10 Oleh-oleh Khas Padang Selain Makanan yang Terkenal

Siti Nur Aeni
28 April 2022, 15:53
Songket salah satu oleh-oleh khas Padang selain makanan.
instagram.com/songketpadangg/
Songket salah satu oleh-oleh khas Padang selain makanan.

Kita pasti sudah tidak asing dengan makanan khas Padang. Salah satu makanan khas dari Padang yang banyak digemari yaitu rendang. Bahkan makanan ini sering menjadi oleh-oleh dari padang. Namun selain makanan, masih ada beberapa produk khas Padang yang sering menjadi buah tangan. Apa saja oleh-oleh khas pada selain makanan? Berikut rekomendasinya khusus untuk Anda.

Rekomendasi Oleh Oleh Khas Padang Selain Makanan

Tak hanya makanan, Padang juga memiliki beberapa produk kerajinan dan home industri yang cocok menjadi oleh-oleh. Produk tersebut mulai dari pakaian, souvernir, hingga pernak pernik. Adapun oleh-oleh khas Padang selain makanan, sebagai berikut:

Advertisement

1. Pakaian Tradisional Padang

Pakaian tradisional Padang memiliki daya tarik sendiri. Oleh-oleh khas Padang pakaian tradisional ini memiliki corak dan ukuran yang beragam. Pakaian tersebut diperuntukan untuk laki-laki atau perempuan. Pakaian tradisional Padang ini tersediri atas suntiang, sendal, hingga selendang.

2. Pakaian Muslim

Selain pakaian tradisional, oleh-oleh khas Padang lainnya yaitu pakaian muslim. Padang menjdi pusat pembelajaran Islam terutama di Bukittinggi dan Batu sangka. Wajar jika di sana ada banyak kawasan yang menjual pakaian muslim.

Anda bisa membeli pakaian muslim khas Padang di Pasar Aua Kuniang Bukittinggi. Di sana banyak pakaian muslim yang bagus dan dijual dengan harga sangat terjangkau.

3. Mukenah Kerancang

Tak hanya pakaian muslim, saat berkunjung ke Padang Anda juga bisa membeli Mukenah Kerancang sebagai oleh oleh khas Padang. Mukenah ini memiliki desain dan model yang berbeda dengan mukenah pada umumnya.

Ciri yang paling mencolok dari Mukenah Kerancang yaitu terdapat lubang kecil yang merupakan hasil sulaman kain. Motif dari mukenah ini juga sangat cantik dan beragam, mulai dari motif tumbuhan, hingga, hingga kaligrafi. Mukenah khas Padang ini banderol dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp400 ribu hingga Rp2 juta. Harga tersebut sesuai dengan kualitas yang ditawarkannya.

4. Kain Sulam Karancang

Kain Sulam Karancang merupakan kain khas Padang yang memilki motif cantik. Kain ini memiliki ciri tersendiri yaitu pada bagian ujungnya dibuat berlubang. Bahan yang benang yang digunakan untuk membuat kain ini sangat berkualitas, sehingga hasil akhir dari kain ini juga sangat bagus.

Tak hanya itu, kualitas Kain Sulam Karancang juga dipengaruhi oleh teknik pembuatannya. Kain tradisional ini dibuat dengan cara penenunan khas yang dijalin manusal. Kain ini biasanya digunakan untuk membuat kerudung, sarung, dan mukenah. Jika ingin membelinya, Anda bisa datang ke pusat kesenian kerancang yang ada di sekitar Kota Padang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement