Kapan THR 2022 Cair dan Berapa Besarannya Bagi Karyawan Swasta?

Tia Dwitiani Komalasari
14 April 2022, 14:28
Pekerja menghitung uang Tunjangan Hari Raya (THR) yang diterimanya di pabrik rokok PT Djarum, Kudus, Jawa Tengah, Kamis (29/4/2021).
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/foc.
Pekerja menghitung uang Tunjangan Hari Raya (THR) yang diterimanya di pabrik rokok PT Djarum, Kudus, Jawa Tengah, Kamis (29/4/2021).

Kementerian Tenaga Kerja mengimbau perusahaan untuk memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) keagamaaan paling lambat tujuh hari sebelum Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Pembayaran THR pun harus diberikan sekaligus atau tidak dicicil.

Berdasarkan kalender yang ditetapkan pemerintah sebelumnya,Hari Idul Fitri jatuh pada 2 April 2022. Itu berarti, THR maksimal sudah harus dibayarkan pada 25 April 2022.

Advertisement

Imbauan itu tecantum dalam Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan Nomor M/1/HK.04/IV/2022 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2022 bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan yang ditujukan kepada para gubernur di seluruh Indonesia.

Menaker meminta para gubernur untuk mendorong perusahaan di wilayahnya agar membayar THR keagamaan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. “Bagi perusahaan yang mampu, diimbau untuk membayar THR keagamaan lebih awal sebelum jatuh tempo kewajiban pembayaran THR keagamaan,”kata Ida seperti tertulis dalam surat edaran.

Siapa yang Mendapatkan THR?

Berdasarkan SE Menaker, berikut daftar pekerja yang berhak mendapatkan THR:

  1. Pekerja/buruh yang telah mempunyai masa kerja satu bulan secara terus menerus atau lebih.
  2. pekerja/buruh yang mempunyai hubungan kerja dengan pengusaha berdasarkan perjanjian kerja waktu tidak tertentu atau perjanjian kerja waktu tertentu.

Besaran THR 2022

Nominal tunjangan hari raya tergantung pada masa kerja dan perjanjian kerja. Berikut ketentuannya berdasarkan SE Menaker:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement