Generasi Milenial dan Peranannya dalam Perekonomian Indonesia

Siti Nur Aeni
8 Maret 2022, 15:24
Generasi milenial yang sedang menggunakan smartphone di kehidupan sehari-hari
ANTARA FOTO/Audy Alwi
Generasi milenial yang sedang menggunakan smartphone di kehidupan sehari-hari

Kita mungkin sering mendengar istilah generasi milenial di beberapa kesempatan. Generasi ini dikenal sebagai kelompok yang sudah mengenal teknologi dan bisa menggunakannya dengan baik. Lantas, sebenarnya siapa kah yang disebut generasi milenal? Untuk mendapatkan jawabannya, simak penjelasan berikut ini.

Mengenal Generasi Milenial

Istilah generasi milenial atau sering dikenal sebagai generasi Y diciptakan oleh pakar sejarah dan penulis Amerika, William Strauss dan Neil Howe. Mereka menuskan istilah tersebut dalam beberapa buku ciptaannya.

Advertisement

Berdasarkan penjelasan di kominfo.go.id, generasi milenial merupakan kelompok manusia yang lahir di tahun 1980 – 1990 atau awal tahun 2000 dan seterusnya. Sementara itu, dalam Jurnal Pemikiran Islam 41(2), generasi milenial diketahui memiliki keunikan tersendiri. Kelompok ini identik dengan generasi muda yang menguasai teknologi.

Pasalnya, mereka tumbuh besar saat teknologi sedang berkembang. Mereka bahkan cenderung sulit dipisahkan dari perangkat teknologi. Hal ini dapat dilihat pada keseharian gen Y ini yang cenderung sulit berpisah dengan smartphone miliknya.

Di Indonesia, generasi Z ini ternyata populasinya cukup banyak. Berdasarkan data BPS pada tahun 2020, populasi gen Y sebanyak 25,87% dari total jumlah penduduk Indonesia. Jumlahnya yang cukup banyak, membuat generasi ini menjadi salah satu penentu kesuksesan bonus demografi.

Ciri-ciri Generasi Milenial

Berdasarkan penjelasan dalam “Statistika Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia” diterangkan bahwa saat memasuki dunia kerja, generasi ini memiliki potensi untuk menempati beragai posisi penting sesuai dengan profesinya.

Untuk bisa memaksimalkan potensi tersebut, maka generasi ini harus memiliki ciri tersendiri yang membedakannya dengan generasi lain. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, milenial memiliki karakter unik berdasarkan wilayah dan kondisi sosial ekonominya.

Salah satu ciri generasi Y yaitu sering menggunakan media dan teknologi digital untuk berkomunikasi. Hal ini dikarenakan gen Y dibesarkan oleh kemjuan teknologi. Selain itu, ciri lainnya yaitu kreatif, informatif, memiliki passion, dan produktif.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement