6 Kegiatan Produktif yang Perlu Diketahui

Siti Nur Aeni
16 Maret 2022, 12:26
6 Kegiatan Produktif yang Perlu Diketahui
pixabay.com/tortugadatacorp
Olahraga sebagai salah satu contoh kegiatan produktif

Produktif adalah cara mendapatkan hasil yang diinginkan dengan menggunakan sedikit waktu dan usaha. Saat kita mencoba produktif, artinya kita sedang berusaha untuk mencapai tujuan. Seringkali seseorang yang produktif dianggap sebagai orang yang sibuk. Padahal produktif dan sibuk merupakan dua hal yang berbeda.

Seseorang yang produktif merupakan orang yang mempunyai fokus untuk menyelesaikan pekerjaan penting dan tidak terlalu fokus pada kesempurnaan hasil. Sedangkan sibuk merupakan aktivitas yang tidak memiliki fokus, menyukai kesempurnaan, dan adanya keinginan untuk melakukan segala hal dengan baik dan benar.

Dari penjelasan tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa yang menjadi pembeda antara produktif dengan sibuk yaitu pada orientasi hasil. Seseorang yang sibuk biasanya menginginkan hasil sempurna. Sedangkan orang yang produktif cenderung berorientasi pada tercapainya tujuan dalam setiap aktivitasnya.

Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas

Tingkat produktivitas yang dimiliki seseorang ternyata dipengaruhi oleh beberapa faktor. Menurut penjelasan di Journal of Islamic Education Management Vol. 2, No. 2 Tahun 2017, berikut faktor yang mempengaruhi produktivitas seseorang:

1. Usia Produktif

Produktivitas merupakan paramater yang digunakan untuk menilai efektivitas suatu pekerjaan dalam mencapai tujuan. Usia produktif menunjang tingkat produktivitas seseorang. Biasanya seseorang yang berusia sekitar 15 – 50 tahun, memiliki kemampuan beradaptasi lebih cepat dalam memahami pekerjaan.

Sementara itu, seseorang yang memiliki usia non produktif biasanya memiliki kemampuan fisik yang menurun sehingga sulit beradaptasi dengan kondisi sekitar. Kemampuan yang menurun, menyebabkan seseorang di luar usia produktif memiliki tingkat produktivitas yang rendah.

2. Pengalaman

Faktor lain yang juga turut mempengaruhi tingkat produktivitas seseorang yaitu pengalaman. Dengan memiliki pengalaman kerja yang cukup, maka kita bisa menunjukkan tingkat kemampuan seseorang dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Lain halnya dengan seseorang yang belum berpengalaman, maka akan sulit beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan.

3. Jenis Kelamin

Produktivitas juga bisa dipengaruhi dari jenis kelamin. Dalam dunia pekerjaan, biasanya pekerja laku-laki akan lebih produktif dibandingkan pekerja perempuan. Hal tersebut dikarenakan laki-laki mempunyai kekuatan fisik lebih besar dibandingkan perempuan.

Tak hanya itu, wanita yang telah berkeluarga juga bisanya lebih sulit membangi waktu dalam bekerja karena harus mengurus rumah tangga. Kondisi ini juga dapat mempengaruhi tingkat produktivitas.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...