20 Cara Menghilangkan Mata Panda Mudah, Cepat, dan Alami

Siti Nur Aeni
2 Agustus 2021, 13:08
20 Cara Menghilangkan Mata Panda Mudah Cepat dan Alami, cara menghilangkan mata panda, mata panda, menghilangkan mata panda, penyebab mata panda, cara menghilangkan mata panda secara alami, cara mengatasi mata panda
freepik.com
Ilustrasi perawatan untuk menghilangkan mata panda

Salah satu masalah yang bisanya muncul di wajah adalah mata panda. Kondisi ini menjadi perhatian yang cukup sebab banyak orang yang merasa terganggu dengan adanya mata panda. Sehingga banyak orang menjadi cari cara menghilangkan mata panda.  Istilah mata panda muncul karena adanya warna kehitaman di bawah mata seperti panda. Lingkaran hitam di bawah mata ini sebenarnya tidak berbahaya, namun cukup mengganggu.

Mata panda ini bisa saja muncul di laki-laki atau perempuan. Pada perempuan, biasanya mata panda akan ditutupi dengan make up. Akan tetapi cara tersebut tidak sepenuhnya menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata, untuk menghilangkan mata panda ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Cara menghilangkan mata panda berikut ini tergolong aman dan efektif.

Advertisement

Penyebab Mata Panda

Warna hitam di bawah mata ini tidak muncul tanpa sebab. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab lingkaran hitam di bawah mata. Penyebab tersebut diantaranya:

  1. Dehidrasi
  2. Terlalu sering menatap layar komputer atau handphone (hp)
  3. Efek merokok
  4. Mengonsumsi minuman beralkohol
  5. Kurang tidur atau insomnia
  6. Alergi
  7. Paparan sinar matahari
  8. Faktor genetik
  9. Produksi melanin terlalu banyak
  10. Penuaan
  11. Adanya gangguan tiroid
  12. Infeksi kulit wajah
  13. Penggunaan tetes mata untuk penyakit glaukoma
  14. Mata lelah
  15. Kebiasaan menggosok area bawah mata

Itulah 15 penyebab mata panda yang harus Anda ketahui. Sebelum mengetahui cara untuk menghilangkan mata panda, ada baiknya untuk mengetahui penyebab mata panda agar solusi untuk mengatasi masalah tersebut tidak salah.

Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

Menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata tidaklah sulit, anda bisa menggunakan beberapa cara. Berikut ini pilihan untuk menghilangkan mata panda secara alami dengan cepat dan efektif.

1. Jangan begadang

Salah satu penyebab munculnya lingkaran hitam yaitu kurang tidur, maka dari itu solusi untuk mengatasi masalah ini maka sebaiknya anda mulai mengatur pola tidur agar yang cukup. Kebutuhan tidur setiap berbeda-beda tergantung dari usianya, namun idealnya waktu tidur normal sekitar 7 sampai 8 jam per malam.

Tidur yang cukup tidak hanya mampu menghilangkan mata panda, namun juga akan membuat tubuh Anda lebih segar dan daya tahan tubuh meningkat. Tidur cukup bisa membuat tubuh Anda terhindar dari berbagai penyakit.

2. Mengatur posisi tidur

Posisi tidur yang tepat juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan mata panda. Posisi tidur yang tepat adalah ketika kepala berada lebih tinggi dari tubuh. Sehingga tidak ada cairan mata yang menggenang di bawah mata yang bisa menyebabkan bengkak. Pastikan bantal yang Anda gunakan nyaman, sehingga tidak akan menggangu kualitas tidur anda.

3. Mengompres menggunakan es batu atau air dingin

Cara lainnya untuk menghilangkan mata panda yaitu dengan mengompres area bawah mata menggunakan es batu atau air dingin. Air dingin terbukti bisa menyembuhkan pembengkakan dan mengecilkan pembuluh darah yang membesar pada area bawah mata. Dengan melakukan kompres pada area tersebut maka kantung mata bisa mengecil dan lingkaran hitam yang ada di bagian tersebut juga akan memudar dengan sendirinya.

Untuk mengompres area bawah mata, Anda bisa menggunakan handuk kecil yang bersih kemudian bungkus es batu dalam handuk tersebut dan tempelkan pada area bawah mata. Kompres selama kurang lebih 20 menit. Anda juga bisa langsung membasahi handuk tersebut, kemudian peras dan tempelkan handuk di bawah mata.

4. Kompres dengan kantong teh bekas

Selain menggunakan es batu dan air dingin, Anda juga memanfaatkan kantong teh bekas. Jika meminum teh celup, jangan buru-buru membuang sisa teh dalam kantongnya, sebab ternyata sisa teh tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengompres mata dan menyamarkan noda hitam di bawah mata.

Teh memiliki kandungan kafein dan antioksidan sehingga bisa membantu untuk melancarkan sirkulasi darah, mengecilkan pembuluh darah, dan mengurangi cairan di bawah area mata. Dengan demikian mata panda bisa diminimalisir.

Anda bisa langsung menggunakan kantong teh dengan menempelkan pada area bawah mata sekitar 10 - 15 menit. Jika perlu, Anda juga bisa memasukkan kantong teh tersebut terlebih dahulu ke dalam kulkas, sehingga akan menimbulkan sensasi dingin.

Setelah pengompresan selesai, segera untuk membilas area mata anda dengan air bersih dan keringkan menggunakan handuk. Lakukan perawatan tersebut dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Memanfaatkan timun

Cara menghilangkan mata panda secara alami selanjutnya yakni dengan menggunakan timun. Sayuran yang satu ini memang sangat segar jika dikonsumsi. Kandungan air yang tinggi membuat timun efektif untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata.

Anda bisa langsung memotong timun tipis-tipis kemudian letakkan timun di area bawah mata. Diamkan selama kurang lebih 16 menit. Lakukan secara rutin sampai lingkaran hitam yang ada di bawah mata Anda hilang.

6. Memperbanyak minum air putih

Air putih atau air mineral bisa menjadi salah satu obat dari mata panda yang tak kunjung memudar. Llingkaran hitam di bawah mata bisa disebabkan juga oleh kekurangan cairan di dalam tubuh atau dehidrasi. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus memperbanyak konsumsi air putih.

Selain berperan untuk mengurangi mata panda, air putih juga baik untuk melancarkan pencernaan dan membuat tubuh menjadi lebih segar. Tubuh menusia membutuhkan 2 liter air putih setiap harinya. Mulai saat ini, Anda perlu membiasakana untuk memperbanyak air putih untuk menjaga kondisi tubuh dan merawat kulit dari dalam.

7. Kompres menggunakan sendok makan dingin

Siapa sangka sendok makan yang setiap harinya kita gunakan bisa menjadi salah satu cara menghilangkan mata panda. Anda bisa memasukkan sendok makan yang bersih ke dalam freezer selama 15 sampai 20 menit atau sampai area sendok menjadi dingin. Kemudian tempelkan bagian punggung sendok ke bawah mata. Beri sedikit penekanan dan kompres selama beberapa menit. Lakukan terapi sederhana ini dengan rutin, sampai lingkaran hitam dan kantung mata memudar.

8. Menggunakan lidah buaya

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika lidah buaya memang banyak digunakan dalam produk kecantikan. Gel lidah buaya jika bisa digunakan untuk menyamarkan lingkaran hitam yang ada di bawah mata. Anda bisa langsung mengoleskan lidah buaya murni ke area bawah mata sembari memijat dengan lembut selama beberapa menit. Anda bisa melakukan perawatan ini pada malam hari, kemudian membilaskan esok hari. Selain menggunakan lidah buaya murni, Anda juga bisa menggunakan berbagai produk perawatan kulit (skincare) yang memiliki kandungan lidah buaya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement