mengandung vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan bagi tubuh.

Beberapa jenis tumbuhan yang bisa menjadi sumber makanan bagi manusia diantaranya; buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayur-sayuran. Sementara itu, hampir seluruh bagian tumbuhan bisa menjadi sumber makanan bagi hewan, mulai dari daun, buah, bunga, hingga ranting.

Namun hanya hewan-hewan tertentu yang bisa mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan. Kelompok hewan pemakan tumbuhan tersebut disebut sebagai hewan herbivora.

3. Sebagai Obat

Tumbuhan juga bisa menjadi obat bagi manusia atau hewan. Ada banyak jenis tanaman obat yang memberikan manfaat bagi kesehatan.

Manfaat tumbuhan bagi manusia ini sudah diketahui sejak zaman dahulu. Tanaman seperti jahe, temulawak, cengkeh, dan rempah lainnya sering dimanfaatkan sebagai obat herbal. Tak hanya untuk manusia, beberapa tumbuhan juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan pada hewan.

Seperti yang diterangkan dalam laman resmi milik Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian yang menyebutkan bahwa rempah seperti kencur, lengkuas, kunyit, sambiloto, kayu manis, jahe, dan rempah lainnya bisa dimanfaatkan sebagai jamu untuk ternak.

4. Bahan Sandang

Manfaat tumbuhan bagi manusia lainnya yaitu sebagai bahan sandang, mulai dari pakaian, tas, dan sepatu. Banyak tumbuhan yang menghasilkan serat untuk pembuatan bahan sandang.

Bahan sandang yang berasal dari tumbuhan ini diketahui memiliki beberapa keunggulan seperti tahan lama dan rendah perawatan. Tumbuhan yang biasanya digunakan sebagai bahan sandang antara lain; rami, kapas, linen, bambu, dan lain sebagainya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...