Kapan Waktu Istirahat yang Paling Baik? Ini Dia Penjelasannya

Siti Nur Aeni
11 Maret 2022, 19:15
Ilustrasi istirahat yang paling baik
pexels.com/Ketut Subiyanto
Ilustrasi istirahat yang paling baik

Istirahat menjadi bagian dari rutinitas yang sangat dibutuhkan tubuh. Menurut penjelasan di http://p2ptm.kemkes.go.id, istirahat yang paling baik yaitu tidur. Hal ini dikarenakan saat kita terlelap, otak akan membersihkan segala racun yang kita hasilkan. Selain itu, tidur juga bisa membantu mengembalikan energi, sehingga tubuh menjadi lebih siap dalam menjalankan aktivitas selanjutnya.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk istirahat? Dan bagaimana caranya untuk mendapatkan istrirahat yang berkualitas? Ini dia penjelasan lengkapnya.

Waktu Istirahat yang Paling Baik

Malam hari menjadi waktu yang cukup panjang bagi tubuh untuk beristirahat. National Sleep Foundation merekomendasikan jam tidur terbaik untuk orang dewasa yaitu pukul 20.00 hingga 00.00. Di rentang waktu tersebut, tubuh akan melepaskan hormon melatonin. Hormon ini yang bisa membuat kita merasa ngantuk.

Secara ideal, kita disarankan tidur lebih awal saat malam hari dan bangun cepat di pagi hari. Setidaknya kita dapat tidur tujuh jam dalam sehari. Jadi, jika Anda tidur jam 11 malam, maka Anda harus bangun jam enam pagi. Dengan demikian, Anda dapat memperoleh istirahat yang paling baik.

Selain mengatur waktu istirahat, Anda juga harus mempertimbangkan durasi istirahat yang paling baik. National Sleep Foundation memberikan rekomendasi durasi tidur sesuai dengan usia, seperti berikut ini:

  1. Bayi usia 0-3 bulan: 14-17 jam setiap hari
  2. Bayi usia 4-11 bulan: 12-15 jam setiap hari.
  3. Balita usia 1-2 tahun: 11-14 jam setiap hari.
  4. Prasekolah usia 3-5 tahun: 10-13 jam setiap hari.
  5. Anak sekolah usia 6-13 tahun: 9-11 jam setiap hari.
  6. Dewasa muda usia 18-25 tahun: 7-9 jam setiap hari.
  7. Dewasa usia26-64 tahun: 7-9 jam setiap hari.
  8. Orang tua usia 65 tahun ke atas: 7-8 jam setiap hari.

Manfaat Istirahat yang Cukup

Sebagai salah satu kebutuhan primer, istirahat yang cukup ternyata memberikan segudang manfaat untuk kesehatan. Mengutip dari alodokter.com, berikut ini beberapa manfaat istirahat cukup untuk menunjang kesehatan tubuh:

1. Menjaga konsentrasi dan produktivitas

Istirahat yang cukup membuat tubuh menjadi lebih berenergi di esokan hati. Tubuh yang segar membuat kita menjadi lebih berkonsentrasi dan produktif.

Manfaat ini didukung oleh berbagai riset yang menyebutkan bahwa orang yang kurang tidur, cenderung lebih sulit beraktivitas mandiri dan membutuhkan waktu lebih lama dalam menyelesaikan tugas. Berbeda dengan seseorang yang memiliki waktu istirahat cukup, maka mereka cenderung lebih fokus, konsentrasi, dan produktif.

2. Meningkatkan mood

Manfaat istirahat yang paling baik selanjutnya yaitu bisa meningkatkan mood. Istirahat akan membuat pikiran lebih segar dan suasana hati menjadi lebih baik. Ketika kita tertidur, maka otak akan memproses emosi dan pikiran agar bisa bereaksi lebih baik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...