Menerapkan Konsep Hidup Sederhana Agar Lebih Tenang dan Bahagia

Siti Nur Aeni
9 Maret 2022, 18:40
Ilustrasi keluarga yang hidup sederhana
pexels.com
Ilustrasi keluarga yang hidup sederhana

Bagi sebagian orang, hidup sederhana menjadi sumber kebahagiaan tersendiri. Hidup sederhana atau minimalis, mengajarkan kepada kita untuk selalu merasa cukup dengan hal apapun yang dimiliki. Lantas, bagaimanakah cara hidup sederhana? Temukan jawabannya pada penjelasan berikut ini.

Konsep Hidup Sederhana

Dalam “Buku Seri Pendidikan Orang Tua: Menanamkan Hidup Sederhana”, konsep hidup sederhana adalah perilaku yang disesuaikan dengan kondisi sesungguhnya. Perilaku atau gaya hidup minimalis ini lebih mementingkan pemenuhan kebutuhan utama seperti makanan yang bergizi, tempat tinggal, pendidikan, dan kesehatan.

Sementara itu, menurut penjelasan di gramedia.com, konsep hidup secara sederhana ini membuat seseorang menjadi lebih baik dan efektif. Hal ini dikarenakan seseorang dengan hidup minimalis umumnya memiliki pola pikir sederhana dan tidak rumit dalam menentukan sebuah konsep.

Apabila kita menerapkan hidup minimalis sama saja kita memilih untuk mengenal diri dan menetukan hal yang membuat diri sendiri bahagia. Karena dengan hidup sederhaan, kita bisa lebih mengenal diri sendiri, menekuni hobi, lebih mensyukuri hidup, dan dapat meningkatkan kualitas hubungan sosial.  

Manfaat Hidup Sederhana

Menerapkan konsep hidup sederhana ternyata memberikan banyak manfaat. Apa saja manfaatnya? Berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan rasa syukur

Pola hidup minimalis ternyata bisa membuat seseorang lebih bersyukur atas segala hal yang dimilikinya. Kita akan selalu merasa cukup dan tidak lagi memikirkan pencapaian orang lain. Dengan demikian, kita bisa hidup lebih tenang dan damai.

2. Melatih mengatur keuangan dengan baik

Ketika seseorang hidup sederhana, sebenarnya ia sedang melatih dirinya untuk mengatur keuangan dengan baik. Hal ini terbukti dengan sikap selektif dalam membeli barang. Mereka yang menerapkan hidup minimalis, umumnya hanya akan membeli barang-barang yang penting saja. Dengan demikian, mereka akan lebih berhati-hati dalam membelanjakan uang yang dimiliki.

3. Meningkatkan rasa tanggung jawab

Sebagaimana dijelaskan di poin sebelumnya, bahwa seseorang yang hidup dengan sederhana biasanya lebih selektif dalam membeli barang. Mereka hanya akan membeli barang yang penting saja.

Hal tersebut ternyata secara tidak langsung bisa melatih seseorang menjadi lebih bertanggung jawab. Seseorang yang selektif dalam membeli barang, maka akan menghargai barang tersebut. Ia akan menjaga dengan penuh tanggung jawab barang yang dimilikinya.

4. Membuat seseorang lebih mengenal diri sendiri

Manfaat hidup sederhana selanjutnya yaitu dapat membuat seseorang lebih mengenal dirinya sendiri. Hal ini bisa terjadi karena seseorang dengan kehidupan sederhana memiliki distraksi lebih sedikit. Distraksi yang dimaksudnya misalnya aktivitas media sosial, nonton film, hingga melihat produk-produk di e-commerce.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...