7 Tips Mengelola THR Agar Tidak Boros

Siti Nur Aeni
19 April 2022, 16:55
Tips Mengelola THR Agar Tidak Boros
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/wsj.
Pekerja menunjukkan uang Tunjangan Hari Raya (THR) yang diterimanya di pabrik rokok PT Djarum, Kudus, Jawa Tengah, Selasa (19/4/2022). Sebanyak 52.025 pekerja harian dan borongan yang tersebar di tujuh kota di perusahaan itu telah menerima uang THR guna membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan keluarga selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

Tunjangan Hari Raya (THR) merupakan hal yang ditunggu-tunggu para pekerja. THR merupakan tunjangan yang diberikan satu tahun sekali menjelang hari raya. THR diberikan kepada pekerja minimal satu bulan setelah bekerja. Tunjangan ini diberikan kepada pegawai tetap atau kontrak dengan nominal sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Berdasarkan surat edaran dari Menteri Ketenagakerjaan disebutkan bahwa, besaran THR yang diterima pekerja atau buruh dengan masa kerja 12 bulan atau lebih yaitu sebesar satu bulan gaji. Sedangkan pekerja atau buruh yang masa kerjanya kurang dari satu bulan, THR yang diberikan sesuai perhitungan masa kerja dibagi 12 kemudian dikalikan gaji satu bulan.

Cara Mengelola Uang THR

Hingga saat ini, masih banyak orang salah presepsi. Banyak orang beranggapan saat menerima THR sama artinya dengan mendapatkan gaji dengan nominal lebih besar dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Padahal gaji dengan THR merupakan dua pemasukan yang berbeda. Gaji atau upah kerja digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sedangkan uang THR umumnya digunakan untuk memenuhi keperluan sebelum Lebaran.

Perbedaan lain antara gaji dan THR selain dari segi kegunaannya, juga bisa dilihat dari cara pengelolaannya. Gaji bulanan biasanya digunakan dengan perencanaan yang baik. Sementara itu, masih banyak orang yang belum melakukan pengelolaan terhadap uang THR yang didapatkannya. Hal tersebut menyebabkan uang THR menjadi lebih cepat habis.

Oleh sebab itu, agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari, berikut sederet tips mengelola THR yang bisa Anda terapkan.

1. Membuat Catatan Keuangan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan dalam mengatur uang THR yaitu dengan membuat catatan keuangan sesuai dengan tujuan yang Anda miliki. Pastikan untuk memisahkan uang THR dengan gaji bulanan. Kemudian, tentukan tujuan penggunaan dana tersebut.

Sebaiknya, sisihkan uang THR untuk dana darurat atau investasi. Hal ini bertujuan agar Anda bisa merasakan manfaat dari dana tersebut dikemudian hari.

2. Utamakan Kebutuhan

Saat Lebaran biasanya kita akan menghadapi beberapa tradisi. Misalnya, membeli pakaian baru, memberikan hampers kepada saudara atau teman, dan tradisi lainnya. Kebiasaan tersebut mungkin baik, namun kita juga harus bisa memahami kemampuan yang dimiliki.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement