20 Cara Menghilangkan Mata Panda Mudah, Cepat, dan Alami

Salah satu masalah yang bisanya muncul di wajah adalah mata panda. Untuk Anda yang sedang mencari cara menghilangkan mata panda seraca alami, berikut ini kami berikan daftar lengkapnya.
Image title
2 Agustus 2021, 13:08
20 Cara Menghilangkan Mata Panda Mudah Cepat dan Alami, cara menghilangkan mata panda, mata panda, menghilangkan mata panda, penyebab mata panda, cara menghilangkan mata panda secara alami, cara mengatasi mata panda
freepik.com
Ilustrasi perawatan untuk menghilangkan mata panda

Salah satu masalah yang bisanya muncul di wajah adalah mata panda. Kondisi ini menjadi perhatian yang cukup sebab banyak orang yang merasa terganggu dengan adanya mata panda. Sehingga banyak orang menjadi cari cara menghilangkan mata panda.  Istilah mata panda muncul karena adanya warna kehitaman di bawah mata seperti panda. Lingkaran hitam di bawah mata ini sebenarnya tidak berbahaya, namun cukup mengganggu.

Mata panda ini bisa saja muncul di laki-laki atau perempuan. Pada perempuan, biasanya mata panda akan ditutupi dengan make up. Akan tetapi cara tersebut tidak sepenuhnya menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata, untuk menghilangkan mata panda ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Cara menghilangkan mata panda berikut ini tergolong aman dan efektif.

Penyebab Mata Panda

Warna hitam di bawah mata ini tidak muncul tanpa sebab. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab lingkaran hitam di bawah mata. Penyebab tersebut diantaranya:

  1. Dehidrasi
  2. Terlalu sering menatap layar komputer atau handphone (hp)
  3. Efek merokok
  4. Mengonsumsi minuman beralkohol
  5. Kurang tidur atau insomnia
  6. Alergi
  7. Paparan sinar matahari
  8. Faktor genetik
  9. Produksi melanin terlalu banyak
  10. Penuaan
  11. Adanya gangguan tiroid
  12. Infeksi kulit wajah
  13. Penggunaan tetes mata untuk penyakit glaukoma
  14. Mata lelah
  15. Kebiasaan menggosok area bawah mata

Itulah 15 penyebab mata panda yang harus Anda ketahui. Sebelum mengetahui cara untuk menghilangkan mata panda, ada baiknya untuk mengetahui penyebab mata panda agar solusi untuk mengatasi masalah tersebut tidak salah.

Advertisement

Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

Menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata tidaklah sulit, anda bisa menggunakan beberapa cara. Berikut ini pilihan untuk menghilangkan mata panda secara alami dengan cepat dan efektif.

1. Jangan begadang

Salah satu penyebab munculnya lingkaran hitam yaitu kurang tidur, maka dari itu solusi untuk mengatasi masalah ini maka sebaiknya anda mulai mengatur pola tidur agar yang cukup. Kebutuhan tidur setiap berbeda-beda tergantung dari usianya, namun idealnya waktu tidur normal sekitar 7 sampai 8 jam per malam.

Tidur yang cukup tidak hanya mampu menghilangkan mata panda, namun juga akan membuat tubuh Anda lebih segar dan daya tahan tubuh meningkat. Tidur cukup bisa membuat tubuh Anda terhindar dari berbagai penyakit.

2. Mengatur posisi tidur

Posisi tidur yang tepat juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan mata panda. Posisi tidur yang tepat adalah ketika kepala berada lebih tinggi dari tubuh. Sehingga tidak ada cairan mata yang menggenang di bawah mata yang bisa menyebabkan bengkak. Pastikan bantal yang Anda gunakan nyaman, sehingga tidak akan menggangu kualitas tidur anda.

3. Mengompres menggunakan es batu atau air dingin

Cara lainnya untuk menghilangkan mata panda yaitu dengan mengompres area bawah mata menggunakan es batu atau air dingin. Air dingin terbukti bisa menyembuhkan pembengkakan dan mengecilkan pembuluh darah yang membesar pada area bawah mata. Dengan melakukan kompres pada area tersebut maka kantung mata bisa mengecil dan lingkaran hitam yang ada di bagian tersebut juga akan memudar dengan sendirinya.

Untuk mengompres area bawah mata, Anda bisa menggunakan handuk kecil yang bersih kemudian bungkus es batu dalam handuk tersebut dan tempelkan pada area bawah mata. Kompres selama kurang lebih 20 menit. Anda juga bisa langsung membasahi handuk tersebut, kemudian peras dan tempelkan handuk di bawah mata.

4. Kompres dengan kantong teh bekas

Selain menggunakan es batu dan air dingin, Anda juga memanfaatkan kantong teh bekas. Jika meminum teh celup, jangan buru-buru membuang sisa teh dalam kantongnya, sebab ternyata sisa teh tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengompres mata dan menyamarkan noda hitam di bawah mata.

Teh memiliki kandungan kafein dan antioksidan sehingga bisa membantu untuk melancarkan sirkulasi darah, mengecilkan pembuluh darah, dan mengurangi cairan di bawah area mata. Dengan demikian mata panda bisa diminimalisir.

Anda bisa langsung menggunakan kantong teh dengan menempelkan pada area bawah mata sekitar 10 - 15 menit. Jika perlu, Anda juga bisa memasukkan kantong teh tersebut terlebih dahulu ke dalam kulkas, sehingga akan menimbulkan sensasi dingin.

Setelah pengompresan selesai, segera untuk membilas area mata anda dengan air bersih dan keringkan menggunakan handuk. Lakukan perawatan tersebut dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Memanfaatkan timun

Cara menghilangkan mata panda secara alami selanjutnya yakni dengan menggunakan timun. Sayuran yang satu ini memang sangat segar jika dikonsumsi. Kandungan air yang tinggi membuat timun efektif untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata.

Anda bisa langsung memotong timun tipis-tipis kemudian letakkan timun di area bawah mata. Diamkan selama kurang lebih 16 menit. Lakukan secara rutin sampai lingkaran hitam yang ada di bawah mata Anda hilang.

6. Memperbanyak minum air putih

Air putih atau air mineral bisa menjadi salah satu obat dari mata panda yang tak kunjung memudar. Llingkaran hitam di bawah mata bisa disebabkan juga oleh kekurangan cairan di dalam tubuh atau dehidrasi. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus memperbanyak konsumsi air putih.

Selain berperan untuk mengurangi mata panda, air putih juga baik untuk melancarkan pencernaan dan membuat tubuh menjadi lebih segar. Tubuh menusia membutuhkan 2 liter air putih setiap harinya. Mulai saat ini, Anda perlu membiasakana untuk memperbanyak air putih untuk menjaga kondisi tubuh dan merawat kulit dari dalam.

7. Kompres menggunakan sendok makan dingin

Siapa sangka sendok makan yang setiap harinya kita gunakan bisa menjadi salah satu cara menghilangkan mata panda. Anda bisa memasukkan sendok makan yang bersih ke dalam freezer selama 15 sampai 20 menit atau sampai area sendok menjadi dingin. Kemudian tempelkan bagian punggung sendok ke bawah mata. Beri sedikit penekanan dan kompres selama beberapa menit. Lakukan terapi sederhana ini dengan rutin, sampai lingkaran hitam dan kantung mata memudar.

8. Menggunakan lidah buaya

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika lidah buaya memang banyak digunakan dalam produk kecantikan. Gel lidah buaya jika bisa digunakan untuk menyamarkan lingkaran hitam yang ada di bawah mata. Anda bisa langsung mengoleskan lidah buaya murni ke area bawah mata sembari memijat dengan lembut selama beberapa menit. Anda bisa melakukan perawatan ini pada malam hari, kemudian membilaskan esok hari. Selain menggunakan lidah buaya murni, Anda juga bisa menggunakan berbagai produk perawatan kulit (skincare) yang memiliki kandungan lidah buaya.

9. Masker tomat

Cara menghilangkan mata panda secara alami berikutnya yakni dengan menggunakan masker tomat. Kandungan likopen dan beta karoten yang ada di dalam tomat ternyata bisa meminimalisir adanya kerusakan pada jaringan kulit. Anda bisa membuat masker tomat sendiri dengan cara menghaluskan tomat kemudian campur dengan sedikit air lemon. Aduk sampai membentuk pasta dan oleskan pada area bawah mata. Diamkan sampai kurang lebih 20 menit kemudian bilas menggunakan air bersih. Anda bisa menggunakan masker tomat alami ini 2 kali dalam satu minggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

10. Memanfaatkan buah lemon

Anda juga bisa memanfaatkan buah lemon untuk menghilangkan mata panda. Lemon memiliki kandungan vitamin c yang cukup tinggi dan memang bagus untuk kesehatan, baik kesehatan tubuh ataupun kesehatan kulit. Anda bisa menggunakan lemon dicampur dengan tomat. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan air lemon secara langsung di bawah mata.

Anda juga bisa mencelupkan kapas pada air lemon, kemudian menempelkan kapas tersebut di area bawah mata. Biarkan kapas tersebut menempel di bawah mata sampai 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Cara tersebut bisa dilakukan dua kali dalam seminggu. Lakukan secara rutin 3 sampai 4 kali. Namun untuk menggunakan cara ini, Anda harus memastikan kulit Anda bukanlah kulit yang sensitif. Untuk mengetahui apakah kulit anda sensitif atau tidak, Anda bisa mencoba terlebih dahulu pada area kulit lainnya. Jika tidak muncul tanda-tanda seperti iritasi, ruam, atau warna kulit yang berubah, artinya kulit Anda bukanlah kulit yang sensitif, sehingga bisa menggunakan lemon untuk menghilangkan mata panda.

11. Menggunakan kentang

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata yakni dengan menggunakan kentang. Sayuran yang kaya akan karbohidrat ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk merawat kulit agar lebih sehat. Untuk menggunakan kentang, anda bisa mengahluskan kentang terlebih dahulu kemudian oleskan pada area di bawah mata. Biarkan sampai kering kemudian bilas dengan air bersih.

Lakukan cara tersebut dua kali dalam satu minggu untuk bisa menghasilkan kulit cerah tanpa mata panda. Kandungan asam azelaic yang ada di dalam kentang inilah yang berperan besar untuk mengurangi pigmentasi dan memperlambat aktivitas dari tirosinase. Jika keduanya dihambat, maka lingkaran hitam pada bawah mata akan berangsung menghilang.

12. Menggunakan madu

Madu memiliki kandungan polifenol yang juga bisa memperlambat aktivitas tirosinase dan mengurangi pigmentasi pada area bawah mata sama seperti kentang. Anda bisa mencampurkan madu dengan air lemon kemudian mengoleskan pada area di bawah mata. Tunggu sampai mengering atau sekitar 10 hingga 15 menit. Lalu bersihkan menggunakan air bersih. Lakukan cara tersebut beberapa kali dalam satu minggu untuk bisa mempercepat pemudaran lingkaran hitam di bawah mata.

13. Minyak almond

Kita mungkin mengenal kacang almond sebagai salah satu camilan yang gurih dan lezat. Namun dibalik rasanya yang enak, minyak dari kacang ini juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan mata panda dengan alami. Minyak almond memiliki kandungan sclerosant dan emollient yang dapat mencegah adanya pembuluh darah di area bawah kulit. Kandungan tersebut juga dipercaya bisa mencerahkan warna kulit.

