Fungsi Paru Paru Lengkap dengan Antomi dan Mekanismenya

Siti Nur Aeni
29 Desember 2021, 11:50
Fungsi Paru Paru Lengkap dengan Antomi dan Mekanismenya
pixabay.com
Ilustrasi paru-paru manusia

Fungsi paru paru yaitu sebagai organ dalam sistem pernapasan. Paru-paru merupakan organ yang bertugas untuk mengatur udara masuk dan memisahkan oksigen dengan karbon dioksida. Sama halnya dengan ginjal, paru-paru juga ada dua yaitu paru-paru kiri dan kanan.

Organ ini memiliki peran penting dalam tubuh manusia. Ingin tahu apa saja fungsi paru-paru? Berikut penjelasan lengkapnya.

Anatomi Paru-paru beserta Fungsinya

Sudah disinggung sebelumnya bahwa paru-paru manusia ada dua, yaitu bagian kanan dan kiri. Ukuran dari paru-paru ini ternyata berbeda. Menurut penjelasan di hellosehat.com, paru-paru kiri pada orang dewasa beratnya sekitar 325 – 550 g. Sedangkan untuk paru-paru kanan beratnya sekitar 375 – 600 g.

Organ pernapasan ini terbagi menjadi beberapa bagian yang disebut dengan lobus.

  1. Paru-paru kiri terdiri atas dua lobus. Jantung berada dalam alur (takik jantung) yang letaknya ada di lobus bawah.
  2. Paru-paru kanan memiliki tiga lobus. Maka dari itu, organ ini memiliki ukuran dan berat yang lebih besar dibandingkan paru-paru kiri.

Paru-paru dipisahkan oleh area yang disebut mediastinum. Area ini berisi jantung, trekea, kerongkongan, dan kelenjar getah bening. Organ paru-paru ditutupi oleh selaput pelindung yang dikenal dengan nama pleura dan dipisahkan dari rongga perut oleh diafragma otot.

Bagian-bagian paru-paru
Bagian-bagian paru-paru (pixabay.com)

Berikut ini penjelasan tentang anatomi paru-paru.

1. Pleura

Pleura adalah membaran tipis berlapis ganda yang melapisi paru-paru. Lapisan ini mengeluarkan cairan bernama cairan serous. Fungsinya untuk melumasi bagian rongga dalam paru agar tidak mengiritasi paru saat mengembang dan berkontraksi ketika bernapas.

Pleura terdiri dari dua lapis, seperti berikut:

  • Pleura dalam (visceral) yaitu lapisan di sebelah paru-paru.
  • Pleura luar (pariental) yaitu bagian yang melapisi dinding dada.

Diantara dua lapiran pleura ini ada bagian yang bernama rongga pleura.

2. Bronkus

Bronkus adalah cabang batang tenggorokan yang letaknya setelah tenggorokan (trakea) sebelum paru-paru. Bronkus merupakan saluran udara untuk memastikan udara masuk dengan baik dari trakea ke alveolus.

Fungsi dari bagian ini yaitu untuk mencegah infeksi. Sebab bronkus dilapisi oleh berbagai jenis sel termasuk sel berambut dan belendir. Sel inilah yang nantinya dapat menjerat bakteri pembawa penyakit agar tidak masuk ke paru-paru.

4. Bronkiolus

Bagian bronkus utama akan membelah atau bercabang menjadi bronkus dengan ukuran lebih kecil yang memiliki kelenjar kecil dan tulang rawan di bagian dindingnya. Bronkus yang lebih kecil ini nantinya membelah menjadi tabung lebih kecil lagi. Tabung inilah yang disebut bronkiolus.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...