Fungsi Darah Pada Manusia dan Fakta Menarik yang Dimilikinya

Siti Nur Aeni
4 Januari 2022, 17:34
Fungsi Darah Pada Manusia dan Fakta Menarik yang Dimilikinya
pixabay.com
Ilustrasi sel darah merah dalam tubuh manusia

Fungsi darah pada manusia sangat beragam, mulai dari penyedia oksigen untuk sel hingga pengatur suhu tubuh. Darah menjadi komponen penting dalam sistem peredaran darah manusia.

Komponen darah terdiri atas plasma darah, sel darah merah, sel darah putih, dan keping darah. Setiap komponen memiliki peran penting bagi manusia. Lalu, apa saja peran darah bagi tubuh manusia? Mengutip dari sehatq.com, berikut penjelasan lengkapnya.

Fungsi Darah dalam Tubuh Manusia

1. Penyedia Oksigen bagi Sel Tubuh

Salah satu fungsi darah adalah untuk menyedikana oksigen bagi sel tubuh. Darah mengambil oksigen yang ada di paru-paru dan menyebarkan ke semua sel tubuh. Setelah itu, darah juga berperan untuk mengambil karbon dioksida dari sel kemudian membawa ke paru-paru agar bisa dikeluarkan dari tubuh.

2. Membawa Nutrisi dan Hormon

Setelah usus halus selesai mencerna makanan, maka nutrisi akan diserap menuju aliran darah lewat pembuluh kapiler. Beberapa nutrisi yang dialirkan ke darah antara lain; glukosa, asam amino, vitamin, mineral, dan asam lemak.

Kemudian, nutrisi tersebut akan diedarkan ke seluruh tubuh. Tidak hanya itu, fungsi darah bagi tubuh manusia lainnya yaitu membantu melepaskan sistem endokrin. Kemudian hormon tersebut akan menuju sel dan organ tertentu.

3. Mangangkut Zat Sisa Menuju Organ Ekskresi

Fungi darah pada manusia berikutnya yaitu membantu pembuangan zat sisa dengan cara mengantarkan limbah ke organ ekskresi seperti ginjal dan hati. Pada ginjal, zat seperti urea, asam urat, dan keratin akan disaring dari plasma darah.

Kemudian zat tersebut diantarkan ke ureter untuk dikeluarkan dalam bentuk urin. Sedangkan pada hati, kandungan vitamin dalam organ pencernaan dibersihkan oleh hati. Lalu, darah akan membantu membawa vitamin yang sudah dibersihkan.

4. Melawan Patogen Penyebab Penyakit

Darah manusia memiliki komponen bernama sel darah merah atau leukosit yang berguna untuk melawan patogen penyebab penyakit. Meskipun kadarnya tidak banyak, namun leukosit memiliki kemampuan berkembang saat terjadi infeksi atau peradangan. Dengan demikian, tubuh menjadi lebih siap melawan penyakit tersebut.

5. Berperan Sebagai Pengatur Suhu Tubuh

Fungsi darah pada manusia selanjutnya yaitu sebagai pengatur suhu tubuh. Darah diketahui bisa menyerap dan mendistribusikan panas ke selutuh tubuh. Fungsi ini dapat membantu tubuh mempertahankan keseimbangan pelepasan suhu panas dari tubuh.

Pembulih darah juga bisa mengembang ketika bereaksi dengan bakteri, hormon, atau zat lain. Saat hal tersebut terjadi, maka suhu panas dari tubuh akan menghilang. Dengan demikian, suhu tubuh akan menurun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...