Untuk menggunakan minyak almond, Anda bisa langsung meneteskan minyak tersebut di area bawah mata, kemudian melakukan pijatan ringan. Sama seperti lidah buaya, Anda juga bisa melakukan perawatan ini pada malam hari, kemudian dibiarkan semalaman. Pada pagi hari, Anda bisa langsung membilas dengan air hangat. Lakukan perawatan sederhana ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

14. Air mawar

Cara menghilangkan mata panda selanjutnya yakni bisa dengan menggunakan air mawar. Air dari bunga mawar ini biasa digunakan untuk perawatan kecantikan salah satunya yakni untuk memudarkan lingkaran hitam yang ada di bawah mata. Anda bisa mencelupkan kapas ke dalam air mawar kemudian tempelkan kapas tersebut di bawah area mata. Anda bisa menggunakan cara ini sebanyak dua kali dalam satu hari. Astringent alami yang ada di dalam air mawar bisa juga mengangkat kotoran yang ada di kulit. Anda juga bisa menggunakan air mawar seperti saat menggunakan toner.

15. Susu

Minuman kaya akan protein ini bisa juga menjadi salah satu cara menghilangkan mata panda secara alami. Susu ini ternyata memiliki kandungan vitamin A yang bisa membuat kulit lebih elastis dan sehat. Tidak hanya itu, susu juga bermnafaat untuk mengatasi masalah jerawat dan mencerahkan wajah.

Untuk memudarkan lingkaran hitam di bawah mata, Anda bisa mendinginkan terlebih dahulu susu segar. Kemudian celupkan kapas bersih ke dalam susu dan tempelkan pada area di bawah mata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, setelah itu bilas menggunakan air hanya. Anda bisa menggunakan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

16. Green tea

Beberapa waktu terakhir teh hijau atau green tea banyak menarik perhatian orang. Rasanya yang unik dan aroma yang menenangkan membuat siapa saja menyukainya. Green tea ini juga ternyata bisa memudarkan warna hitam yang muncul di bawah mata. Kandungan anti oksidan yang tinggi membuat warna gelap di bawah mata menjadi memudar secara bertahap.

Anda bisa menggunakan teh hijau dengan cara merendam ke dalam air dan letakkan dalam lemari pendingin selama 15 sampai 20 menit. Kemudian, teteskan atau tempelkan green tea di bawah mata selama 20 menit dan cuci mata dengan air bersih.

17. Menggunakan kunyit

Rempah-rempah berawana kuning ini ternyata bisa juga digunakan sebagai cara menghilangkan mata panda secara alami. Kunyit memiliki sifat anti inflamasi, antibakteri, dan antioksidan yang bisa mencerahkan warna gelap yang ada di bawah mata. Anda bisa membuat kunyit sebagai masker, dengan bahan tambahan seperti tepung gram dan susu. Buat pasta kunyit tersebut kemudian oleskan di bawah mata dan tunggu sampai sekitar 20 menit. Lakukan secara rutin agar mata panda Anda bisa segera memudar.

18. Minyak zaitun

Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam minyak ini bisa membantu menghaluskan dan mencerahkan kulit. Minyak zaitun juga memiliki kandungan antioksidan yang bisa mencegah radikal bebas penyebab lingkaran hitam di bawah mata. Anda bisa langsung mengoleskan minyak zaitun di area bawah mata, kemudian pijat secara lembut. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menggunakan cara ini pada malam hari sebelum tidur.

19. Minyak kelapa

Minyak kelapa juga bisa menjadi pilihan cara menghilangkan mata panda secara alami dengan mudah. Minyak ini bisa membuat mata menjadi lebih segar dan lembab. Kondisi ini yang bisa memudarkan warna hitam pada area bawah mata. Anda bisa langsung mengoleskan minyak kelapa di bawah mata setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

20. Masker kopi

Minuman yang kaya kafein ini ternyata bisa menjadi salah satu cara menghilangkan mata panda yang mudah. Anda bisa memanfaatkan kopi menjadi masker dengan cara campurkan bubuk kopi dengan minyak zaitun sampai menjadi pasta. Kemudian oleskan di bawah mata, tunggu sampai 15 – 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Itulah beberapa cara menghilangkan mata panda secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah. Beberapa bahan yang dibutuhkan mudah untuk didapatkan, sehingga Anda bisa melakukan cara-cara tersebut kapan saja.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait