12 Situs Nonton Film Terbaru dan Resmi

Perkembangan teknologi berdampak pada peningkatan situs nonton film. Penonton dapat menikmati beragam tontonan secara resmi.
Image title
7 September 2021, 16:51
Tampilan situs nonton film Netflix pada layar televisi
Marques Kaspbrak/Unsplash
Tampilan situs nonton film Netflix pada layar televisi.

Film dapat menjadi sarana untuk melepas penat dan lelah. Menurut University College London, nonton film dapat meningkatkan kesejahteraan dan manfaat positif pada kondisi mental dan fisik seseorang.

Saat pandemi, aktivitas tersebut  dapat membantu mengatasi rasa bosan. Peningkatan penonton film daring atau online selama wabah Covid-19 berdampak pada pertumbuhan pasar layanan nonton film over-the-top (OTT) di Indonesia.

Permintaan ini terutama karena pertumbuhan berkelanjutan dalam layanan komunikasi online. Menurut Media Partners Asia (MPA), total menit streaming video online mingguan di perangkat seluler tumbuh 60% di seluruh Indonesia antara 20 Januari sampai 11 April 2020.

Layanan OTT global diperkirakan memiliki nilai US$ 50,11 miliar pada tahun lalu. menurut Grand View Research. Sedangkan di Indonesia, layanan OTT bernilai  US$ 360 juta pada 2019 dan diproyeksikan mencapai $ 4.450,61 juta pada 2027 dari data Allied Market Research.

Upaya menjangkau masyarakat Indonesia melalui layanan OTT terus dilakukan. Banyak layanan terus bermunculan demi memenuhi permintaan pasar di Indonesia. Berikut ini daftar situs nonton film terbaru dan resmi untuk Anda.

1. Genflix

Genflix adalah layanan nonton film over-the-top (OTT) karya anak bangsa Indonesia. Pada 2014, Genflix mendapatkan rekor Museum Rekor Indonesia atau MURI. Ada banyak siaran pertandingan langsung dan koleksi film.

Genflix menyediakan film-film berkualitas, termasuk film pendek bagi Anda yang tidak ada waktu untuk nonton film panjang. Selain itu, Genflix juga memproduksi layanan yang dapat dinikmati dengan menggunakan situs web dan aplikasi.

Berlangganan Genflix dapat dilakukan dengan pembayaran meliputi Doku, BCA, Mandiri, Bank Sinarmas, GoPay, dan perusahaan Telekomunikasi seperti Indosat, XL, TRI, dan Smartfren. Biaya langganan Genflix adalah Rp 49 ribu per bulan. Fasilitasnya antara lain:

  • Menonton melalui tiga perangkat bersamaan.
  • Subjudul bahasa Indonesia.
  • Bebas dari iklan.
  • Tersedia opsi unduhan.
  • Pilih film favorit Anda dan simpan ke daftar pantauan Anda.

2. Bioskop Online

Bioskop Online merupakan layanan OTT nonton film yang menghadirkan berbagai konten lokal berkualitas karya anak bangsa. Sistemnya serupa dengan menonton bioskop pada umumnya. Anda hanya perlu beli tiket setelah itu bisa menikmati film secara online. Harga tiketnya pun sangat murah, mulai dari Rp 5 ribu.

Melalui Bioskop Online, penonton dapat memilih film yang ingin ditonton tanpa perlu berlangganan. Anda tidak perlu membayar biaya langganan untuk dapat menikmati konten Bioskop Online, hanya mendaftar untuk melakukan pembelian tiket.

Keanggotaan Bioskop Online tidak dipungut biaya bulanan dan akses menonton didapatkan melalui transaksi per film. Setiap transaksi pembelian dilakukan satu kali dan dapat dibayar melalui GoPay atau OVO.

3. Mubi

Mubi adalah situs nonton film yang cocok untuk para cinephile. Tersedia beragam film terbaru dengan rangkaian genre yang eklektik. Mubi menghadirkan pilihan film terbaik dari sinema internasional.

Film dalam Mubi dipilih dengan cermat meliputi film art-house, dokumenter, dan indie. Penonton juga dapat menyaksikan film klasik Hollywood dan film pendek eksperimental. Semua tontonan ini tersedia untuk dinikmati dalam jangka waktu yang bervariasi.

Jika tidak ingin melewatkan judul tertentu, pastikan untuk menambahkan ke Daftar Tontonan Anda sehingga Mubi dapat memberi notifikasi jika film tersebut akan dihapus. Biaya berlangganan Mubi adalah Rp 95 ribu per bulan. Fasilitas Mubi meliputi:

  • Menonton dengan lima perangkat dan dua layar sekaligus.
  • Mendukung Google Cast dan Apple AirPlay.
  • Unduh film dalam kualitas gambar tinggi atau HD.
  • Dapatkan notifikasi "Film of the Day".

4. Catchplay

Catchplay memiliki koleksi yang diperbarui setiap minggu. Anda dapat nonton film bioskop dan serial terbaru, mulai dari film blockbuster hingga film art house. Tersedia fitur pencarian intuitif serta pengelompokan lebih dari 380 genre film yang membuat proses pencarian film atau serial jadi lebih mudah, lebih seru dan menyenangkan.

Catchplay juga menyediakan berita terbaru, kisah produksi, dan informasi mengenai sutradara, pemeran, serta kru dalam film. Biaya langganan Catchplay mulai dari Rp 45 ribu. Fasilitasnya termasuk:

  • Kualitas HD.
  • Multi-perangkat.
  • Konten premier.
  • Multi-bahasa.
  • Diperbarui tiap minggu.
  • Dua perangkat.

5. Vidio

Vidio adalah layanan video streaming over-the-top berbasis di Indonesia yang didirikan pada 1 Oktober 2014. Sebelumnya dimiliki oleh Kreatif Media Karya, kini dimiliki oleh Surya Citra Media, yang keduanya merupakan anak perusahaan Elang Mahkota Teknologi (Emtek).

Pada 2020, Vidio memiliki 40 juta pengguna aktif. Selama pandemi Covid-19, platform ini mengalami pertumbuhan 225% dan mencatat lebih dari lima juta unduhan di App Store dan Play Store.

Ada beragam film terbaik tersedia di Vidio, mulai dari film Indonesia, film Korea, film India, film Thailand hingga film Barat. Biaya langganan Vidio mulai dari Rp 19 ribu hingga Rp 199 ribu. Pembayaran dapat melalui pulsa, DANA, OVO, transfer bank, Alfamart, Kredivo, GooglePay Apple In-App Purchase, dan kartu kredit.

6. KlikFilm

KlikFilm adalah layanan nonton film sekaligus rumah produksi yang berbasis di Jakarta. PT Falcon meluncurkan layanan streaming film ini pada Oktober 2015. Mulai Agustus 2020, KlikFilm bekerja sama dengan Celestial Movies dan tvN Movies untuk menambah pilihan Box Office Asia yang lebih variatif.

Layanannya dapat diakses kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi KlikFilm, yang bisa didapatkan di Google Play Store untuk perangkat Android dan di App Store untuk perangkat iOS. Pengguna juga dapat mengaksesnya melalui situs klikfilm.com.

Pelanggan KlikFilm akan dapat menikmati video berkualitas HD 1080p penuh tanpa jeda iklan. Film premium yang Anda sewa dapat mulai ditonton satu kali dalam waktu 30 hari sejak pembayaran. Bila sudah mulai menonton, harus segera diselesaikan dalam waktu 48 jam.

Biaya langganan KlikFilm mulai dari Rp 4 ribu untuk sekali tonton atau Rp 10 ribu untuk seminggu. Pembayaran dapat menggunakan OVO, GoPay atau Pulsa.

7. Iflix

Iflix adalah layanan nonton film gratis dan berlangganan dengan kantor pusat di Kuala Lumpur, Malaysia. Situs ini berfungsi sebagai sarana distribusi film dan acara televisi yang diperoleh melalui kemitraan dengan lebih dari 150 studio dan distributor konten di seluruh dunia.

Layanan ini tersedia di empat negara di Asia, termasuk Malaysia, Indonesia, Filipina, dan Vietnam. Ada ribuan acara TV & film termasuk Iflix Originals, siaran langsung olahraga, dan banyak lagi.

Setelah uji coba gratis selama 30 hari dengan Iflix, Anda dapat tetap menggunakan versi gratis untuk mengakses konten gratis selama 6 ribu jam atau berlangganan premium dengan salah satu paket VIP. Penonton dapat menggunakannya hingga lima perangkat sekaligus, meliputi smartphone, laptop, tablet, dan perangkat TV.

8. Netflix

Netflix adalah layanan streaming paling populer di Indonesia saat ini. Di dalamnya terdapat berbagai tontonan serial, dokumenter, dan film, termasuk film Indonesia dari berbagai genre. Daftar paket Netflix terbaru adalah:

  • Paket Ponsel: Rp 54 ribu
  • Paket Dasar: Rp 120 ribu
  • Paket Standar (HD): Rp 153 ribu
  • Paket Premium (Ultra HD/HD): Rp 186 ribu

Paket ponsel cocok untuk Anda yang lebih suka menonton lewat ponsel atau tablet, sedangkan paket dasar ditujukan untuk kalian yang hanya ingin memiliki akses ke konten untuk diri sendiri tanpa opsi tampilan kualitas tinggi. Namun, Anda akan mendapatkan penawaran yang lebih baik dengan paket standar atau premium karena dapat digunakan bersama dengan orang-orang terdekat.

9. Prime Video

Prime Video adalah layanan nonton film dari Amazon yang menampilkan ribuan film dan acara TV. Layanan ini memiliki sekitar 24 ribu film dan lebih dari 2.100 acara untuk dipilih. Anda juga dapat menyewa atau membeli film dan episode televisi tambahan yang tidak termasuk dalam langganan.

Sebanyak tiga film dapat ditonton bersamaan menggunakan akun Amazon yang sama. Anda juga dapat melakukan streaming video dalam dua perangkat sekaligus. Film dalam Prime Video tertentu dapat disewa atau dibeli melalui situs  dan  aplikasi Prime Video.

Pada halaman produk judul, Anda akan melihat opsi pembelian yang tersedia. Prime Video tersedia gratis selama 30 hari dengan pembelian paket internet bulanan di MyTelkomsel. Pelanggan juga bisa membeli paket Amazon Prime Video ini melalui USSD (*363*465#) atau di gerai ritel Telkomsel di seluruh Indonesia.

10. Disney+ Hotstar

Disney+ Hotstar adalah pilihan nonton film yang lengkap. Platform ini menyediakan banyak sekali pilihan film, serial, acara, serta tayangan anak-anak. Penonton dapat menikmati deretan film dan serial Marvel seperti serial Loki terbaru, film Avengers: Endgame, Iron Man, dan masih banyak lagi.

Layanan ini juga memiliki tayangan animasi Disney dan Pixar yang lengkap seperti Frozen, Raya and The Last Dragon, dan Monster Inc. Ada dua paket pembayaran: paket bulanan dan tahunan. Konten dan fitur pada paket pembayaran ini persis sama dan yang beda adalah harganya.

Paket bulanan adalah Rp 39 ribu per bulan, sedangkan paket tahunan adalah Rp 199 ribu per tahun atau setara dengan membayar Rp 16.584 per bulan.

11. Google Play Movies

Google Play adalah layanan nonton film yang berfungsi paling baik di browser Chrome dan perangkat Android. Ada banyak film dalam kualitas Full HD yang tersedia untuk diunduh untuk pemutaran offline di Android.

Layanannya tidak membutuhkan perpanjangan langganan. Saat Anda membeli menyewa film, konten tersebut akan segera tersedia di ponsel Android dan/atau tablet. Demikian juga, jika Anda menyewa film di tablet Android Anda, film itu juga tersedia untuk dilihat di komputer Anda.

Jika membeli, maka film jadi milik Anda. Saat membeli film atau acara TV, Anda memiliki opsi untuk melakukan streaming video atau mengunduhnya untuk ditonton secara offline tanpa koneksi internet. Setiap video yang dibeli dapat diunduh di lima perangkat berbeda sekaligus.

Apbila  menyewa film, Anda memiliki waktu 30 hari untuk mulai menontonnya. Setelah mulai nonton, Anda memiliki 48 jam untuk benar-benar menontonnya. Anda dapat menontonnya sebanyak-banyaknya dalam 48 jam itu.

Biaya sewa dan beli beragam tergantung film dan acara TV. Pembayaran dapat dilakukan menggunakan:

  • Pulsa operator Indosat Smartfren Telkomsel XL/AXIS dan Tri
  • Dompet digital meliputi GoPay, Doku, ShopeePay, atau DANA.
  • Kartu kredit dan debit meliputi MasterCard, Visa, dan Visa Electron.

12. Viu

Terkadang Anda tidak ingin ambil pusing untuk membuat akun baru hanya untuk menonton film atau beberapa drama Korea (drakor). Viu adalah solusi yang terbaik karena Anda tidak perlu mendaftarkan akun untuk nonton film yang tersedia melalui situs web, aplikasi Android atau iOS.

Namun, jika ingin mengakses beberapa konten premium seperti seri Viu Original dari Asia Tenggara, India, Timur Tengah, dan juga Indonesia, Anda harus membuat akun dan membayar langganan bulanan seharga Rp 30 ribu.

Keuntungan dari paket ini adalah penonton dapat menonton film atau drakor favorit  tanpa terganggu oleh iklan. Jika masih ragu, Anda dapat mencoba dulu dengan uji coba 30 hari gratis.

Viu juga ideal untuk penggemar K-drama seperti Reply 1988 dan Descendants of the Sun, serta J-drama seperti Tokyo Love Story. Selain film dan serial, Anda dapat melakukan streaming acara K-variety terbaru dengan teks bahasa Inggris dan Indonesia. Menariknya, acara ini diperbarui dengan cepat sehingga dapat tersedia dalam beberapa hari di Viu setelah ditayangkan di Korea Selatan.

Demikian pembahasan mengenai situs nonton film terbaru dan resmi. Penonton dapat mencoba situs tersebut untuk menikmati film dan acara TV kesukaan.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait